Macam Jenis Burung Tledekan atau Sulingan Beserta Harganya

Ada banyak jenis burung tledekan atau sulingan yang tersebar di seluruh Indonesia. Seperti yang kita ketahui,sulingan merupakan burung yang menjadi incaran para penghobi burung sebab kicauannya yang gacor dan nyaring. Bukan hanya itu, kebanyakan burung jenis ini juga memiliki warna tubuh yang unik dan menarik.



Sebenarnya, tledekan, sikatan dan sulingan merupakan satu jenis burung yang sama. Hanya saja penyebutannya berbeda di setiap daerah.

Jenis burung tledekan yang dijual saat ini pun sangat beragam. Mulai dari tledekan laut, sulingan pring banyuwangi, tledekan bakau, dan masih banyak lagi. Nah agar lebih jelas, kita bahas lebih dalam mengenai bermacam jenis burung tledekan atau sulingan beserta ciri, makanan, dan harganya.

Tledekan Gunung

Anda semua pasti sudah tidak asing dengan burung tledekan gunung atau sikatan cacing. Salah satu jenis sulingan termahal ini menjadi incaran para kolektor dan penghobi burung di Indonesia.

Ciri khas dari tledekan gunung adalah tubuhnya yang berwarna biru dan kuning gelap. Hanya melihatnya sekilas saja, pasti anda langsung mengenali burung sikatan yang satu ini.

Sulingan gunung banyak ditemui di hutan Pulau Kalimantan dan Pulau Jawa. Kicauannya yang mendayu – dayu dan nyaring, menjadi alasan utama mengapa burung ini sangat diincar oleh banyak orang. Sehingga jenis sikatan ini cocok untuk dijadikan burung masteran dan dilombakan.

Harga tledekan gunung pun terbilang paling mahal dari jenis tledekan lainnya. Anda perlu mengeluarkan Rp.500.000 untuk mendapatkan satu ekor tledekan gunung dewasa bakalan, dan sampai jutaan jika sudah gacor.

Tledekan Laut

Jenis burung tledekan yang berikutnya adalah tledekan laut atau sulingan laut. Beberapa dari anda, mungkin sudah tidak asing lagi dengan burung yang satu ini.

Tledekan laut memiliki tubuh berwarna biru gelap dari kepala hingga sayap dan ekornya. Sedangkan bagian tengah tubuhnya berwarna hitam kebiruan dan perut berwarna putih bersih.

Sesuai dengan namanya, sulingan laut dapat ditemui di pesisir pantai dan laut Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Karimun Jawa. Kicauannya yang gacor dan menjadi daya tarik utama dari burung sulingan laut.

Selain itu, harga tledekan laut juga tidak terlalu mahal. Harga per ekornya sekitar Rp.50.000 hingga Rp.150.000 untuk sulingan laut bakalan.

Tledekan Pring Banyuwangi

Jenis burung tledekan yang pertama adalah tledekan pring banyuwangi. Sesuai dengan namanya, burung ini banyak ditemui di daerah Banyuwangi, Jawa Timur.

Tledekan pring banyuwangi memiliki ciri khas dari warna tubuhnya yang cerah dan contrast. Bagian atas tubuhnya berwarna biru sedangkan bagian perutnya berwarna kunging keputihan. Selain itu, ukuran tubuhnya kecil juga terbilang kecil, hanya sekitar 15 cm ketika dewasa.

sulingan pring banyuwangi memiliki jenis kicauan ngeroll dan nembak. Selain itu, bentuk paruhnya kecil dan sedikit panjang. Artinya, makanan burung ini berupa biji – bijian dan serangga kecil. Harga tledekan pring banyuwangi berkisar di antara Rp.250.000 hingga Rp.500.000,-.

Sulingan Kembang

Berikutnya ada tledekan kembang atau sulingan kembang yang juga menjadi incaran banyak orang. Bisa dibilang, jenis sulingan yang satu ini paling berbeda dengan sulingan lainnya.

Mulai dari warna, sulingan kembang memiliki warna abu – abu gelap di bagian sayap hingga kepalanya. Sedangkan perut dan tubuh bagian bawahnya berwarna orange gelap dan putih. Selain dari bagian sayap hingga ekornya terdapat guratan – guratan putih.

sulingan kembang banyak ditemui di area pegunungan dan pesawahan. Di alam liar, burung sulingan ini memakan tanaman biji – bijian. Harga sulingan kembang saat ini berkisar di angka Rp.250.000 per ekornya.

Tledekan Bakau

Terakhir ada burung tledekan bakau atau sulingan bakau. Jenis sikatan yang satu ini juga memiliki beberapa kesamaan dengan burung sikatan gunung.

Sesuai dengan namanya, sikatan bakau banyak ditemukan di area hutan bakau pesisir pantai. Ia memiliki tubuh berwarna biru di bagian kepala hingga sayap dan kuning kecoklatan dibagian perut hingga kaki.

Berbeda dengan sikatan gunung, sikatan bakau lebih sulit dimaster kicauannya dan cenderung sering ngeriwik. Dibutuhkan kesabaran yang tinggi untuk melatih burung ini. Namun jika sudah mapan, kicauannya bisa melebihi burung sulingan lainnya yang sudah master sekalipun.

Harga sulingan bakau juga lebih murah dibandingkan sikatan gunung. Hanya sekitar Rp.50.000 hingga Rp.150.000 per ekornya.

Nah, demikianlah beberapa jenis burung tledekan atau sulingan yang perlu anda ketahui. Tiap jenis sulingan, tentunya memiliki ciri khas dan keunikannya masing – masing. Semoga bermanfaat ya.


0 Response to "Macam Jenis Burung Tledekan atau Sulingan Beserta Harganya"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jual Ring Burung Bebas Custom Nama,Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini