7 Cara Merawat Burung Derkuku Agar Rajin Manggung Setiap Saat

Burung derkuku atau biasa disebut tekukur merupakan salah satu jenis burung kicau yang kepopulerannya tidak habis dimakan jaman. Sebab sejak jaman dahulu, para penghobi burung derkuku ini seakan terus bertambah dari masa ke masa.



Kini, masih banyak pula para pencinta tekukur baru yang mencari cara merawat burung derkuku miliknya agar rajin manggung. Memang ciri khas utama dari burung ini adalah suara merdunya.

Beberapa orang juga masih percaya bahwa burung derkuku ini bisa membawa kebahagiaan, rezeki, kesejahteraan hingga menolak bala dan ilmu hitam.

Bagaimana cara merawat burung derkuku dengan benar agar bisa rajin manggung setiap saat?

Perawatan Burung Derkuku Agar Rajin Manggung

Ada beberapa perbedaan dalam merawat burung tekukur dan burung kicau lainnya. Terutama pada penempatan sangkar dan kondisi lingkungan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa cara merawat burung derkuku agar rajin manggung.

1. Berikan Pakan Terbaik

Racikan dan cara anda meracik makanan derkuku akan sangat berpengaruh pada performa kicauannya. Sebab agar burung bisa rajin manggung, anda perlu memenuhi kebutuhan gizinya dengan cara memberi makanan terbaik.

Salah satu pakan terbaik untuk tekukur adalah gabah, kacang hijau, beras merah, dan pakan biji – bijan lainnya. Pakan ini juga bisa digunakan sebagai makanan tekukur.

2. Rutin Mandikan Derkuku

Derkuku merupakan jenis burung yang kurang nyaman bila ada kotoran dalam tubuhnya. Oleh karena itu, rutin mandikan tekukur anda minimal 2 kali dalam seminggu.

Cara memandikan tekukur juga sangat mudah. Anda hanya perlu menyemprotkan air dengan semprotan secara perlahan ke seluruh tubuh burung. Atau bila anda sedang sibuk, anda bisa menyiapkan cepuk berisi air agar burung bisa mandi sendiri kapanpun ia mau.

3. Jaga Kebersihan Sangkar Tekukur

Selain tubuh, kebersihan sangkar tekukur juga bisa mempengaruhi tingkat kenyamanan burung derkuku. Sebab sangkar yang kotor akan banyak dihinggapi oleh binatang – binatang kecil yang bisa mengganggu burung derkuku anda.

Jadi, pastikan anda rutin membersihkan sangkar derkuku dengan cara mencuci wadah tempat kotoran di sangkarnya. Perhatikan juga bila ada binatang semacam kutu di sekitar sangkar yang bisa menyerang tubuh derkuku.

4. Tempatkan Sangkar Derkuku Di Tempat Yang Tenang

Derkuku juga jenis burung yang mudah stress bila bertemu banyak orang. Apalagi tempat sangkarnya berdekatan dengan hewan lain yang dianggap predator seperti tikus atau ular.

Hal ini juga bisa membuat tekukur garang dan tidak mau dipegang oleh anda sebagai pemiliknya. Jadi usahakan anda menempatkan sangkar derkuku di tempat yang tenang dan tidak dikelilingi oleh hewan lain di sekitarnya.

5. Jemur Derkuku Sembari Dilatih

Cara merawat burung derkuku yang berikutnya adalah dengan rutin melakukan penjemuran. Tetapi bukan hanya dijemur saja, derkuku juga harus sambil dilatih suaranya ketika dijemur.

Cara melatih tekukur agar rajin manggung sebenarnya ada banyak. Tetapi yang paling mudah adalah dengan memutarkan rekaman kicauan derkuku dari handphone anda dan dekatkan ke sangkar derkuku.

6. Dekatkan Derkuku Dengan Suara Alami

Di alam liar, derkuku melatih kicauannya dengan cara mendengarkan suara – suara alami seperti suara jangkrik, gemercik air, atau suara kicauan burung lain yang saling bersahutan.

Untuk menjaga ke alamian kicauan derkuku, anda juga bisa menerapkan cara ini. Yang paling mudah adalah dengan menempatkan derkuku di dekat kolam atau kamar mandi.

Secara bertahap tekukur akan mengingat suara gemericik air seperti di alam.

7. Berikan Vitamin alami

Vitamin alami untuk burung derkuku adalah kencur, namun anda juga bisa memberikan rempah lain yang sudah diracik. Bisa juga anda membeli vitamin khusus burung derkuku di kios pakan burung.

Jadi, kunci dalam cara merawat burung derkuku agar rajin manggung adalah membuat derkuku nyaman dengan lingkungan. Hindari derkuku dari predator, tempatkan sangkarnya di tempat yang tenang dan jaga kebersihan sangkar derkuku untuk mencegah datangnya penyakit.

0 Response to "7 Cara Merawat Burung Derkuku Agar Rajin Manggung Setiap Saat"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Bawah Artikel


=>> Jasa Pesan Ring Burung Bebas Custom Nama, Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini