√ Cara Meloloh Anakan Blackthroat Agar Cepat Besar dan Sehat

 Jika anda ingin memulai ternak blackthroat, ada satu hal yang wajib anda perlajari yaitu cara meloloh anakan blackthroat. Sebagian besar peternak memang lebih ingin meloloh sendiri (hand feeding) anakan burung daripada mengandalkan indukannya.

Sebab tidak semua indukan mau meloloh hasil telurnya yang sudah menetas. Tidak sedikit indukan blackthroat yang justru memakan anakannya sendiri karena berbagai alasan.

Cara meloloh anakan blacktroath agar tidak mati


Tetapi ada keunikan tersendiri ketika meloloh anakan blackthroat yang tidak bisa ditemui pada ternak burung kicau lainnya. Oleh karena itu, dalam artikel ini kita akan membahas semua hal tentang meloloh anakan blackthroat.


Keuntungan Blackthroat Diloloh Sendiri

Ada beberapa alasan mengapa para peternak blackthroat lebih memilih meloloh anakan burung blackthroat sendiri daripada harus mengandalkan indukannya. Di antaranya :

1. Burung Jadi Cepat Jinak

Alasan pertama anda harus meloloh blackthroat sendiri adalah karena dengan hand feeding, anakan burung tidak akan jadi giras. Hal ini dikarenakan burung terbiasa bertemu dan dipegang oleh tangan manusia.

Seperti yang kita ketahui, harga blackthroat jinak akan lebih tinggi dibandingkan yang giras.


2. Nutrisi Yang Diterima Lebih Rata

Indukan blackthroat hanya akan meloloh anakannya yang memiliki daya tahan tubuh paling kuat. Memang semua anaknya akan diberi makan, namun tidak semuanya mendapatkan jumlah makanan yang sama.

Oleh karena itu dengan hand feeding, anda bisa memastikan semua anakan blackthroat bisa menerima makanan dan nutrisi yang rata.


3. Mendapatkan Kebanggaan Tersendiri

Jika anda belum pernah meloloh sendiri anakan blackthroat atau burung lain seperti kacer atau lovebird, mungkin anda merasa memelihara burung hanya sebatas memelihara saja.

Tetapi jika anda meloloh burung dari kecil, pasti anda merasakan kebanggan tersendiri. Apalagi, jika burung bisa dimaster hingga ngeroll dan gacor. Ada rasa kebanggaan layaknya merawat seorang anak.


Bahan  Pakan Lolohan Blackthroat

Karena masih anakan, pakan yang anda buat untuk lolohan blackthroat harus bertekstur lembut tetapi jangan sampai cair. Bahan – bahan untuk membuat pakannya biasanya terbuat dari :

  • Bubur bayi (merk apa saja)
  • Kuning Telur Rebus
  •  Air hangat


Ketiga bahan ini dicampurkan dengan komposisi sekitar 3:1:3. Kuning telur digunakan untuk memenuhi kebutuhan proteinnya. Namun jika tidak diberikan kuning telur juga tidak masalah.

Jangan membuat adonan yang terlalu encer maupun terlalu kental, hal ini menghindari terjadinya resiko tersedak dan sisa endapan makanan di tembolok blacktroath.

Buatlah adonan sekali pakai, dalam arti setiap mau meloloh anda harus membuat adonan yang baru lagi. Hal ini sangat penting, karena memberikan pakan lolohan basi sangatlah berbahaya bagi blacktroath.


Cara Meloloh Anakan Blackthroat

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, ada keunikan tersendiri dari cara meloloh anakan blackthroat. Yaitu kita melolohnya dari kecil hingga ia tumbuh dewasa, bagaimana caranya?

Pertama – tama sepetan atau alat loloh diisi dengan pakan lolohan yang sudah dibuat sebelumnya.

Kemudian berikan lolohan kepada anak blackthroat secara bergiliran. Dengan begitu,semua anakan blackthroat yang kita loloh bisa mendapatkan nutrisi yang sama.

Waktu meloloh anakan blacktroath sesuai dengan usia blacktroath itu sendiri, saat umurnya 7-14 hari, loloh setiap 2 jam sekali dan berikan secukupnya saja agar anakan blacktroath tidak lemas kekenyangan.

Saat usia blacktroath lebih dari 14 hari, loloh ia setiap 4 jam sekali dengan porsi yang secukupnya juga.

Perhatikan video panduan meloloh blacktroath dibawah ini agar anda bisa lebih jelas



Agar Anakan Blackthroat Bisa Tumbuh Dengan Sehat

Pakan lolohan memang menjadi factor yang paling penting dalam menentukan apakah burung bisa tumbuh dengan sehat atau tidak. Tetapi, ada beberapa tips yang bisa anda semua gunakan agar anakan blackthroat bisa tumbuh dengan sehat. Di antaranya :


  • Segera pisahkan indukan jantan (jika pejantan galak) saat betina sedang mengerami telur,  jika anda sudah baca artikel panduan ternak blackthroat hal ini dilakukan demi menghindari indukan mematuk anaknya sendiri
  • Jemur anakan blackthroat pada pukul 6.15 pagi 
  • Selalu jaga kebersihan kandang dari kuman dan kotoran termasuk kotorannya sendiri
  • Rutin memberi lolohan sesuai dengan prosedur diatas
  • Pisahkan anakan blackthroat di sangkar sendiri saat berusia 1 bulan dan sudah bisa makan sendiri


Jadi seperti itulah cara meloloh anakan blackthroat yang benar. Ketika telur sudah menetas, anda bisa memisahkan pejantan ke sangkar lain atau mengawinkannya dengan indukan betina yang lain untuk mempercepat produksi ternak anda.

0 Response to "√ Cara Meloloh Anakan Blackthroat Agar Cepat Besar dan Sehat"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jual Ring Burung Bebas Custom Nama,Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini