5 Cara Menjinakan Sogok Ontong Dengan Mudah dan Cepat

Sogok ontong merupakan salah satu jenis burung yang bersiaft aggressive, sehingga anda perlu tahu cara menjinakan sogok ontong. Apalagi, sogon bakalan hasil tangkapan liar, biasanya belum terbiasa dengan kehadiran manusia.

Cara menjinakan sogok ontong


Tidak sedikit kasus sogon yang lepas dan kabur karena gelabakan didalam sangkar. Dengan tubuh kecilnya, sogon bisa lepas karena menerobos jeruji karena masih terlalu liar.

Mengetahui cara membuat sogok ontong jinak juga akan mempermudah anda semua dalam merawat sogon. Sebab akan sangat disayangkan dan sia-sia bila anda membeli sogon bakalan namun tidak bisa gacor.

Oleh karena itu untuk anda yang baru memiliki burung sogok ontong di onbyokan, berikut ini adalah beberapa tips dan cara menjinakan sogok ontong  bakalan yang wajib anda semua ketahui.


Cara Menjinakkan Sogon Bakalan

Berikut ini adalah ke lima cara menjinakan sogon yang perlu anda ikuti.


1. Letakan Sangkar Di Tempat Yang Strategis

Berbeda dengan jenis burung lainnya yang harus ditempatkan di tempat sepi, sangkar sogok ontong ini harus ditaruh di tempat yang banyak dilewati manusia. Contohnya seperti di depan pintu.

Sehingga sogon tidak akan takut dan mulai terbiasa dengan manusia. Atur juga tangkringan sogok ontong agar tidak terlalu tinggi. Kalau bisa, sangkar juga ditempatkan di samping sangkar burung lain sebagai cara melatih mental sogon. Bersiul setiap melewati sangkar sogon juga bisa mempercepat jinaknya sogok ontong.


2. Lakukan Terapi Lapar

Salah satu cara terbaik untuk menjinakan semua jenis burung adalah dengan melakukan terapi lapar. Yaitu dengan membiarkan burung sogok ontong lapar, baru anda memberi racikan makanan yang disiapkan.

Dengan begitu, sogon akan merasa hidupnya tergantung pada anda. Dan ia akan menjadi jinak dalam waktu yang singkat.


3. Berikan Racikan Minuman Yang Benar

Banyak orang memberi air gula sebagai pakan utama sogon. Racikan minuman ini sebenarnya bagus untuk burung sogon, namun anda harus memberikan kroto maupun EF lain setiap hari untuk memenuhi nutrisinya.

Racikan minuman khusus untuk sogok ontong yang lebih bagus adalah susu kental manis. Minuman ini juga bisa menggemukan burung sogok ontong dengan cepat. Sebab bila sogon kurus, ia akan menjadi malas bunyi bahkan bisa mati.


4. Terapi Mandi Semprot

Cara menjinakan sogok ontong yang berikutnya adalah dengan terapi mandi dengan semprotan. Terapi ini juga dilakukan untuk membiasakan sogon dengan manusia khususnya dengan anda sebagai pemiliknya.

Terapi mandi bisa dilakukan 2 hari sekali. Caranya adalah dengan menyemprotkan air ke sogon beberapa kali hingga ia basah kuyup. Kemudian, anda bisa memegang burung sogok ontong agar ia tidak takut dengan tangan manusia.


5. Memberi Kroto Langsung Dari Tangan

Yang terakhir adalah dengan cara memberi extra fooder berupa kroto langsung kepada sogok ontong dari tangan anda. Hal ini bisa membuat sogon semakin mengenal warna, bau, dan bentuk tangan anda dan membuatnya terbiasa.

Meskipun awalnya, pasti sogon yang terbiasa makan nectar dan madu tidak akan mau makan kroto. Oleh karena itu anda perlu menjadi cara melatih sogok ontong makan kroto agar terbiasa.

Sebagai tambahan, anda juga bisa membelikan pasangan sogok ontong agar ia tidak stress. Sebab sogon yang hidup sendirian akan lebih mudah stress dan bisa berpengaruh pada kualitas kicauannya.

Itulah berbagai cara menjinakan sogok ontong yang paling ampuh dan cepat. Kunci utamau menjinakan sogon bahan adalah perbanyak interaksi dengan si sogon. Setelah sogok ontong jinak, anda bisa langsung memasternya agar semakin gacor dan ngeroll.

0 Response to "5 Cara Menjinakan Sogok Ontong Dengan Mudah dan Cepat"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jasa Pesan Ring Burung Bebas Custom Nama, Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini