7 Cara Merawat Trucukan Bahan Agar Cepat Gacor dan Garuda

Bila anda memiliki seekor burung trucukan atau ingin membeli burung ini, sebaiknya anda harus mengerti perawatan trucukan bakalan. Sebab tanpa perawatan yang baik, trucukan akan lama gacornya.

Karena burung trucukan yang dijual di ombyokan merupakan burung liar yang baru di tangkap dari alam. Oleh karena itu anda juga harus sabar jika mau memelihara burung ini.

Bagaimana cara merawat trucukan bakalan yang benar? Nah, berikut ini kita akan bahas beberapa tips yang paling efektif.

cara merawat trucukan bahan/bakalan


Perawatan Trucukan Bahan

Kunci utama agar trucuk bahan cepat gacor adalah jinak dan tidak merasa takut dengan manusia maupun lingkungan sekitar. Anda bisa lakukan beberapa perawatan dibwah ini.

1. Mandi Pagi Secara Rutin

Dengan di mandikan, trucuk akan merasa nyaman dan tenang. Cara memandikan trucuk sangat mudah, cukup semprot saja dengan spray sedikit demi sedikit.

Pada dasarnya, tingkat stres burung akan menurun bila terkena air. Sehingga burung tidak akan giras ketika melihat anda maupun lingkungan sekitatar.

2. Jemur Trucukan Setiap Pagi 

Cara merawat trucukan bahan yang berikutnya adalah dengan selalu menjemur burung setiap pagi. Bukan hanya untuk menjaga tubuh dan sangkar burung dari virus, menjemur trucukan juga bisa membantu meningkatkan birahinya.

Sehingga trucukan rajin bunyi dan kicauannya akan terlatih. Selain itu, menjemur juga menjadi salah satu cara agar suara burung trucukan keras dan nyaring.

3. Beri Pakan Utama Terbaik

Biasanya trucukan yang dipelihara diberi pakan utama berupa pisang dan voer. Voer trucukan juga harus dipilih yang mengandung banyak protein agar bisa membuat kicauannya semakin gacor.

Namun untuk trucukan bahan atau bakalan yang baru ditangkap dari hutan, sebaiknya diberikan pisang sebagai makanan utamanya. Sebab tidak semua burung mau langsung makan voer dan anda perlu membiasakan trucukan makan voer dulu.

4. Rutin Berikan EF

Dengan rutin memberikan EF kepada burung setiap hari, ia akan merasa senang di dalam sangkar. Tak perlu banyak, yang penting adalah pemberiannya rutin setiap hari.

EF yang paling bagus untuk burung trucukan adalah jangkrik dan kroto. Namun bila tidak ada, anda bisa menggunakan alternative dengan ulat hongkong.

Usahakan dalam satu hari anda memberi 2 ekor jangkrik atau kroto jika ada. Usahakan pemberiannya setelah burung trucukan mandi.

5. Lakukan Terapi Lapar 

Bila anda ingin trucuk cepat gacor, anda perlu melakukan terapi lapar untuk melatih agar trucuk tidak takut dengan orang. Sebab terapi lapar adalah cara paling mudah merawat burung trucukan agar cepat jinak.

Bila sudah jinak, kedepannya anda akan lebih mudah melatih kicauan burung karena sudah tidak stress bila melihat manusia.


6. Pancing Dengan Suara Trucukan

Jika trucukan sudah mulai jinak, biasanya ia akan mulai bunyi dengan nada pelan atau ngeriwik. Saat itulah, anda mulai melatihnya dengan suara trucuk lain.

Hal ini akan melatih mental fighter trucuk, dan bisa membuat trucuk semakin percaya diri untuk bunyi.


7. Trek Dengan Trucuk Lain

Jika harian nya sudah mulai rajin bunyi, kini saatnya anda untuk melatih mentalnya. Pastikan lawan trucukan anda belum terlalu gacor, hal ini bertujuan agar mentalnya semakin terbentuk dahulu. 

Jika dirasa sudah oke, anda bisa uji coba dengan membawanya di arena lomba. 

Namun perlu anda ingat, salah satu faktor yang bisa membuat burung trucukan rajin bunyi adalah jenis burungnya. Sebab tidak semua burung trucukan memiliki potensi kicauan yang sama. Jadi pastikan anda mencari burung trucukan yang bagus dan prospek.

Jadi seperti itulah beberapa cara merawat trucukan bahan agar cepat jinak dan gacor. Pastikan anda menjalani semua langkah ini setiap hari agar proses penjinakan dan pemasterannya lebih cepat.

0 Response to "7 Cara Merawat Trucukan Bahan Agar Cepat Gacor dan Garuda"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Bawah Artikel


=>> Jasa Pesan Ring Burung Bebas Custom Nama, Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini