5 Perbedaan Branjangan Jantan dan Betina Yang Paling Mudah Dilihat

Mengetahui perbedaan branjangan jantan dan betina sangat penting bila anda ingin mencari branjangan untuk burung rumahan. Sebab hanya branjangan jantan yang memiliki kicauan ngerol, gacor, dan cocok untuk dilombakan.

Perbedaan branjangan jantan dan betina


Namun bukan berarti branjangan betina tidak bisa berkicau. Ia memang bisa berkicau, namun suaranya tidak sebagus branjangan jantan dan sering putus – putus kicauannya.

Sebab biasanya, branjangan betina hanya dibeli oleh para peternak atau penghobi untuk diternak agar jumlahnya semakin banyak. Sedangkan untuk kicau mania, biasanya hanya memilih branjangan jantan saja.

Untuk mengetahui ciri branjangan jantan ombyokan atau branjangan muda hutan juga tidak tidak terlalu susah. Tetapi akan lebih mudah jika anda melihat bentuk fisiknya dari dekat.

Agar lebih jelas, kali ini kita akan membahas tentang perbedaan branjangan jantan dan betina dengan jelas.


Ciri – Ciri Branjangan Jantan

Perbedaan branjangan jantan dan betina dapat dilihat dengan jelas dari fisik dan suaranya. Nah berikut ini adalah ciri branjangan jantan yang bisa anda lihat.


1. Warna Paruh

Bisa anda lihat, warna paruh branjangan jantan yang bagian bawah lebih cerah. Biasanya warna paruh branjangan jantan adalah cokelat cerah mendekati warna putih.
Sedangkan yang bagian atas biasnaya lebih gelap meskipun tidak mendekati warna cokelat hitam.


2. Ukuran Jambul

Masih di sekitar kepala branjangan, anda juga bisa memperhatikan jambulnya. Biasanya jambul branjangan jantan, khususnya branjangan parva, lebih tinggi dan berbentuk.
Jambulnya juga akan semakin terlihat jelas ketika brajangan sedang mengeluarkan isian – isiannya hingga ngerol.


3. Ukuran Tubuh Branjangan

Berikutnya anda juga bisa mengetahui ciri branjangan jantan dari ukuran tubuhnya. Sudah pasti, ukuran tubuh branjangan jantan lebih besar daripada burung branjangan betina.
Tetapi untuk faktor yang kali ini bisa dipengaruhi juga dari tempat asal dan jenis burung branjangannya. Sebab tidak semua jenis burung branjangan memiliki ukuran tubuh yang sama.


4. Bentuk Ekor

Bentuk ekor branjangan betina dan jantan juga memiliki perbedaan. Jika anda perhatikan. Branjangan jantan memiliki ekor yang lebih lebar dan selalu mengembang.
Biasanya bentuknya bisa dilihat dengan jelas bila branjangan sedang nangkring di tenggeran sangkar.


5. Suara Kicauan

Terakhir dan yang paling jelas tentunya dari suara kicauan. Branjangan jantan memiliki kicauan yang sangat merdu, nyaring, dan bisa ngerol bila dilatih.
Memaster branjangan jantan juga sangat mudah. Apalagi branjangan bakalan yang sudah memiliki banyak isian dari hutan secara alami.


Ciri – Ciri Branjangan Betina

Setelah mengetahui ciri dari branjangan jantan, kini waktunya mengetahui ciri branjangan betina. Secara umum, ciri branjangan betina adalah semua kebalikan dari branjangan jantan. Berikut ini adalah ciri – ciri lengkapnya.


  • Warna paruh bagian bawahnya lebih gelap dan warna paruh bagian atasnya mendekati warna hitam
  • Jambul dikepala tidak terlalu besar dan tidak terlihat, namun tetap ada bila anda perhatikan dengan teliti
  • Ukuran tubuhnya jelas lebih kecil
  • Postur tubuh branjangan betina terlihat lebih bulat dan gemuk
  • Ekor branjangan betina lebih lancip dan panjang
  • Ekornya juga jarang mekar dan lebih sering tertutup
  • Kicauan branjangan betina lebih monoton dan putus – putus


Setelah mengetahui perbedaan branjangan jantan dan betina, akan timbul pertanyaan apakah branjangan betina bisa gacor? Jawabannya adalah iya, sebab semua burung branjangan bisa gacor. Hanya memaster branjangan betina jauh lebih sulit dari jantan.

0 Response to "5 Perbedaan Branjangan Jantan dan Betina Yang Paling Mudah Dilihat"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jasa Pesan Ring Burung Bebas Custom Nama, Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini