Segera Hindari Hal ini Agar Cucak Ijo Tidak Over Birahi

Sampai saat ini cucak ijo masih menjadi burung yang paling digemari oleh kalangan kicau mania. Cucak ijo merupakan burung yang cerdas dan pandai menirukan suara burung disekitarnya, dengan kecerdasan nya tersebut tak heran jika cucak ijo mempunyai banyak variasi suara kicauan yang indah.

Penyebab cucak ijo overbirahi
Carolinabirds.com


Cucak ijo yang tadinya gacor, bisa mendadak diam bahkan sampai macet bunyi jika kondisinya sedang over birahi (OB). Hal inilah yang paling ditakutkan oleh CI Mania. Anda harus melakukan perawatan harian yang tepat agar kondisi birahi cucak ijo tetap stabil.

Tidak hanya itu, cucak ijo yang mengalami overbirahi juga tidak akan tampil maksimal saat dilombakan. CI yang OB juga menunjukan perilaku aneh saat lomba. Ada yang melet saat bertemu lawan dan banyak juga yang cuma ngetem dan ngejar lawan Sehingga anda harus menghindari beberapa hal ini agar cucak ijo anda tidak Overbirahi.

Hal yang Menyebabkan Cucak Ijo Overbirahi

1. Memberikan EF yang Terlalu Banyak

Pemberian EF yang tinggi merupakan salah satu penyebab utama peyebab overbirahi pada cucak ijo. Ef yang meningkatkan birahi cucak ijo dengan cepat adalah kroto, sebaiknya berikanlah porsi yang pas jika ingin memberikan kroto pada cucak ijo kesayangan anda.

2.  Menggoda Cucak Ijo dengan Tangan

Kelihatanya hal ini merupakan tindakan yang sangat sepele, namun jika dilakukan secara terus menerus akan membuat cucak ijo menjadi OB. Saat saya belum begitu paham dengan karakter cucak ijo, saya pernah dimarahin orang saat di arena lomba karena cucak ijonya saya goda dengan tangan. Hal itulah yang menambah wawasan saya hingga saat inipun tetap saya terapkan di semua cucak ijo peliharaan saya.

Cucak ijo overjinak mudah naik birahi
Jenisburung.co

3. Menggoda dengan Siulan

Tidak hanya dengan tangan, menggoda cucak ijo dengan cara berisiul ternyata juga bisa membuat cucak ijo jadi overbirahi loh.

4. Sering Ditemukan dengan Betina

Dicas dengan cucak ijo betina memang bisa membuat cucak ijo cepak gacor dan  cepat panas saat mau dilombakan. Namun jika anda terlalu sering melihatkannya dengan betina, hal ini akan menimbulkan efek negatif yaitu Overbirahi.

Ciri-Ciri Cucak Ijo Overbirahi

Berikut adalah pertanda umum dan paling banyak dijumpai ketika cucak ijo sedang mengalami Overbirahi. Anda bisa lihat pertanda ini saat dirumah maupun saat dibawa ke arena lomba.


  • Cucak ijo sering mengembungkan bulunya layaknya seperti balon.
  • Mengeluarkan suara "krek krek" saat cucak ijo sedang ditrek (bertemu dengan lawan dirumah maupun ketemu lawan di arena lomba).
  • Cucak ijo sering melet disertai dengan bunyi krek krek seperti saat di trek.
  • Saat kita dekati, cucak ijo langsung mengejar tangan karena ia ingin mematoki tangan kita.


Cara Mengatasi Cucak Ijo Overbirahi

Cucak ijo yang mengalami overbirahi harus mendapatkan terapi khusus seperti pengembunan, pengumbaran, pemberian buah penurun birahi, agar kondisi birahinya bisa cepat turun dan kembali gacor lagi. Perawatan mengenai cara menurunkan birahi cucak ijo secara lengkap silahkan baca Menurunkan Birahi Cucak Ijo Dengan Cepat.

Penutup

Itulah beberapa hal sepele yang membuat cucak ijo jadi overbirahi versi pengalaman dan pengetahuan saya. Sebaiknya anda menghindari 4 hal diatas agar cucak ijo tidak OB.

Jika anda punya pertanyaan ataupun masukan lain silahkan tambahkan saja di kolom komentar postingan ini ya. Saya sangat senang menerima pertanyaan dan masukan dari anda. Jangan lupa share postingan ini ya, Terimakasih

0 Response to "Segera Hindari Hal ini Agar Cucak Ijo Tidak Over Birahi"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jual Ring Burung Bebas Custom Nama,Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini