Mengenal Murai Borneo, Si Gembung Yang Sangat Istimewa

Pamor murai borneo di tanah jawa mulai naik pada sekitar tahun 2015 silam. Walaupun di kalimantan jenis murai ini sudah banyak dilombakan karena memang disana hanya membuka kelas murai lokal dibandingkan murai yang berasal dari pulau sumatra.

Saat ini hampir semua event lomba sudah membuka kelas tersendiri untuk murai borneo. Yang dulunya hanya ada kelas murai "non gembung" kini MB gembung sudah bisa merasakan dahsyatnya panggung gantangan.


Murai borneo sangat fighter saat bertemu lawan


Ada yang bilang kalau murai borneo tidak mempunyai variasi suara yang bagus dan hanya bisa ngukluk saja. Namun nyatanya semua itu hanya omongan orang semata, murai borneo juga bisa berkicau dengan suara tembakan dan banyak variasi isian.

Walaupun suara aslinya memang tidak bisa semerdu kicauan muraibatu sumatra, namun jika sudah dimasteri MB borneo juga bisa bersaing dengan murai sumatra, tergantung bagaimana cara kita untuk merawatnya agar banyak variasi kicauan.


Karakter Utama Murai Borneo (MB Gembung)

Mungkin sudah banyak kita ketahui bahwa ciri utama MB borneo adalah mengembungkan bulu dadanya ketika melihat atau mendengar suara musuh.

Di alam liar hal menandakan bahwa ia merasa terganggu dan ingin mempertahankan daerah kekuasaanya agar tidak diambil oleh MB lain.

Selain mengembungkan bulu dada, gaya tarung MB borneo juga sangat unik yaitu gaya "nyangkul". Sebutan tersebut diberikan karena saat tarung, MB borneo sangat ngotot sambil menganggukan kepala seperti orang sedang menyangkul.


Jenis Murai Borneo di Indonesia

Sebenarnya ada sangat banyak jenis dari murai borneo ini, karena setiap daerah di kalimantan mempunyai masing-masing jenis murai borneo yang berbeda. Walaupun beda namun ciri khasnya tetap sama yaitu gembung saat tarung.

Gambar murai borneo kepala putih


Berikut adalah jenis MB borneo yang paling favorit untuk dijadikan burung rumahan maupun burung gacoan di gantangan.


  1. Murai Borneo Super / Kalimantan Super
  2. Murai Bordan / Silangan Borneo dengan Medan
  3. Murai Borneo Banjar (Ekor pendek)u
  4. Murai Borneo Palangka 
  5. Murai Borneo Kepala Putih ( Murai Haji)


Daftar MB gembung diatas merupakan jenis yang paling banyak dipelihara oleh kalangan pecinta burung murai. Selain gaya tarungnya yang sangat ngotot, suara kicauanya juga tidak kalah dengan jenis Muraibatu Sumatra.


Harga Murai Borneo 

Saat ini harga murai borneo tergolong relatif sesuai dengan jenis dan kualitas yang dimiliki. Harga Murai Borneo bahan tentu berbeda dengan MB borneo yang sudah gacor.

Begitupun harga yang gacor juga tambah bervariasi lagi, bisa dilihat dari segi banyaknya isian dan mental tarung si MB borneo tersebut.

Bahkan Mb gembung milik salah satu teman saya ada yang laku puluhan juta rupiah karena sering menang di event lomba. Berikut adalah daftar harga standar pasaran agar bisa anda jadikan referensi.


Harga Standar Pasaran Murai Borneo


  • Muraibatu Kalimantan Super bahan : Rp. 700.000 - 900.000-,
  • MB Kalimantan Super Gacor : Rp. 1.300.000 - 1.700.000-,
  • Murai Borneo Banjar Bakalan : Rp. 700.000 - 850.000-,
  • Murai Borneo Banjar Gacor : Rp. 1.200.000 - 1.500.000-,
  • Murai Borneo Palangka Gacor : Rp. 1.300.000 - 1.700.000-,
  • Murai Bordan Gacor : Rp. 1.600.000 - 1.900.000-,
  • Murai Semi Gembung Gacor : Rp. 1.800.000 - 2.000.000-,
  • Murai Borneo Kepala Putih Gacor : Rp. 1.200.000 - 1.500.000-,
  • Murai Borneo Juara Latber : Rp. 3.000.000 - 5.000.000-,
  • Murai Borneo Juara Latpres : Rp. 4.000.000 - 6.000.000-,
  • Murai Borneo Juara Event Besar : 10.000.000 - 50.000.000-,



Harga diatas juga bisa berubah ubah sesuai dengan kualitas yang dimiliki masing-masing burung. Terutama harga MB borneo yang pernah juara, kualitas materi dan durasi tarungnya lah yang paling berperan menentukan harganya.


Pesan Dari Pamankicau

Walaupun MB borneo pernah dipandang sebelah mata, namun sekarang MB borneo sudah menunjukan taringnya bahwa MB gembung bisa bersaing dengan jenis MB lainya.

Sudah banyak rekan saya yang memelihara mb gembung dan malah menjadi hobi yang menguntungkan, sudah beberapa kali gacoan MB gembungnya dibeli mahal oleh juragan kalimantan, dan ada juga yang di beli oleh bos besar Brunei.

Bagi anda yang tertarik dengan Murai borneo silahkan anda bisa gabung di grup Facebook Komunitas Muraibatu Borneo Indonesia disana lah tempat untuk menampung para pecinta borneo Indonesia.

Tidak lupa juga untuk Komunitas BOSGAN yang sudah berjuang untuk mendapatkan tempat gantangan borneo di tanah jawa, dan akhirnya sekarang gantangan MB borneo sudah merajalela sampai event kelas nasional.

0 Response to "Mengenal Murai Borneo, Si Gembung Yang Sangat Istimewa"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jasa Pesan Ring Burung Bebas Custom Nama, Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini