√ Cara Ampuh Menjodohkan Muraibatu 100% Berhasil

Hal paling penting sebelum menangkarkan murai adalah menjodohkan kedua calon indukan tersebut. Ada yang bilang bahwa proses paling sulit dalam bisnis ternak murai adalah masa penjodohannya. Seringkali terjadi kasus indukan yang gagal jodoh sehingga para peternak kawalahan untuk mengganti dengan pasangan lainya.

Cars menjodohkan murai dengan cepat
Flickcr.com


Yang paling ditakutkan jika indukan muraibatu gagal jodoh adalah bertengkar didalam kandang ternak, sehingga salah satu indukan akan mengalami luka, cacat bahkan sampai mati dibunuh. Pertanda indukan MB yang tidak jodoh adalah timbul sifat galak pada salah satu indukan, bisa jadi indukan MB betina lebih galak dari MB jantan, sehingga MB jantan menjadi takut dan sebaliknya.

Pemilihan Calon Indukan Murai Sebelum Dijodohkan

Sebelum anda menjodohkan kedua calon indukan murai, sebaiknya anda menyeleksi dulu indukan MB mana dan jenis apa yang sudah cocok untuk diternak dan akan menghasilkan calon anakan yang bagus.

Kriteria Calon Indukan MB jantan 


  • Umur sudah matang, minimal sudah 2x mabung.
  • Mempunyai mental yang bagus
  • Muraibatu sudah gacor
  • Mempunyai ekor yang panjang
  • Birahi sudah bisa stabil
  • Lebih bagus lagi jika MB sudah pernah juara atau mantan jawara.


Kriteria Calon Indukan MB betina


  • Umur sudah matang, minimal usia betina yang siap untuk dikawinkan adalah 8-12 bulan atau yang paling ideal adalah sudah 2x mabung.
  • Mempunyai katuranggan yang bagus
  • Merupakan anakan dari indukan jawara atau trah ekor panjang
  • Sudah mengenal birahi


Menjodohkan Muraibatu Di Kandang Ternak

Cara ini tergolong ampuh karena  sudah banyak peternak yang menggunakan metode ini. Caranya tempatkan MB jantan di sangkar harian yang berukuran sedang, dan tempatkan MB betina di sangkar ternak. Dengan teknik ini, sang betina akan dibiarkan bebas mengelilingi sangkar ternak dan MB jantan dibiarkan mengamati gerak gerik sang betina.

Teknik menjodohkan murai sistem kandang ternak
Jantan didalam, betina diluar

Saat proses ini MB jantan akan mengeluarkan banyak variasi suara dan ngeplay dengan gaya khasnya, ini pertanda bahwa MB jantan merasa tertarik dengan adanya betina di kandang ternak tersebut. Saat keduanya sudah mulai tertarik, MB betina akan ngleper dan mulai membangun sarang. Jika pertanda ini sudah anda lihat, segera lepaskan MB jantan di kandang ternak.

BacaBegini Cara Meloloh Anakan Muraibatu dengan Benar

Menjodohkan Murai dengan Cara Tempel Sangkar

Metode tempel sangkar saat menjodohkan MB juga sangat efektif, penjodohan ini tergolong umum dan mudah untuk dilakukan, karena hanya menempelkan kedua sangkarnya. Proses penjodohan MB dengan metode ini biasanya memakan waktu 6-13 hari. Oleh karena itu anda harus ekstra sabar menunggu sampai keduanya benar-benar jodoh.

Saat proses penjodohan, berikan EF yang menunjang birahinya, seperti menaikan porsi jangkrik dan memberikan kroto setiap harinya. Tanda jika keduanya sudah mau jodoh adalah betina ngleper dan mulai berdampingan. Jika sudah menandakan keduanya jodoh segera satukan di kandang ternak.

Cara Menjodohkan MB di Kandang Sekat

Metode penjodohan murai melalui kandang sekat sebenarnya sama dengan teknik tempel sangkar. Hanya saja cara ini menggunakan kandang ternak yang sudah di sekat untuk memberikan batas untuk keduanya. Proses penjodohan ini memakan waktu kurang lebih 7-14 hari, jika anda sudah melihat tanda berjodoh segera ambil sekatnya agar mereka bisa cepat kawin

Setelah jodoh, sekat dibuka

Cara Menjodohkan MB dengan Keramba

Sudah banyak peternak MB yang menggunakan teknik ini, kebanyakan dari mereka mengatakan bahwa teknik ini sangat efektif. Namun sebelum anda menggunakan teknik ini untuk menjodohkan MB, ada beberapa hal yang harus anda lakukan.

Pastikan anda sudah melakukan penjodohan sistem tempel terlebih dahulu, tujuannya adalah untuk sarana pengelanan antar keduanya agar tidak kaget saat melihat lawan jenis. Lama penempelan bisa dipersingkat jika anda mau menerapkan cara ini,  setelah 3-5 hari ditempel anda sudah bisa mencampurkan keduanya di dalam keramba mandi. Pastikan keramba terisi air agar mereka bisa mandi bersama.

Setelah keduanya mandi, segera masukan keduanya di dalam kandang ternak. Biarkan mereka leluasa mengarungi kandang ternak sambil berkicau dan merapikan bulunya. Jangan lupa untuk selalu memberikan EF dengan porsi yang lebih banyak dari biasanya, tujuanya adalah meningkatkan birahi dan sistem reproduksinya agar cepat bertelur.

Ciri Indukan MB Sudah Jodoh

Berikut adalah beberapa pertanda jika indukan muraibatu sudah berjodoh dan siap untuk produksi.

  1. Mulai membangun sarang
  2. Makan secara bersama 
  3. Nangkring bersebelahan
  4. MB jantan menyuapi MB betina
  5. Mandi bersama di kandang ternak
  6. Mencari makan bersama


Itulah pembahasan saya kali ini mengenai cara yang paling tepat untuk menjodohkan Muraibatu, metode diatas sudah banyak digunakan oleh sebagian besar penangkar murai di tanah air dan terbukti membuahkan hasil yang memuaskan. Semoga bermanfaat, terimakasih

0 Response to "√ Cara Ampuh Menjodohkan Muraibatu 100% Berhasil"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jasa Pesan Ring Burung Bebas Custom Nama, Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini