√ Cara Mudah Ternak Blackthroat Untuk Pemula [Full Bimbingan]

Ternak blackthroat merupakan salah satu ladang bisnis yang sangat menjanjikan untuk anda para kicau mania. Selain karena berkaitan dengan hobi burung, namun ternak blackthroat juga bisa memberikan keuntungan besar.

Tetapi sebelumnya, kalian perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja makanan blackthroat, cara meningkatkan birahinya agar cepat kawin, berapa hari telurnya menetas, dan mengetahui ciri – ciri telur blackthroath yang isi.

Cara ternak blacktroath agar cepat produksi


Oleh sebab itu, kali ini kita akan membuat artikel panduan lengkap ternak blackthroat untuk pemula. Silahkan simak baik – baik tiap penjelasannya.

Persiapan Sebelum Ternak Blackthroat

Langkah pertama dari cara ternak blackthroat adalah mempersiapkan beberapa alat dan kebutuhan lain. Di antaranya adalah kandang, tenggeran, kotak kayu untuk burung bersarang dan mengerami telur, vitamin dan pakan, dan tentunya sepasang indukan burung blackthroat.

Untuk kandang burung blackthroat, sebenarnya kandang jenis apapun bisa anda gunakan. Baik itu kandang semi permanen yang dibuat khusus, maupun sangkar kecil untuk burung biasa.

Yang terpenting adalah penempatannya di area yang tersinari matahari dari pagi hingga siang. Dan tetunya, kandang harus terlindungi dari angin kencang dan air hujan. Usahakan pula kandang tidak dihinggapi oleh burung liar yang mengganggu.

Jika anda ingin membuat kandang besar khusus untuk ternak blackthroat, disarankan untuk anda mendesain kandang yang mudah untuk dibersihkan. Sebab kotorannya bisa membawa virus dan penyakit.


Memilih Indukan Blackthroat Yang Berkualitas

Demi mendapatkan anakan blackthroat yang berkualitas dan berharga tinggi, tentunya kita juga perlu memilih indukan yang baik. Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam memilih indukan blackthroat. Di antaranya :


  • Tidak memiliki cacat fisik
  • Memiliki bulu yang bagus
  • Tidak memiliki penyakit yang bisa menurun ke anakan
  • Sudah berumur 1 tahun atau lebih
  • Sudah jinak
  • Gacor 


Jika anda memiliki blackthroat ngerolnya bagus dan sudah gacor, tentunya hal ini akan menjadi nilai tambahan. Sebab kemampuan kicauannya bisa menurun ke anak dan mempermudah proses memaster anakan blackthroath

Cara Meningkatkan Birahi Blackthroat Agar Cepat Kawin

Dibandingkan ternak burung kacer atau burung lovebird, proses penjodohan burung blackthroat terbilang jauh lebih mudah. Sebenarnya proses kawin burung ini juga tidak memakan waktu lama.

Waktu penjodohan paling lama biasanya memakan hingga 10 hari. Untuk mempercepatnya, anda bisa memberikan EF yang bisa meningkatkan birahi blacktroath dengab cepat.

Selain itu, cobalah menggunakan satu tenggeran panjang yang dipasang di kedua sangkar. Konon, cara ini bisa membesar peluang blackthroat jodoh dan cepat kawin.

Waktu Telur Blackthroat Menetas

Dari sejak dikawinkan hingga bertelur, umumnya blackthroat membutuhkan waktu sekitar 7-14 hari. Namun waktunya bisa lebih cepat di musim kawin seperti bulan Maret hingga awal April.

Satu indukan betina blackthroat bisa menghasilkan 2 hingga 4 butir telur. Dan proses mengeraminya memakan waktu hingga 14 hari atau 2 minggu.

Namun perlu anda semua ingat bahwa tidak semua telur burung blackthroat ada isinya dan bisa ditetaskan. Sebab tidak sedikit pula yang kosong, tidak dibuahi, hanya cangkang telurnya saja dan bisa dibilang gagal.

Cara ternak blacktroath agar cepat mempunyak anak


Untuk mengetahui apakan telur ada isinya atau tidak, kalian perlu menunggu sekitar 7 hari setelah dierami oleh indukannya. Telur yang isi akan berubah warna menjadi berbintik hijau kebiruan di beberapa bagiannya.

Tanda yang sama juga akan terlihat jika anda menggunakan inkubasi. Telur yang tidak isi bisa kalian buang atau diamkan saja hingga anakan blackthroat menetas.

Masalah dalam Ternak Blacktroath

Tentunya, akan ada beberapa masalah dan ujian yang dialami oleh anda selama beternak burung blackthroat. Mulai dari pejantan yang mematuki telurnya, burung tidak mau kawin, dan lain – lain.

Nah berikut ini adalah beberapa masalah umum yang sering dialami peternak blackthroat dan cara mengatasinya.

1. Burung Tak Kunjung Jodoh

Masalah yang paling sering dialami oleh peternak kacer adalah waktu penjodohan yang sangat lama bahkan terkesan tak kunjung jodoh. Hal ini biasanya disebabkan karena kandang usia keduanya belum matang.

Oleh karena itu, pastikan usia blackthroat sudah matang atau minimal 1 tahun. Untuk mempercepat,

2. Burung Jantan Memakan Anakannya

Berikutnya sering terjadi pula blackthroat jantan yang memakan anakannya bahkan sejak masih dalam telur. Oleh karena itu, usahakan untuk langsung memisahkan pejantan dari betina ketika sedang mengerami telur.

Atau kalian bisa menetaskan telur secara manual dengan menggunakan incubator.

3. Pejantan Tersangkut Disarang

Masalah yang terakhir adalah pejantan blackthroat yang tersangkut bahkan hingga mati di sarangnya. Memang, salah satu kebiasaan pejantan blackthroat adalah sering mengaca – acak sarangnya sendiri.

Burung blackthroat yang nyangkut di sarang biasanya disebabkan karena bahan sarang yang terlalu kasar. Oleh karena itu, gunakan bahan halus seperti serabut kelapa atau daun pinus kering untuk bahan sarangnya.

Nah, seperti itulah panduan ternak blackthroat yang wajib kalian ketahui. Pahami terlebih dahulu semua hal dalam beternak blackthroat agar anda tidak melakukan kesalahan fatal dan menyebabkan kerugian.

0 Response to "√ Cara Mudah Ternak Blackthroat Untuk Pemula [Full Bimbingan]"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel


Jual Burung

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jasa Pesan Ring Burung Bebas Custom Nama, Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini