√ 5 Cara Mengatasi Burung Kegemukan Secara Alami & Cepat

Ternyata burung juga bisa mengalami kegemukan layaknya manusia. Performa burung akan menurun jika mengalami kegemukan, apalagi jika burung untuk lomba. Burung menjadi malas bertarung dan malas untuk berkicau, sehingga masalah ini menjadi salah satu penyebab burung macet bunyi yang jarang diketahui pemiliknya.

Mengatasi kacer, murai, cucak ijo dan burung lain yang kegemukan


Saya pernah mendapati kacer yang lama kelamaan performanya menurun, tadinya selalu masuk nominasi saat lomba sekarang malah cuma kondangan saja. Memang ada banyak perubahan pola rawatan harian yang saya berikan , namun sebenarnya perawatan itu merupakan kesalahan yang malah membuat kacer menjadi kegemukan.

Ada banyak penyebab burung menjadi obesitas atau kegemukan, salah satunya adalah kelebihan lemak. Dan sistem pencernaan burung yang tidak normal layaknya manusia.

Ciri Burung Kegemukan

Berikut adalah pertanda umum bahwa burung mengalami over weight atau kegemukan.

  • Burung semakin lama semakin turun performanya. 
  • Burung yang tadinya lincah, kemudian berubah menjadi jarang bergerak bahkan terlihat kaku saat bergerak.
  • Saat dilombakan burung sering ngetem karena stamina nya kurang maksimal.
  • Burung sangat rakus dengan voer harian.
  • Burung yang tadinya rajin ngeplong berubah menjadi sering ngeriwik
  • Kurang ngotot saat berkicau dan burung terlihat sangat malas.

Mengatasi Burung Kegemukan

1. Ganti Voer

Ganti voer dengan menggunakan voer yang mempunyai kadar lemak rendah, anda bisa menggunakan voer merk krotosari karena voer tersebut dibuat sari sari kacang kedelai dan biji-bijian.

Baca juga : Cara Ampuh Mengatasi Burung Sakit Secara Cepat & Aman

2. Jangan Turunkan EF

Menurut saya mengurangi pemberian EF itu tidak perlu, karena EF merupakan sumber karbohidrat utama pada burung. Namun jika burung yang kegemukan itu pemakan biji-bijian seperti kenari, BT dll gantilah EF dengan sayur dan buah buahan.

3. Umbar Secara Rutin

Umbarlah burung yang kegemukan secara rutin dan bertahap. Pengumbaran yang terbaik dilakukan setiap 2 hari sekali dengan durasi yang selalu meningkat.

Contohnya pada hari senin burung diumbar selama 30menit, kemudian burung kembali diumbar pada hari rabu dengan durasi pengumbaran 45 menit dan begitu seterusnya.

Setelah pengumbaran berjalan 1 minggu, ganti pola pengumbaranya dengan metode usir (agar burung mau terbang dari ujung umbaran ke ujung umbaran) selama 100x setiap hari dan terus ditambah 20x per hari.

4. Rutin Dijemur

Selalu jemur burung setiap hari, penjemuran yang terbaik adalah pukul 6.00 sampai dengan pukul 08.00 pagi. Dengan dijemur secara rutin, metabolisme burung akan menjadi bagus dan lemak akan berkurang secara bertahap.

Baca juga : Cegah dan Atasi Burung Katarak dengan Aman

5. Terapi Sauna

Lakukan terapi sauna setiap hari selama 5 menit pada pukul 10.00 pagi. Terapi sauna ini memang bagus jika diterapkan dengan benar.

Lakukan Dengan Konsisten

Demikanlah pembahasan saya mengenai cara mengatasi burung kegemukan dengan aman dan cepat. Metode ini merupakan pengalaman saya beberapa tahun lalu saat mengatasi kacer kegemukan. Lakukanlah cara diatas secara konsisten agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Sekian dari saya, jika anda masih bingung atau punya masukan dan pertanyaan silahkan bisa ditulis melalui kolom komentar postingan ini ya. Semoga Bermanfaat, Terimakasih

0 Response to "√ 5 Cara Mengatasi Burung Kegemukan Secara Alami & Cepat"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jasa Pesan Ring Burung Bebas Custom Nama, Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini