15 Perbedaan Trotol Sogok Ontong Jantan dan Betina Paling Jelas

Perbedaan trotol sogok ontong jantan dan betina sangat penting untuk diketahui oleh para kicau mania. Sebab kedua burung ini memiliki kualitas kicauan yang berbeda. Bahkan salah satunya tidak cocok untuk diikuti lomba sogok ontong.



Sogok ontong atau burung madu sriganti ini memang dibeli karena kicauannya yang sangat merdu. Tidak sedikit pula perlombaan burung sogon yang diadakan baik dalam skala lokal maupun antar daerah dengan hadiah yang menarik.

Oleh karena itu, mengetahui ciri sogok ontong betina dan jantan muda hutan maupun dewasa sangatlah penting. Apalagi bila anda hanya ingin membeli seekor, bukan sepasang sogon untuk diternak.

Nah agar tidak tertukar, kali ini kita akan memberitahu beberapa perbedaan trotol sogok ontong jantan dan betina.


Ciri Sogok Ontong Jantan Anakan


1. Suara Lebih Kemricik

Suara burung sogok ontong jantan dan betina sudah jelas berbeda. Sogon jantan memiliki kicauan yang gacor dan ngeroll. Sedangkan betina suaranya lebih kecil dan perlu waktu lama agar bisa gacor.

Suara anakan sogok ontong jantan dan betina juga sangat berbeda. Sejak anakan, sogon jantan sudah banyak ngeriwik setiap hari. Sedangkan sogon betina anakan lebih pendiam dan umumnya baru mau bunyi ketika memasuki usia dewasa.


2. Ekor Anakan Sogon Jantan Lebih Lebar

Perbedaan ekor sogon jantan dan betina juga sangat terlihat. Bila anda perhatikan dengan teliti, sogok ontong jantan memiliki bentuk ekor yang lebih lebar.

Sebenarnya, ekor sogon jantan maupun betina memiliki ukuran yang sama. Hanya saja ekor sogon jantan lebih sering mekar, sehingga terlihat seperti melebar ke samping.


3. Warna Tubuh Lebih Tajam

Perbedaan trotol sogok ontong jantan dan betina yang berikutnya ada pada warna tubuh burung. Untuk yang satu ini tentunya bisa anda ketahui dengan jelas tanpa perlu memegang sogon.

Warna tubuh sogok ontong jantan terlihat lebih cerah dan mencolok. Di bagian dadanya, terdapat warna kuning tua yang juga bisa dilihat dengan mudah. Kemudian para sogon jantan, terdapat garis alis di atas matanya yang berwarna kuning cerah pula.

Jika sudah berumur lebih dari 3 bulan, anakan sogon jantan akan muncul trotol hitam di bagian paruh sampai bawah lehernya.


4. Perilaku dan Sifat

Terakhir, sogon jantan memiliki sifat yang cukup agresif yang tidak bisa diam. Biasanya burung ini akan lompat kesana kemari dan bertengger di sangkarnya bila ada sesuatu.

Apalagi ketika musim kawin dan sedang birahi. Sifat sogon bisa semakin menjadi – jadi dan kicauannya bisa menjadi makin ngeroll.

Dapat disimpulkan bahwa sogok ontong jantan memiliki sifat yang lebih aktif, kicauan yang lebih gacor, ekor mekar, dan warna yang mencolok.

Ciri Sogok Ontong Betina

Hampir semua ciri sogok ontong betina merupakan kebalikan dari sang jantan. Nah, berikut ini adalah beberapa ciri yang paling mudah anda lihat.


  • Sogon betina anakan jarang ngeriwik dan lebih sering diam
  • Warna tubuh sogon betina terlihat lebih pudar dan gelap
  • Ekor sogok ontong betina terlihat lebih panjang dan tertutup, tidak lebar seperti sogon jantan
  • Di atas mata sogon betina, terdapat alis yang lebih pendek dan warnanya agak pudar dengan warna kepala
  • Tidak ada trotol hitam disekitar bawah leher
  • Ukuran tubuh sogon betina sedikit lebih kecil
  • Suara kicauan sogok ontong betina tetap merdu, tetapi tidak bisa hingga ngeroll


Jadi setelah mengetahui perbedaan trotol sogok ontong jantan dan betina, anda bisa mengetahui sogon mana yang ingin dibeli. Bila ingin membeli sogon untuk gacoan dirumah, maka pilihlah yang jantan. Tetapi bila untuk pancingan atau pikatan, maka anda perlu membeli sepasang sogon.

0 Response to "15 Perbedaan Trotol Sogok Ontong Jantan dan Betina Paling Jelas"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jasa Pesan Ring Burung Bebas Custom Nama, Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini