Solusi Tepat Mengatasi Burung Sakit Agar Cepat Sembuh

Sama halnya dengan manusia, burung peliharaan juga bisa sakit. Banyak orang yang tidak mengetahui mengenai pertanda burung sedang sakit, sehingga burung yang sakit tidak mendapat penanganan apapun. Resiko utama mengabaikan burung sakit adalah kematian, sudah banyak rekan kicaumania yang mengeluh burung peliharaanya tiba-tiba mati, namun sebenarnya burung yang mati tersebut sudah terkena penyakit sejak jauh jauh hari sebelum ia mati.

Sangat disayangkan sekali jika burung mati sia-sia karena penyakit yang tidak segera diatasi. Apalagi burung yang kita pelihara merupakan burung yang harganya mahal seperti muraibatu, kacer, cucak ijo dan burung lainnya.

Segera atasi burung sakit agar tidak mati


Walaupun burung sakit bisa sembuh dengan sendirinya, kita tidak boleh menyepelekan hal itu, sehingga kita harus memberikan pengobatan dan perawatan khusus untuk burung sakit agar bisa cepat sembuh. Bagai mana cara mengatasi burung sakit dengan cepat dan aman?

Gejala Burung Sakit

Hal umum yang menunjukan burung sedang sakit adalah tingkah lakunya yang tidak seperti pada hari hari biasa. Saat sakit, burung cenderung diam dan mengembungkan bulunya. Selain itu, burung juga malas beraktifitas dan lebih memilih untuk tidur walau di siang hari. Jika anda mengamati kotoran yang ada di dasar sangkar, terdapat perubahan bentuk warna dan baunya. Kotoran burung sakit biasanya berwarna putih encer dan kehijauan, ini pertanda bahwa sistem metabolisme tubuhnya sedang tidak baik.

Penyebab Burung Sakit

Berikut adalah macam macam penyebab utama yang menyebabkan burung sakit.

  1. Bakteri : adalah penyakit burung atau unggas yang disebabkan oleh bakteri jahat
  2. Penyakit Mikal : adalah penyakit burung atau unggas atau burung yang disebabkan oleh jamur
  3. Penyakit Parasit : adalah penyakit burung yang disebabkan oleh organisme parasit

Langkah Awal Mengobati Burung Sakit


  1. Jauhkan burung yang sakit dengan burung lain yang dalam kondisi sehat. Maksut dari mengasingkan dari burung lain adalah mencegah penularan melalui udara jika disebabkan oleh virus.
  2. Hindari menjemur burung yang sedang sakit, banyak orang yang menjemur burung sakit karena burung nampak menggigil dengan mengembungkan bulunya, namun tindakan ini adalah kesalahan besar, karena burung menjadi tambah lemas.
  3. Hindari memandikan burung sakit
  4. Jangan ditrek dengan burung sejenis, hal ini akan membuat mentalnya menjadi drop.
  5. Selalu bersihkan sangkar setiap hari agar bakteri yang ada di dalam facesnya tidak semakin berkembang dan memperparah kondisinya.
  6. Krodong burung di malam hari agar suhu kandangnya tetap terjaga kehangatanya, namun jika rumah anda pengap, sebaiknya jangan di kerodong.
  7. Untuk menunjang proses penyembuhannya berikan obat khusus untuk burung sakit, baik obat yang dijual di kios pasar burung maupun obat alami yang terbuat dari rempah-rempah.


Mencegah Penyakit Pada Burung

Seperti kata pepatah bahwa mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Nah dengan pepatah tersebut bisa kita terapkan dalam pola perawatan harian burung dirumah agar tetap sehat dan bugar. Pencegahan timbulnya penyakit pada burung adalah kebersihan, asupan nutrisi, dan pemberian vitamin yang rutin. Berikut adalah tips agar burung tetap sehat dan rajin berkicau.

  • Selalu jaga kebersihan kandang, dari debu maupun dari kotoran (tembelek, faces) di dasar sangkarnya.
  • Bersihkan tangkringan burung paling tidak seminggu sekali. Bersihkan tangkringan pada saat burung sedang diumbar agar burung tidak ketakutan.
  • Berikan voer dan EF yang mengandung banyak nutrisi dan mineralnya.
  • Berikan vitamin alami untuk burung maupun vitamin yang banyak dijual di pasar atau kios burung.


Itulah pembahasan saya kali ini mengenai cara mengatasi burung sakit dengan cepat dan tepat. Selalu jaga kesehatan burung anda dirumah agar tetap gacor dan bisa membanggakan jika dibawa ke arena lomba. Jika anda punya masukan tentang mengatasi burung sakit berdasarkan pengalaman anda, silahkan tambahkan di kolom komentar postingan ini ya. Terimakasih

0 Response to "Solusi Tepat Mengatasi Burung Sakit Agar Cepat Sembuh"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jual Ring Burung Bebas Custom Nama,Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini