5 Pakan Jangkrik Ternak Terbaik Agar Bisa Cepat Besar

Agar bisa sukses dalam ternak jangkrik, anda perlu tahu jenis pakan jangkrik agar cepat besar. Pastinya semakin cepat besar, semakin cepat pula anda bisa mendapatkan keuntungan dari hasil ternak rumahan bermodal kecil ini.

Pakan Ternak Jangkrik


Pada umumnya, makanan jangkrik liar adalah serangga – serangga yang lebih kecil dan sayuran yang sudah kering. Sedangkan makanan kesukaan jangkrik liar adalah telur – telur hewan kecil di pohon, tanah, atau di balik daun.

Tetapi karena sekarang anda sedang menternaknya, anda perlu memberi makanan untuk mempercepat pertumbuhan yang dibuat khusus agar tidak mati. Biasanya selain pakan harian, hewan ini juga diberi vitamin tambahan.

Nah dalam artikel kali ini, kita akan membahas semua jenis pakan ternak jangkrik untuk mempercepat pertumbuhan jangkrik.


Pepaya Muda

Salah satu pakan jangkrik pada proses pembesaran adalah pepaya muda. Selain mudah ditemukan, harga pepaya muda juga sangat terjangkau oleh berbagai kalangan peternak baik yang rumahan maupun peternak professional.

Memberikan pepaya muda untuk pakan jangkrik akan sangat membantu pertumbuhannya khususnya bila masih kecil. Hewan tersebut akan menjadi cepat besar dan tubuhnya menjadi lebih gemuk.

Selain itu pepaya muda juga bisa mempercepat produksi telur jangkrik. Sehingga jika jangkrik terlihat mau bertelur, segera perbanyak pemberian pepaya muda setiap hari. Memberi pepaya muda juga terus dilakukan hingga jangkrik berumur sekitar 2 minggu.

Bahkan di alam bebas, pepaya muda ini menjadi salah satu pakan jangkrik sawah. Sehingga memberi pakan ini tidak akan menghilangkan sifat alami pada hewan.


Voer Ayam

Berikutnya anda juga bisa memberi voer ayam sebagai pakan jangkrik supaya kuat dan bisa bertahan hidup. Memang, terkadang cuaca dan kondisi kandang yang kurang sesuai serta pakan ternak jangkrik yang tidak cocok membuat banyak jangkrik yang mati.

Oleh karena itu, pemberian voer ayam bisa menjadi jalan keluar untuk mengurangi jumlah hewan yang mati.

Biasanya jangkrik yang diberikan pakan voer berusia lebih dari 1 minggu dan sudah terlihat dewasa. Hal ini dikarenakan voer sulit dimakan oleh jangkrik yang masih kecil karena teksturnya terlalu keras.

Selain itu voer juga bisa diberikan untuk burung. Jadi bila anda menjadikan ternak jangkrik ini sebagai usaha sampingan selain ternak burung, maka anda bisa mencampurkan pakan jangkrik untuk burung.


Batang Pohon Pisang

Pakan ternak jangkrik agar cepat besar yang berikutnya adalah batang pohon pisang atau gedebog pisang yang masih segar dan baru dipotong.

Batang pohon pisang memiliki banyak kandungan air dan mineral di dalamnya. Sehingga akan sangat membantu pertumbuhan jangkrik agar cepat dewasa dan bisa cepat bertelur. Tetapi perlu anda ingat, hanya berikan batang pohon pisang yang segar saja.

Sebab bila sudah busuk dan terlalu banyak mengandung air, mereka tidak akan mau makan. Selain itu, hewan – hewan yang ada di dalam gedebog pisang busuk bisa membuat kandang jangkrik terkena virus dan bakteri.

Untuk memberikan batang pohon pisang sebagai pakan jangkrik, anda perlu memotongnya kecil – kecil terlebih dahulu. Berikan juga jenis pakan jangkrik ini secara rutin selama 3 hari sebelum panen agar jangkrik kuat ketika masuk ke plastik saat akan dijual.


Vitamin Tambahan

Terkahir, anda juga perlu memberikan vitamin tambahan agar jangkrik tidak mati. Nama vitamin untuk jangkrik yang paling banyak digunakan adalah Vitachick.

Pemberian Vitachick untuk jangkrik biasanya dilakukan dengan mencampurkannya dengan voer ayam. Sehingga mereka tetap mau memakannya, sebab bila diberikan langsung biasanya jangkrik tidak mau makan.

Itulah 4 jenis pakan ternak jangkrik agar cepat besar yang bisa anda semua gunakan. Jangan pernah telat memberi makan jangkrik bila anda tidak ingin jumlah jangkrik menjadi semakin sedikit karena saling memakan satu sama lain.

0 Response to "5 Pakan Jangkrik Ternak Terbaik Agar Bisa Cepat Besar"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jasa Pesan Ring Burung Bebas Custom Nama, Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini