Pohon Maple, Pohon Unik yang Bisa Ditanam di Indonesia

Pohon maple sebenarnya bukan flora yang berasal dari Indonesia, tetapi dari negara Amerika Utara, tepatnya dari wilayah Kanada. Pohon maple sangat terkenal akan kecantikan dan keindahan bentuk daunnya, terutama saat musim gugur.

Banyak wisatawan yang sengaja menunggu momen musim gugur untuk menikmati indahnya daun maple yang berjatuhan.


Keunikan pohon mapel


Maple tidak hanya indah dilihat namun juga dapat menghasilkan sirup yang sangat manis dan bermanfaat untuk bahan olahan pangan. Selain itu, masih banyak manfaat lain dari pohon ini.

Berikut ini adalah pembahasan tentang
pohon maple secara lengkap.


Asal Usul Maple

Hampir sama seperti pohon cedar yang menjadi lambang bendera Lebanon, daun maple juga menjadi lambang dari bendera Kanada. Hal itu telah menunjukkan bahwa asal pohon maple dipastikan dari negara tersebut. Salah satu jenis maple yang paling terkenal ialah maple Acer Saccharum.

Batang maple dapat menghasilkan getah yang rasanya manis dan banyak dimanfaatkan untuk pembuatan sirup atau gula maple. Sirup ini biasanya dikonsumsi untuk sarapan bersama dengan oatmeal, pancake atau pun kudapan oleh masyarakat di negara barat.


Keunikan Pohon Maple

Pohon Maple memang sangat unik sehingga banyak sekali yang tertarik untuk mengetahui seluk beluk pohon ini. Berbagai macam keunikan dari pohon Maple sudah terangkum pada poin-poin di bawah ini, antara lain:


Pohon Maple Bisa Ditanam di Indonesia

Walaupun bukan berasal dari Indonesia, pohon mapel ini ternyata juga bisa di tanam di indonesia loh. Namun cara menanam pohon mapel juga tidak sembarangan, terdapat metode khusus agar pohon mapel bisa tumbuh subur.

Tentu sangat unik sekali jika menanam pohon ini di sekitar rumah. Serasa di luar negeri jika terdapat pohon ini dirumah.

Pohon mapel bisa Ditanam di Indonesia
Pohon maple musim gugur


Pohon Maple Dikenal Sebagai Pohon Sirup

Sebutan pohon Sirup atau sugar maple untuk pohon Maple Acer Saccharum bukan tidak ada alasannya. Hal ini disebabkan oleh kandungan rasa manis pada getah yang muncul jika batang pohonnya dilukai.

Nah, getah manis inilah yang selanjutnya diolah menjadi sirup maple yang terkenal hingga ke manca negara. Sirup maple itu sendiri biasa digunakan untuk sajian sarapan di negeri barat seperti waffle atau pancake. 

Untuk mengambil getah manis pada batang pohon Maple, para petani menunggu pada bulan Maret hingga April. Caranya yaitu dengan melubangi batang pohon Maple lalu dipasangi keran atau selang untung menampung getah manis yang keluar.

Getah tersebut akan mengalir melalui selang atau keran menuju tempat penampungan berupa wadah atau ember besar atau tangki. Setelah itu, barulah getah Maple diangkut ke pabrik terdekat untuk diolah menjadi sirup atau gula Maple.


Daun Maple yang Indah

Keunikan lainnya pada pohon Maple terletak pada bentuk daunnya yang cantik. Daun Maple memiliki lima sisi lancip di setiap helai nya. Selain itu, warna daun juga amat cantik dan elok sehingga banyak wisatawan yang sengaja membawa pulang untuk diawetkan untuk kenang-kenangan.

Warna daun Maple saat musim gugur biasanya berubah menjadi kuning, oranye, atau merah. Warna-warna cerah can cantik inilah yang banyak disukai oleh warga lokal maupun wisatawan.


Buah Maple yang Bersayap

Pohon Maple sering disamakan dengan pohon-pohon pada kisah atau cerita dongeng. Hal ini dikarenakan keindahan pohon Maple dilihat dari bentuk daunnya yang cantik dan juga warnanya yang indah.

Getah manis yang diperoleh dari batang pohon Maple juga seperti keajaiban yang unik karena umumnya getah pohon tidak bersifat atau memiliki rasa manis.

Itulah pembahasan saya mengenai keunikan pohon maple, semoga bisa bermanfaat untuk rekan-rekan semua ya. Terimakasih

0 Response to "Pohon Maple, Pohon Unik yang Bisa Ditanam di Indonesia"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jual Ring Burung Bebas Custom Nama,Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini