Fakta Unik Burung Kedasih Yang Konon Pembawa Berita Buruk

Beberapa dari anda mungkin agak asing dengan nama burung kedasih. Padahal jika didengar kicauannya, pasti anda semua langsung mengenalinya sebab suara burung kedasih mudah dikenali namun tidak banyak orang yang tau bentuk dan namanya.

Mengenal Burung Kedasih


Burung kedasih atau yang memiliki nama latin Cuculus Merulinus, merupakan salah satu burung kecil yang sering dikaitkan dengan mitos – mitos mistis. Ia mengeluarkan suara “wii pii wii pii wii wii wii wii” yang nyaring dan berulang – ulang hingga puluhan kali.

Orang jaman dulu percaya bahwa burung kedasih merupakan burung pembawa kabar buruk. Sehingga banyak orang mengusirnya dari sekitar rumah. Namun hal ini tidak sepenuhnya benar, agar tidak salah paham mari kita mengenal burung kedasih lebih jelas lagi.

Mengenal Burung Kedasih

Kedasih atau biasa disebut wiwik uncuing, sebenarnya hanyalah burung kicau biasa layaknya lovebird, perkutut, atau cucak keling. Hanya saja, suara kicauannya terdengar sedikit mencekam dan membuat beberapa orang gelisah ketika mendengarnya.

Kedasih liar sering ditemui di atas pepohonan tinggi. Tak heran jika suara nyaringnya bisa terdengar meskipun dari jarak yang jauh.

Jika anda tinggal di daerah pegunungan, mungkin setiap pagi di musim kemarau anda akan mendengar suara kicauan kedasih yang saling bersautan. Hal ini dikarenakan wiwik uncing lebih suka tinggal di dataran tinggi, sekitar 130m di atas permuakaan laut. Sehingga, beberapa orang sudah terbiasa mendengar suara kedasih tiap hari.

Fakta Unik dan Mitos Tentang Burung Kedasih

Berbeda dengan burung – burung lainnya, kedasih ini tidak pernah membuat sarang untuk telur dan anaknya. Yang ada justru ia menitipkan telur di sarang burung lain untuk dierami hingga menetas. Tak jarang kedasih harus membuang telur burung lain agar telurnya cukup di sarang yang ia inginkan. Dari sini, orang banyak mengganggap bahwa kedasih merupakan burung jahat.

Bukan hanya itu, anak dari burung uncuing juga mewarisi sifat jahat yang sama. Setelah menetas, ia akan mencakari dan membuang anak burung yang lain demi bisa bertahan hidup. Anak uncuing juga akan meminta makanan pada burung lain agar ia kenyang.

Mungkin dari sini mitos burung wiwik uncuing harus dijauhi muncul. Burung uncuing yang memiliki sifat jahat harus diusir agar tidak mengganggu burung – burung lain baik liar maupun peliharaan. Namun saat ini, tidak sedikit pula yang justru suka dan memelihara burung wiwik uncuing di rumah.

Tips Agar Burung Tidak Kemasukan Suara Kedasih

Katanya burung kicau yang kemasukan suara kedasih akan turun nilai jualnya, seringnya adalag cucak ijo. Sehingga anda perlu menghilangkan suara kedasih dari burung kicau anda. Dan hal ini cukup sulit untuk dilakukan.

Oleh karena itu, ada baiknya menghindari tempat yang sering terdengar suara  burung kedasih. Selain ith ada satu cara yang paling ampuh untuk mengursir kedasih atau uncuing. Caranya adalah dengan memelihara burung kipasan sebagai antinya.

Burung kipasan akan menjaga wilayahnya dari burung lain termasuk burung uncuing. Apalagi, jika burung uncuing menaruh telurnya di sarang kipasan. Ia akan langsung mengejar uncuing hingga keluar dari wilayah territory nya.

Nah, seperti itulah beberapa informasi mengenai burung kedasih. Jika dirasa mengganggu, anda bisa mengusirnya dari sekitar rumah. Namun jika tidak, biarkan saja kedasih hidup di alam bebas seperti burung lainnya. Atau anda bisa memelihara burung ini sejak lolohan, maka suaranya akan sangat indah jika dimasteri burung lain.

0 Response to "Fakta Unik Burung Kedasih Yang Konon Pembawa Berita Buruk"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jual Ring Burung Bebas Custom Nama,Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini