√ 7 Tips Membuat Pakan Racikan Perkutut Agar Rajin Manggung

Dalam merawat burung perkutut ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, salah satunya adalah pakan racikan perkutut yang digunakan. Perkutut memang bukan burung yang pilih – pilih pakan. Asalkan berupa biji – bijian, ia pasti mau makan.

Pakan Racikan Perkutut


Tetapi tidak semua jenis biji – bijian bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya. Jika dibiarkan dalam jangka panjang, hal ini bisa memperlambat perkembangan tubuh burung perkutut dan membuatnya sulit gacor.

Oleh karena itu, anda semua perlu mengetahui makanan perkutut yang tepat agar rajin manggung. Apalagi jika anda ingin memulai ternak burung perkutut sebagai usaha sampingan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat racikan pakan perkutut, bahan – bahannya, serta bagaimana cara memberi pakan perkutut yang benar.


Bahan Terbaik Untuk Pakan Perkutut

Di alam bebas, biji – bijian merupakan makanan utamanya. Sehingga ketika menjadi burung peliharaan pun kita harus memberikan pakan dengan jenis yang sama.

Tetapi, kita bisa menyesuaikan racikan pakan perkutut yang diberikan agar pertumbuhan burung bisa lebih cepat dan ia bisa cepat gacor. Nah, berikut ini adalah bahan biji – bijian terbaik untuk makanan burung perkutut.


Pakan perkutut agar rajin manggung

1. Jewawut

Jenis pakan pertama yang sangat bagus untuk perkutut adalah jewawut. Biji – bijian ini bisa anda temukan di kios – kios penjual burung dimana pun anda berada.

Dengan menggunakan jewawut, asupan protein burung perkutut bisa terpenuhi. Jenis pakan ini sangat dianjurkan untuk burung perkutut yang sedang mengerami telur.


2. Beras Merah

Berikutnya ada beras merah, makanan yang juga suka dikonsumsi oleh manusia. Fungsi beras merah pada perkutut adalah untuk meningkatkan birahinya.

Pemberian beras merah biasanya dilakukan saat perkutut dijodohkan dan ketika sudah dicampur dalam satu sangkar. Dengan begitu, indukan perkutut betina akan cepat bertelur.


3. Sorgum

Sebenarnya, sorgum juga merupakan makanan yang sering dikonsumsi oleh manusia. Namun kini, sorgum lebih banyak digunakan sebagai pakan hewan ternak termasuk burung perkutut.

Pemberian sorgum secara rutin bisa meningkatkan stamina perkutut khususnya pada perkutut jantan. Namun anda perlu hati – hati sebab pakan ini bisa membuat perkutut cepat gemuk dan obesitas.


4. Kacang Hijau

Terakhir ada kacang hijau, makanan kaya serat yang juga baik untuk burung perkutut. Tetapi, ukuran dari biji kacang hijau lebih besar dibandingkan biji lainnya. Sehingga jangan berikan kacang hijau agar perkutut makan sendiri.

Jika anda ingin memberikan kacang hijau sebagai pakan perkutut, rebus dahulu kacangnya hingga agak empuk. Kemudian baru loloh satu per satu pakannya.

Selain dari ke empat jenis biji – bijian ini, burung perkutut juga suka makan gabah, milet, biji ketan hitam, dan lain – lain. Agar tidak bosan, anda juga bisa memvariasikan racikan pakan perkutut yang diberikan.


Pakan Racikan Perkutut Terbaik

Untuk meracik pakan perkutut, anda perlu menyiapkan beberapa jenis pakan di bawah ini.

  • Jewawut
  • Beras merah
  • Gabah
  • Biji kenari
  • Milet


Campurkan ke lima jenis biji – bijian ini dengan perbandingan 4:1:1:2:2 secara berurutan dari atas. Jika ingin lebih bervariasi, anda bisa menambahkan biji ketan hitam sebagai pengganti beras merah dengan porsi yang sama.


Tips Memberi Pakan Perkutut Anakan

Racikan pakan ini hanya bisa diberikan pada perkutut sudah  usia di atas 2 bulan atau yang sudah bisa makan sendiri. Sebab anakan perkutut belum bisa mencerna biji – bijian dengan baik.

Untuk anakan perkutut, anda bisa meloloh saja setiap 2 jam sekali dengan sepetan. Pakan lolohan bisa terbuat dari beras merah yang sudah di bubuk agak halus.


Tips Memberi Pakan Perkutut Dewasa

Untuk perkutut dewasa, anda bisa memberikan racikan pakan ini setiap hari atau setiap pakan sudah habis. Usahakan untuk memberikan variasi jenis biji – bijian agar perkutut tidak bosan dan terus mau makan.

Anda juga bisa menyesuaikan kondisi perkutut dengan komposisi racikan pakan. Seperti contohnya bila perkutut terlalu kurus, maka perbanyak porsi sorgum dan jewawut. Atau jika perkutut tak kunjung birahi, perbanyak porsi beras merah.

Jadi seperti itulah pembahasan mengenai pakan racikan perkutut. Dengan pakan yang berkualitas, maka kicauan dan anakan perkutut pun akan berkualitas pula.

0 Response to "√ 7 Tips Membuat Pakan Racikan Perkutut Agar Rajin Manggung"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jasa Pesan Ring Burung Bebas Custom Nama, Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini