Mengenal Burung Sikatan Londo Beserta Harga dan Perawatannya

Untuk anda para kicau mania, pastinya sudah tidak asing dengan burung sikatan londo. Ya, burung kicau yang sering disebut dengan nama common nightingale ini menjadi incaran para penghobi burung di seluruh dunia. Tentunya, hal ini dikarenakan kicauannya yang sangat gacor dan lantang.



Sikatan londo disebut burung nightingale karena kebiasaannya yang sering berkicau di malam hari. Nightingale sendiri, berasal dari dua kata yaitu “night” yang artinya malam dan “galan” yang artinya nyanyian dari bahasa Inggris kuno.

Kepopulerannya, membuah harga sikatan londo terus naik dari tahun ke tahun. Namun sebelum mencari penjual burung ini, sebaiknya anda lebih mengenal burung common nightingale atau sikatan londo mulai dari ciri fisik, keunikan, hingga cara perawatannya.

Mengenal Sikatan Londo

Banyak orang yang mengganggap tubuh burung ini memiliki kemiripan dengan burung tledekan pring betina. Memang jika dilihat secara sekilas, keduanya memiliki tubuh kecil berukuran 15 cm hingga 17 cm.

Namun warna tubuh sikatan londo lebih contrast dengan warna coklat di bagian atas dan putih ke abu – abuan di perut dan tubuh bagian bawah. Sedangkan tledekan pring memiliki tubuh dengan warna kuning ke putihan di bagian perutnya.

Kemudian, paruh bagian dalamnya juga memiliki warna kuning cerah. Dan jika anda perhatikan dengan teliti, terdapat garis putih di sekitar kedua bola matanya.

Ada satu lagi burung yang juga memiliki kemiripan dengan common nightingale. Burung ini adalah thrush nightingale atau bulbul mural. Hampir semua ciri fisik thrush nightingale sama dengan common nightingale. Hanya saja, ukuran tubuh bulbul mural lebih panjang dan ramping dan warnanya lebih gelap. Oleh karena itu, jangan sampai tertukar atau bahkan tertipu ketika membeli.

Burung ini berhabitat di kawasan hutan dari Eropa hingga Asia. Di alam liar, burung common nightingale memakan serangga – serangga kecil dan biji – bijian sebagai pakan utamanya.

Keunikan Kicauan Sikatan Londo

Kicauan burung sikatan londo sangat lantang dan nyaring dengan tipe kicauan ngeroll. Sehingga, sangat cocok untuk dijadikan masteran burung kicau lain seperti kacer atau cucak ijo.

Seperti yang disampaikan sebelumnya, burung common nightingale akan lebih sering berkicau di malam hari. Oleh karena itu, diperlukan penyesuaian agar kicauannya bisa tetap ngeplong dengan cara rutin mengembun di pagi hari sebelum fajar.

Jika anda memasukan sangkar ke dalam rumah dan mengeluarkannya hanya untuk dijemur, maka kicauannya makin lama menjadi semakin pelan. Tidak menutup kemungkinan ia akan keunikan kicauannya akan menghilang dan menjadi layaknya burung kicau biasa.

Untuk menjaga birahinya agar tetap tinggi dan stabil, jangan lupa berikan extra fooder peningkat birahi seperti kroto atau jangkrik. Berikan minimal 2 ekor sehari setiap hari untuk menjaga tingkat birahinya. Namun untuk penyetingan, anda bisa memberikan hingga 5 ekor sehari di pagi siang dan malam.

Harga Sikatan Londo 2019

Saat ini, harga sikatan londo hasil tangakap  liar (import) adalah 15-20juta per ekornya. Harganya juga tidak jauh berbeda antara penjual online maupun penjual offline di kios – kios.

Untuk anda yang berdomisili di Jakarta, burung ini bisa anda temukan dengan mudah di Pasar Pramuka, Matraman. Tentunya harganya bisa lebih murah jika anda pandai menawar pada sang penjual.

Nah, demikianlah beberapa informasi mengenai burung sikatan londo, mulai dari fisik, keunikan, perawatan dan harganya. Jangan lupa untuk memperhatikan dengan teliti kondisi burung sebelum anda membelinya.

0 Response to "Mengenal Burung Sikatan Londo Beserta Harga dan Perawatannya"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Lagi Cari  Ring Murah & Bebas Tulis nama? Klik Disini Harga Mulai 2rb!!