6 Manfaat Terapi Mandi Malam Untuk Muraibatu Lomba

Semakin hari pecinta murai batu di Indonesia semakin bertambah, terutama untuk murai batu lomba. Tak heran jika setiap event lomba burung baik itu even latber, latpres, maupun Cup selalu dipenuhi oleh murai batu.

Mengingat MB juara harganya mahal, banyak pecinta murai yang menginginkan gaconya juara.



Untuk membuat agar murai bisa juara tentunya tidak bisa instan, ada berapa perawatan dan terapi yang harus dilakukan. Salah satunya adalah mandi malam untuk muraibatu lomba, terapi mandi malam ini sudah banyak diterapkan oleh para pecinta MB, bahkan tergolong hal yang umum dilakukan.

Bagi Anda yang belum tahu apa saja manfaat dari mandi malam, pas banget  pada artikel ini saya akan membahas berbagai manfaat terapi mandi malam untuk muraibatu.

Manfaat Mandi Malam Untuk Murai


1. Menurunkan birahi murai batu

Manfaat pertama mandi malam untuk MB adalah menurunkan kondisi birahi murai. Jika anda punya gacoan MB yang birahinya tinggi dan susah turun walaupun sudah potong porsi EF, lakukan saja terapi mandi malam ini.

Dengan melakukan mandi malam secara rutin, birahi pada MB akan cepat turun dan stabil. Waktu yang paling tepat untuk mandi malam adalah pukul 19.00,  setelah selesai mandi malam segera berikan jangkrik agar MB tidak kedinginan.

2. Menyetabilkan Birahi

Setelah selesai lomba, kondisi birahi dan emosi murai pasti dalam keadaan yang sangat tinggi. Tindakan yang paling tepat untuk menyetabilkan birahi nya adalah dengan cara mandi malam.

Hal ini sudah banyak di terapkan khususnya mereka yang berpengalaman di dunia murai batu lomba.


3. Merubah karakter agresif menjadi tenang

Terapi ini sangat cocok bagi Anda yang mempunyai MB dengan sifat agresif tinggi. Tipe Murai seperti ini biasanya sangat susah nagen saat main, MB cenderung ngejar lawan dan suka ngeruji karena tidak bisa mengontrol emosinya.




4. Meningkatkan daya gacor

Selain dengan makanan dan vitamin, menambah tingkat kegacoran murai batu adalah dengan pola perawatan yang tepat.

Salah satu perawatan tersebut adalah mandi malam, selain itu anda juga harus menerapkan pola rawatan lain seperti penjemuran, pengumbaran, dan pengembunan agar memperoleh hasil yang maksimal.


5. Menyembuhkan Ngelowo atau Ngebatman

Ngelowo atau ngebatman merupakan masalah yang paling serius untuk murai. Banyak orang yang frustasi karena gagal mengatasi masalah ini, dan akhirnya mereka menjual MB nya dengan harga murah.

Tentu hal ini sangat disayangkan sekali, apalagi jika murai anda mempunyai variasi isian yang banyak, lakukan saja terapi ini secara rutin. Dengan buah kesabaran dan konsisten maka lama-kelamaan ngelowo akan sembuh juga.

Untuk lengkapnya silahkan baca pembahasan saya kemaren mengenai Cara mengatasi Mb ngelowo atau Ngebatman


6. Menjinakkan murai yang masih mempunyai sifat liar

Sifat liar yang saya maksud adalah murai takut dengan manusia, dengan begitu untuk menggacorkan nya tentu sangat sulit.

Apalagi untuk lomba, kondisi di arena lomba pasti ramai dan penuh teriakan, jika dengan orang saja takut bagaimana murai akan bisa percaya diri untuk berkicau. Maka dari itu Anda harus menjinakannya terlebih dahulu.

Cara melakukan mandi malam


  1. Keluarkan murai Anda sekitar jam 4 sampai 5 sore. Biarkan berada di luar rumah agar MB tidak tidur.
  2. Berikan jangkrik sesuai dengan settingan yang anda terapkan sehari-hari.
  3. Setelah pukul 19.00 segera masukkan MB ke dalam keramba mandi, tunggu sampai ia mau mandi.
  4. Jika sudah 30 menit namun ia tidak mau mandi, segera siapkan semprotan dan semprot saja bagian bulu atasnya untuk memancing agar ia mau mandi.
  5. Setelah mandi malam selesai, masukkan kembali ke sangkar hariannya.
  6. Angin-anginkan kurang lebih selama 10 menit dan berikan jangkrik lagi.
  7. Kemudian masukkan ke dalam rumah agar ia tidak merasa kedinginan.
  8. Jika bulunya sudah kering maka segera  kerodong lagi agar ia bisa beristirahat dengan tenang.



Itulah pembahasan saya kali ini mengenai berbagai manfaat mandi malam untuk muraibatu, ternyata dengan terapi sederhana saja bisa sangat bermanfaat bagi murai.

Terapi ini tidak perlu setiap hari dilakukan jika murai anda sudah mapan, cukup lakukan sekali dalam seminggu atau dua kali dalam seminggu sudah bisa membuahkan hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat

0 Response to "6 Manfaat Terapi Mandi Malam Untuk Muraibatu Lomba"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jasa Pesan Ring Burung Bebas Custom Nama, Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini