5 Perawatan Cucak Rowo Mabung Dengan Benar Agar Cepat Tuntas

Selain mengetahui perawatan cucak rowo biar gacor, anda juga perlu mengetahui bagaimana cara merawat cucak rowo sedang mabung. Sebab mabung adalah kondisi yang sangat umum dan bisa terjadi pada semua jenis burung.



Bila di alam liar, cucak rowo bisa merawat dirinya sendiri pada masa mabung. Tetapi karena dalam kasus ini cucak rowo anda pelihara dalam sangkar, jadi insting alaminya untuk merawat diri saat mabung tidak akan muncul. Oleh karena itu, anda yang perlu merawatnya.

Sebab bila tidak dirawat dengan benar, bisa jadi cucak rowo tidak tuntas mabungnya. Dan hal ini bisa menyebabkan ia macet bahkan tidak mau bunyi lagi.

Agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan, berikut ini adalah beberapa cara merawat cucak rowo sedang mabung dengan benar.


5 Langkah Merawat Cucak Rowo Mabung


1. Pisahakan Cucak Rowo yang Mabung Dengan Burung Lain

Dalam masa mabungnya, cucak rowo akan menjadi burung yang sangat sensitive dan mudah stress. Bukan hanya oleh burung lain seperti lovebird atau cililin, cucak rowo bisa stress oleh sesama jenisnya.

Pindahkan burung sesegera mungkin ke sangkar yang lebih tertutup dan posisikan di tempat yang teduh. Anda juga boleh langsung memindahkan burung saat tanda – tanda mabung baru muncul.


2. Full Krodong Sangkar

Selama masa mabung, burung tidak boleh banyak beraktifitas termasuk berkicau. Sebab tubuhnya pasti akan lemah dan daya tahan tubuhnya menurun. Sedangkan untuk mengeluarkan kicauanya, cucak rowo membutuhkan banyak tenaga.

Agar burung tidak terpancing untuk banyak beraktifitas dan berkicau, anda perlu menutup sangkarnya dengan krodong. Hal ini juga dilakukan agar cucak rowo tidak stress dengan sekitarnya.


3. Jangan Mandikan Terlebih Dahulu

Selama burung masih mabung, anda juga tidak boleh memandikannya bahkan 1 minggu sekali pun tidak boleh. Sebab mandi bisa membuat bulu – bulunya susah rontok dan proses mabung semakin lama.

Anda baru boleh memandikan cucak rowo bila bulu halus yang seperti jarum sudah mulai tumbuh. Dan pada masa ini, anda juga tidak boleh terlalu sering memandikannya.


4. Jaga Kebersihan Sangkar

Karena anda tidak boleh memandikan burung sama sekali selama mabung, anda perlu menjaga kebersihan sangkarnya dengan cara mencuci wadah yang tempat kotoran burung setiap hari.

Jangan sampai ada hewan seperti lalat atau binatang kecil yang mengerubungi sangkar burung. Sebab hal hewan tersebut bisa membawa penyakit pada cucak rowo.

Selain itu, air minum cucak rowo juga harus diganti setiap hari. Karena saat mabung biasanya bulu halus berjatuhan di cepuk minum.


5. Berikan Pakan Yang Bernutrisi

Perawatan cucak rowo mabung yang terakhir adalah dengan memberi pakan yang bernutrisi setiap hari. Anda bisa mengurangi pakan voer dan lebih banyak memberi makanan alami seperti pepaya, pisang, jangkrik, kroto dan lain – lain.

Tentunya hal ini dilakukan agar kebutuhan nutrisi cucak rowo terus terpenuhi. Mengingat daya tahan tubuhnya sedang sangat rendah pada masa mabung, jangan lupa untuk memberikan vitamin minimal seminggu sekali.

Selama cucak rowo mabung, anda juga bisa memanfaatkan momen ini untuk memasternya. Caranya adalah memutar rekaman masteran cucak rowo di dekat sangkarnya setiap malam atau pagi hari.

Jadi itulah 5 cara merawat cucak rowo sedang mabung dengan benar agar burung bisa mabung dengan tuntas. Jangan lupa, burung tidak boleh dijemur selama mabung. Anda baru boleh menjemurnya saat tubuh cucak rowo sudah tertutup bulu semua, alias masa mabung sudah selesai.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Bawah Artikel


=>> Jasa Pesan Ring Burung Bebas Custom Nama, Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini