15 Perbedaan Trotol Sogok Ontong Jantan dan Betina Paling Jelas

Perbedaan trotol sogok ontong jantan dan betina sangat penting untuk diketahui oleh para kicau mania. Sebab kedua burung ini memiliki kualitas kicauan yang berbeda. Bahkan salah satunya tidak cocok untuk diikuti lomba sogok ontong.

Sogok ontong atau burung madu sriganti ini memang dibeli karena kicauannya yang sangat bagus dan murah. Tidak sedikit pula perlombaan burung sogon yang diadakan baik dalam skala lokal maupun antar daerah dengan hadiah yang menarik.

Oleh karena itu, mengetahui ciri sogon jantan dan betina ijoan sangatlah penting. Apalagi bila anda ingin merawatnya dari trotol hingga dewasa.

Jangan sampai anda salah pilih ya!

Nah agar tidak tertukar, kali ini kita akan memberitahu beberapa perbedaan anakan sogok ontong jantan dan betina.

Ciri Sogok Ontong Jantan Anakan

1. Suara Lebih Kemricik

Suara burung sogok ontong jantan dan betina sudah jelas berbeda. Sogon jantan memiliki kicauan yang gacor dan ngeroll ketika sudah dewasa. Walau masih ijoan, bakat berkicaunya sudah mulai keliatan walau masih ngeriwik.

Sogon jantan ijoan sudah banyak ngeriwik setiap hari. Tapi jika anda baru membeli dari ombyokan, tentu ia belum mau bunyi. Biasa dalam 2 minggu perawatan sudah mulai kemricik bunyi.

2. Ekor Anakan Sogon Jantan Lebih Lebar

Ekor anakan sogok ontong Lebih lebar dan gelap
Foto ekor sogok ontong ijoan

Perbedaan ekor sogon jantan dan betina juga sangat terlihat. Bila anda perhatikan dengan teliti, anakan sogok ontong jantan memiliki bentuk ekor yang lebih lebar.

Sebenarnya, ekor sogon jantan maupun betina memiliki ukuran yang sama. Hanya saja ekor sogon jantan lebih sering mekar, sehingga terlihat seperti melebar ke samping.

3. Warna Tubuh Lebih Tajam

Perbedaan  sogok ontong jantan dan betina ijoan yang berikutnya ada pada warna tubuh burung. Untuk yang satu ini tentunya bisa anda ketahui dengan jelas tanpa perlu memegang sogon.

Warna tubuh jantan terlihat lebih cerah dan mencolok. Di bagian dadanya, terdapat warna kuning tua yang juga bisa dilihat dengan mudah.

Kemudian untuk sogon jantan, terdapat garis alis di atas matanya yang berwarna kuning cerah pula.

Jika sudah berumur lebih dari 3 bulan, anakan sogon jantan akan muncul trotol hitam di bagian paruh sampai bawah lehernya.

4. Perilaku dan Sifat

Terakhir, sogon jantan memiliki sifat yang cukup agresif yang tidak bisa diam. Biasanya burung ini akan lompat kesana kemari dan bertengger di sangkarnya bila ada sesuatu.

Dapat disimpulkan, bahwa anakan sogok ontong jantan memiliki sifat yang lebih aktif, sudah mulai ngeriwik, ekor sering mekar, dan warna tubuh yang mencolok.

Ciri Sogok Ontong Betina

Hampir semua ciri sogok ontong betina merupakan kebalikan dari sang jantan. Nah, berikut ini adalah beberapa ciri yang paling mudah anda lihat.

 

  • Sogon betina anakan jarang ngeriwik dan lebih sering diam
  • Warna tubuh sogon betina terlihat lebih pudar dan ke abu-abuan.
  • Ekor sogok ontong betina terlihat lebih panjang dan tertutup, tidak lebar seperti sogon jantan
  • Di atas mata sogon betina, terdapat alis yang lebih pendek dan warnanya agak pudar dengan warna kepala
  • Tidak ada trotol hitam disekitar bawah leher
  • Ukuran tubuh sogon betina sedikit lebih kecil
  • Suara kicauan sogok ontong betina hanya cik cik saja.

Jadi setelah mengetahui perbedaan trotol sogok ontong jantan dan betina, anda bisa mengetahui sogon mana yang ingin dibeli.

Bila ingin membeli sogon untuk gacoan dirumah, maka pilihlah yang jantan. Tetapi bila untuk pancingan atau pikatan, maka anda perlu membeli sepasang sogon.

Leave a Comment