Keistimewaan Cucak Ijo Sumatra Yang Jarang Diketahui

Cucak ijo merupakan salah satu burung andalan para kicau mania, baik untuk dijadikan sebagai burung lomba maupun sebagai burung kicauan dirumah. Ada beberapa jenis cucak ijo di Indonesia, salah satu jenis cucak ijo yang paling terkenal dan banyak dipelihara adalah cucak ijo sumatra.

Cucak ijo sumatra lebih bagus dari jenis cucak ijo lain
Cucak Ijo Sumatra

Cucak ijo sumatra merupakan jenis cucak ijo yang berasal dari pulau sumatra, namun kebanyakan cucak ijo jenis ini banyak ditemui di sekitar hutan Lampung  dan Bengkulu. Banyak orang yang bilang kalau cucak ijo sumatra adalah jenis paling bagus untuk dijadikan sebagai gacoan lomba.

Yaps memang benar, CI Sumatra memang mempunyai karakter yang lebih unggul daripada jenis lain untuk dijadikan cucak ijo lomba. Namun apa saja sih kelebihan cucak ijo sumatra ketimbang jenis cucak ijo lain? Berikut penjelasannya versi pamankicau.

Kelebihan Cucak Ijo Sumatra

Berikut ini adalah kelebihan cucak ijo sumatra yang harus anda ketahui, ini merupakan hasil diskusi kami kalangan pecinta cucak ijo khususnya semarang dan sekitarnya.

1. Tipe Suara Roll Tembak

Menurut om Ddy haryant Surabaya, cucak ijo sumatra mempunyai intonasi kicau yang berbeda dengan jenis lain, tipe suara cucak ijo sumatra adalah roll tembak, dengan tipenya yang ngerol dan nembak sehingga cucak Ijo sumatra sangat bagus untuk dijadikan burung lomba.

2. Suara Nyaring & Melengking

Cucak ijo sumatra mempunyai ciri khas suara kicauan yang melengking ditelinga, sehingga saat nembak di arena lomba akan terdengar jelas oleh juri.

3. Mental Yang Bagus

Cucak ijo merupakan burung tipe semi fighter, sehingga kadang keluar jiwa tarungnya kadang juga cuma diam saat melihat musuh . Sebagian besar Cucak ijo sumatra mempunyai mental bawaan alam yang bagus, jadi kita hanya perlu mempolesnya sedikit agar mental CI benar-benar siap tarung beradu kicauan.

Ciri Fisik Cucak Ijo Sumatra 


  • Warna bulu pada bagian pipi hingga bawah paruh berwarna biru mengkilat.
  • Panjang dan besar tubuhnya (body) proporsional.
  • Bentuk ekor yang lurus dan terlihat agak pendek.
  • Saat berkicau, bulu kepalanya akan jambul (ngentrok) walaupun dalam keadaan tidak emosi.
  • Bentuk tubuhnya lebih kecil bila di bandingkan dengan jenis cucak ijo lain.
  • Warna bulu di tubuhnya di dominasi warna ijo muda dan mengkilap.
  • Terdapat corak biru yang jelas di bagian pangkal sayapnya, dan dapat dilihat dengan jelas saat cucak ijo sedang berkicau atau bertarung.


Cara Merawat Cucak Ijo Sumatra

Perawatan harian cucak ijo sumatra tetap sama dengan cucak ijo jenis lain. Seperti di embunkan setiap pagi agar kondisi birahi stabil dan kualitas pernafasan burung tetap terjaga. Selain diembunkan, CI juga perlu dimandikan, diumbar, dimasteri, dan dijemur sesuai prosedur rawatan harian cucak ijo. Jika saat cucak ijo mau dilombakan, lakukan juga perawatan cucak ijo khusus lomba agar gacoan CI anda tampil maksimal di arena lomba.

Penutup

Demikianlah pembahasan saya pada postingan kali ini, semoga ulasan saya mengenai keistimewaan cucak ijo sumatra ini bisa bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai sumber referensi untuk rekan pecinta cucak ijo di tanah air.

Tentu saja setiap jenis cucak ijo mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga anda perlu melakukan perawatan yang konsisten agar cucak ijo anda bisa juara. Jika ada punya saran, masukan, atau pertanyaan silahkan tulis saja di kolom komentar dibawah postingan ini ya. Terimakasih

0 Response to "Keistimewaan Cucak Ijo Sumatra Yang Jarang Diketahui"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jual Ring Burung Bebas Custom Nama,Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini