√ Cara Membedakan Blackthroat Jantan dan Betina 100% Akurat

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membedakan burung blackthroat jantan dan betina. Jika anda ingin memulai ternak burung blackthroat, tentunya kalian perlu menyiapkan sepasang blackthroat jantan dan betina.

Harga blackthroat jantan dan betina yang dijual juga kadang berbeda. Apalagi burung jantan sudah dimaster dan ngeroll, pastinya harganya lebih tinggi dari sang betina. Seperti yang dijelaskan dalam artikel panduan ternak blackthroat, kualitas anakan yang dihasilkan tergantung dari kualitas indukannya.

Ciri blackthroat jantan
Blacktrhoat Jantan

Oleh karena itu agar anda tidak tertipu atau salah membeli sepasang blackthroat, kali ini kita akan membahas tentang cara membedakan blackthroat jantan dan betina dengan cepat dan mudah.

Membedakan Jenis Kelamin Blackthroat Dari Tubuhnya

Layaknya burung kacer, terdapat perbedaan yang bisa anda lihat antara tubuh blackthroat jantan dan betina. Dilihat dari sekilas saja, tubuh yang jantan lebih besar dibandingkan tubuh burung yang betina di umur yang sama.

Umumnya, burung dengan jenis kelamin jantan memiliki ukuran tubuh sekitar 12 hingga 15 cm. Sedangkan burung blackthroat dengan jenis kelamin betina memiliki ukuran tubuh sekitar 10 hingga 12 cm.

Selain itu bentuk kepala burung jantan terlihat lebih besar dan seperti melonjong. Sedangkan burung betina memilki kepala lebih kecil dan bulat sempurna.

Postur tubuh burung jantan juga lebih tegap dan gagah dengan dada seperti membusung. Sedangkan burung betina berpostur lebih bulat dan seperti merunduk.

Membedakan Jenis Kelamin Blackthroat Dari Paruhnya

Cara membedakan blackthroat jantan dan betina yang berikutnya adalah dari bentuk dan warna paruhnya. Cara ini juga bisa anda gunakan sebelum membeli burung khususnya yang dijual di peternakan.

Bentuk paruh burung blackthroat jantan lebih tebal dan panjang. Selain itu, ujungnya juga berbentuk lebih lancip. Sedangkan blackthroat betina memiliki paruh yang ukurannya lebih kecil dan lebih tipis.

Ciri blackthroat betina
Blackthroat Betina

Ujung paruh dari burung yang berjenis kelamin betina juga lebih tumpul dan tidak bisa melukai ketika dipatok. Hal ini dikarenakan paruh yang tumpul akan memudahkan indukan burung ketika meloloh anakannya tanpa takut melukai paruh anaknya.

Membedakan Jenis Kelamin Blackthroat Dari Warna dan Bulunya

Selain dari paruh dan tubuhnya, anda juga bisa membedakan blackthroat jantan dan betina dari warna tubuh dan bulunya. Tentunya perbedaannya bisa anda kenali hanya dengan melihat dari jauh saja.

Burung blackthroat betina memiliki warna yang lebih pudar dan samar. Sedangkan di tubuh sang jantan, warna tubuhnya lebih dominan dan lebih pekat.

Sesuai dengan namanya yaitu “Blackthroat”, tentunya ada warna hitam di tenggorokan burung ini. Tetapi pada burung betina, warna hitam ditenggorokannya juga lebih pudar dan seperti keabu – abuan. Sedangkan pada sang jantan warna hitamnya lebih terlihat jelas.

Membedakan Jenis Kelamin Blackthroat Dari Kicauannya

Cara terakhir untuk mengetahui perbedaan blacktrhoat jantan dan betina adalah dengan mendengar kicauannya. Suara kicauan dari burung berjenis kelamin jantan dan betina tentu saja berbeda jauh.

Suara kicauan blackthroat jantan sangat merdu dan bervariasi serta ngeroll bila sudah dilatih. Hal ini juga digunakan untuk memikat burung betina ketika ia sedang birahi dan musim kawin.

Sedangkan suara kicauan burung blackthroat betina lebih monoton, kurang bervariasi dan kurang nyaring. Biasanya blackthroat betina hanya mengeluarkan kicauannya untuk menandakan jika ia cocok atau ingin dijodohkan.

Itulah beberapa cara membedakan blackthroat jantan dan betina. Jika umur burung yang dibeli sudah lebih dari 1 tahun, anda bisa langsung menjodohkannya agar cepat bertelur.

Leave a Comment