5 Tips Memilih Trotolan Murai Batu Yang Bagus, Prospek, & Calon Jawara

Trotolan atau anakan murai batu dapat dibedakan menjadi 3, yaitu trotol hutan, trotol tangkaran loloh indukan dan loloh pemilik. Walau sama-sama merupakan anakan MB, tapi ketiga jenis diatas mempunyai karakter yang berbeda.

Sebelum membeli trotolan MB, anda harus benar-benar memilih anakan MB yang bagus agar tidak kecewa saat ia tumbuh dewasa kelak.


Memilih Trotolan Murai Batu Yang Bagus Untuk Lomba



Untuk memilih anakan MB yang prospek, memang harus mempunyai pengalaman yang lebih. Terus bagi anda yang belum punya pengalaman mengenai trotolan Mb gimana?

Tenang saja, silahkan simak beberapa tips dibawah ini untuk memilih trotolan MB yang bagus dan bermental fighter.

Memilih Trotol Murai batu Prospek


1. Pilih Jenis Kelamin Jantan

Ini merupakan syarat wajib saat ingin membeli trotolan MB. Anda juga pasti sudah tau, hanya MB jantan yang bisa gacor dan bisa untuk dilombakan.

Jika anda masih bingung untuk membedakan anakan MB jantan dan betina, silahkan baca pembahasan saya kemaren mengenai ciri trotol murai jantan dan betina.


2. Lihat Kualitas Indukan MB

Seperti kata pepatah, buah jatuh tidak akan jauh dari pohonnya. Itu memang benar bahwa gen indukan sangat mempengaruhi kualitas anakan yang dihasilkan.

Saat ingin membeli trotolan, anda bilang saja mau melihat indukan di kandang ternak, lihat body dan volume suara saat berkicau. Selain itu, anda juga bisa bertanya apakah indukan jantan nya mantan prestasi atau MB biasa.


3. Perhatikan Katuranggan Trotolan

Jika anakan sudah dipisah di sangkar sendiri, anda bisa cermati bentuk tubuhnya. Mulai dari kepala, mata, paruh, kaki, dan ekornya. Berikut adalah bagian-bagian yang bisa anda lihat.

  • kepala berbentuk papak
  • pilih trotolan MB yang mempunyai mata besar, melotot dan pandangan terlihat tajam (sangar)
  • bentuk paruh yang tidak terlalu besar, atau bisa memilih anakan paruh celah.
  • kaki besar dan mencengkram kuat
  • bentuk ekor yang rapi dan terlihat sudah panjang.


4. Perhatikan Tingkah Laku Trotolan MB

Tingkah laku anakan MB juga bisa anda lihat, pastikan ia bergerak dengan lincah dan suara tretekannya keras. Coba amati saat ia makan, atau berikan saja kroto maupun jangkrik, pilih trotolan murai yang rakus.

Selain itu, anakan MB yang punya mental fighter nya bagus akan sering ngeplay saat di dekati atau saat mendengar suara yang agak keras. Pilih juga trotol yang tidak terlalu jinak dan manja saat melihat orang.


5. Pilih dengan Feeling Anda

Ketika anda menjumpai beberapa trotolan MB yang spek nya seperti diatas. Dan anda bingung mau pilih mana yang paling bagus, langsung gunakan saja feeling anda.

Orang jawa bilang, sing penting yakin. Nah kata bijak tersebut bisa anda gunakan jika kebingungan saat memelih trotol MB karena merasa semuanya bagus.

Itulah beberapa cara yang saya lakukan untuk memilih trotolan MB di peternak. Pastinya merawat trotol membutuhkan kesabaran karena butuh waktu 2 tahun agar MB siap di lombakan.

Namun kita bisa memasteri dengan suara apa saja yang kita inginkan dan beberapa tahun kedepan, lomba MB akan wajib memakai ring.

Semoga bermanfaat untuk rekan-rekan pamankicau semua ya. Terimakasih

0 Response to "5 Tips Memilih Trotolan Murai Batu Yang Bagus, Prospek, & Calon Jawara"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Bawah Artikel


=>> Jasa Pesan Ring Burung Bebas Custom Nama, Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini