Wajib Tahu!! Inilah 5 Kerugian Memberi Doping Untuk Lovebird

Doping adalah sejenis obat kimia yang biasa diberikan untuk menambah kegacoran burung. Salah satunya adalah doping yang diberikan pada lovebird agar bisa ngekek panjang hingga konslet.

Kebiasaan memberikan doping untuk lovebird ini sebenarnya dimulai sejak jaman dahulu saat gantangan lovebird mulai ramai. Orang yang memberikan doping mempunyai pemikiran bahwa jika memberikan doping maka lovebird akan gacor seketika.

Bahaya menggunakan doping untuk lovebird


Sudah kita ketahui bahwa tidak ada sesuatu yang instan, dan jika ada pasti itu tidak bagus efeknya. Dengan penuh harap lovebird akan rajin ngekek sesudah diberi doping, malah justru lovebird menjadi rusak bahkan mengakibatkan kematian.

Oleh karena itu, anda harus memahami apa saja kerugian dan bahaya memberikan doping kimia untuk lovebird..

Perbedaan Doping, Vitamin, dan Jamu Untuk Lovebird


1. Doping

Doping merupakan sebuah obat kimia yang diberikan pada burung dengan tujuan untuk membuat burung menjadi gacor seketika. Doping dapat menimbulkan efek samping yang buruk bagi burung.


2. Vitamin

Vitamin merupakan suplemen yang kandungan nya memang dibutuhkan oleh metabolisme tubuh burung. Pemberian vitamin secara teratur akan membuat burung menjadi sehat dan bugar.

Pembuat vitamin biasanya adalah dokter hewan karena beliau paham apa apa yang berguna dan tidak berguna untuk burung. Selain itu, nomor ijin vitamin terdaftar & bisa di cek melalui Cek Nomor BPOM.


3. Jamu 

Jamu merupakan salah satu jenis suplemen layaknya vitamin, yang membedakannya adalah jamu dibuat dari bahan alami seperti jahe, kencur, madu dan bahan alamiah lainya.

Jamu memberikan efek yang menyehatkan untuk burung, namun pemberian jamu juga harus secara teratur dan tidak memberikan secara berlebih.
Baca juga : Jamu Alami Lovebird


Kerugian Memberikan Doping Untuk Lovebird


1. Durasi Ngekek Malah Berkurang

Efek pertama memberikan sebuah doping untuk lovebird adalah membuat durasinya malah berkurang. Saya pernah mengalami hal ini, tadinya ngekek sampai 30 detik,

Setelah saya berikan doping hasilnya sangat rajin ngekek dan tambah gacor, tapi di hari berikutnya malah durasinya semakin berkurang sampai sekarang jadi ngekek 5 detik saja.


2. Bulu Rontok Tak Kunjung Selesai

Setelah durasi ngekek lovebird yang semakin berkurang, efek selanjutnya adalah bulu yang rontok setiap hari layaknya sedang mabung.

Dugaan pertama saya memang benar mau mabung, setelah itu saya mulai curiga kok sudah 4 bulan mabungnya belum selesai juga. Padahal proses mabung yang normal untuk lovebird berkisar antara 2-3 bulan sudah selesai.

Dengan kejadian diatas saya sadar bahwa efek memberikan doping akan membuat bulu lovebird jadi rontok.


3. Birahi Tidak Bisa di Kontrol

Ciri utamanya adalah selalu mengejar lawan ketika lovebird digantangkan. Selain itu, lovebird juga sering menggigiti jeruji ketika melihat atau mendengar suara musuh.

Tingkah aneh lain yang paling parah adalah, suka keliling di atas sangkar sambil menekuk kepalanya. Bahkan sampai cabul (cabut bulunya sendiri).


4. Lovebird Jadi Macet Bunyi

Pengalaman lain menggunakan doping adalah membuat lovebird menjadi macet / rusak. Kondisi ini ditandai dengan lovebird yang tadinya rajin ngekek, namun tiba-tiba menjadi sangat pendiam alias tidak mau ngekek sama sekali. Baca juga : Mengatasi Lovebird Rusak & Macet Total.


5. Mengakibatkan Kematian

Seperti yang saja jelaskan diatas bahwa doping merupakan obat yang sangat beresiko tinggi. Salah satu resiko yang paling bahaya adalah membuat lovebird mati karena keracunan.

Lovebird mati karena organ tubuhnya tidak kuat untuk menetralisir doping yang menyebar ke seluruh jaringan tubuh dan peredaran darah lovebird.


Kesimpulan

Itulah bahaya penggunaan doping untuk lovebird menurut pangalaman saya dan sharing dari rekan-rekan lovebird mania Semarang. Dengan banyaknya kerugian dibanding keuntunganya, lebih baik anda menghindari memberikan obat-obatan tersebut.

Selain pembuat & penjual doping yang tidak jelas, ijin penjualan dan uji laboratorium dari BPOM juga tidak ada dalam kemasanya. Dengan demikian tidak ada pertanggung jawaban jika sesuatu hal buruk terjadi pada lovebird yang kita beri doping.

Semoga bermanfaat, silahkan share agar teman lain bisa mendapat pengetahuan yang sama mengenai doping lovebird.

0 Response to "Wajib Tahu!! Inilah 5 Kerugian Memberi Doping Untuk Lovebird"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jasa Pesan Ring Burung Bebas Custom Nama, Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini