9 Cara Simpel Memaster Murai Batu Agar Bisa Cepat Masuk

Memiliki murai dengan kicauan yang bervariasi memang sangat menyenangkan. Bayangkan saja jika  semua suara burung bisa ia tirukan, pasti akan sangat indah sekali kicauannya. Apalagi Murai  khusus untuk lomba, tentu harus mempunyai suara kicauan dengan nada roll tembak yang bagus.

Jika MB mempunyai suara tembakan yang panjang saat lomba, pasti juri akan segera melirik dan akan terpesona sehingga memberikan nilai yang bagus pada gacoan kita.

Cara mudah memaster muraibatu

Agar MB punya banyak isian, kita harus melakukan sebuah pemasteran dengan suara burung lain. Namun cara memaster nya pun tidak sembarangan, ternyata ada cara khusus agar suara masteran bisa cepat masuk dalam kicauan Muraibatu.

Anda bisa menggunakan media masteran MP3 maupun burung asli, karena keduanya sama-sama efektif dan juga bagus, tinggal kita saja yang harus sabar  dan telaten saat pemastetan.

Suara Masteran Yang Bagus Untuk Muraibatu

Di bawah ini merupakan suara burung yang paling bagus untuk masteran murai batu berdasarkan kriteria dari beberapa juri EO lomba.

  • Lovebird ngekek
  • Cililin
  • Kenari
  • Kapas tembak
  • Kolibri
  • Gereja tarung
  • Tengkek buto
  • Sikatan londo.

Waktu Ideal Pemastetan Muraibatu

Ada beberapa waktu yang paling pas untuk memaster murai batu, diantaranya adalah saat murai sedang mabung, pada siang hari, malam hari, dan pada saat kondisi sedang emosi.

Menurut beberapa rekan-rekan saya, waktu tersebut sangat pas untuk memaster karena bisa cepat masuk, dan saya sudah membuktikannya sendiri.

Cara Memaster Murai Biar Cepat Masuk

Memaster Dengan Burung Asli

Memaster dengan menggunakan burung masteran merupakan salah satu cara yang paling efektif. Proses masuknya pun juga tergolong cepat mungkin hanya butuh waktu sekitar 1 minggu sampai 1 bulan, apalagi jika burung sedang dalam kondisi mabung, prosesnya bisa bertambah cepat lagi.

Bagi Anda yang sudah memiliki banyak burung masteran di rumah, namun tidak kunjung masuk ke murai anda segera lakukan cara-cara di bawah ini.

  1. Dekatkan murai anda dengan burung masteran pilihan sesuai keinginan anda.
  2. Saat melakukan pemasteran sebaiknya murai dikerodong untuk menghindari timbulnya emosi pada murai karena akan membuat murai menjadi lelah.
  3. Atur jarak burung masteran dengan burung murai, tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh atau kurang lebih 3 meter.
  4. Pemasteran yang paling efektif yaitu dengan menggunakan dua atau tiga burung masteran dalam satu rumah.
  5. Jika suara masteran sudah masuk Anda bisa mengganti dengan burung master lainnya.

Memaster Murai dengan MP3

Selain mudah dilakukan, memaster dengan MP3 ternyata juga sangat efektif. Selain itu anda tidak perlu repot memelihara dan membeli burung masteran yang mahal. Dengan audio suara MP3 anda bisa bebas memilih masteran apa saja yang anda inginkan. Berikut adalah cara memaster dengan MP3.

  1. Pastikan suara MP3 tidak Berisik dan kualitasnya jernih agar bisa didengar secara jelas oleh burung murai batu kita.
  2. Atur volume suara MP3 agar tidak terlalu keras dan tidak terlalu pelan, sehingga bisa didengar dengan nyaman.
  3. Atur juga jarak penempatan media dengan sangkar murai, jarak yang terbaik adalah tepat di bawah sangkarnya.
  4. Kemudian putarkan suara MP3 masteran pilihan anda, dan fokus pada satu jenis burung masteran terlebih dahulu selama 2 minggu sampai 1 bulan.
  5. Berikan jeda pemasteran kurang lebih selama 10 menit. Misal anda memberikan suara cililin dengan durasi 3 menit, nah setelah 1 lagu selesai, berhenti terlebih dahulu selama 10 menit, dan kemudian bisa anda putarkan lagi. 
  6. Putarkan suara masteran secara berulang-ulang setiap siang dan malam hari. Namun khusus untuk murai mabung, pemasteran bisa anda lalukan kapanpun.

Begitulah sekiranya cara memaster murai agar bisa cepat masuk. Cara di atas tergolong simpel namun membuahkan hasil yang memuaskan. Mengenai kumpulan suara burung masteran MP3 anda bisa mendownloadnya secara gratis di pamankicau. Silahkan download Kumpulan Suara Masteran Terbaik

Leave a Comment