5 Cara Menaikan Birahi Lovebird Jantan Dengan Cepat & Aman

Terkadang birahi lovebird tiba-tiba naik bahkan sampai over tanpa kita sadari. Padahal kondisi ini tidak sedang kita inginkan. Ada juga yang sengaja mau menaikan birahi eh malah lama sekali tidak naik-naik.

Cara mudah menaikan birahi lovebird jantan
Jenisburung.co

Kondisi birahi lovebird tergantung pada lingkungan, perawatan, dan makanan yang kita berikan. Ketiga itulah faktor utama yang bisa membuat lovebird menjadi naik birahi.

Lovebird jantan akan tampil maksimal di arena lomba jika birahinya tinggi, bahkan sampai jebol birahi. Jika anda merasa LB jantan gacoan sangat susah untuk naik birahi, coba terapkan beberapa rawatan dan tips ini ya.

 

Tips Menaikan Birahi Lovebird Jantan

 

1. Penempatan Kandang

Lingkungan sangat mempengaruhi kondisi birahi lovebird, apalagi untuk lovebird jantan. Agar birahinya mudah naik, tempatkan gacoan anda di sekitar lingkungan kandang ternak atau di dekat koloni lovebird.

Jika anda hanya punya beberapa lovebird saja, bisa juga dengan cara dilihatkan dengan Lb lain dari kejauhan setiap hari.

 

2. Berikan Pakan Campuran

Selanjutnya adalah makanan harian, faktor makanan tentu sangat mempengaruhi naik turunnya birahi lovebird. Agar birahinya cepat naik, anda bisa memberikan Pakan campuran khusus.

Berikan milet putih yang sudah dicampur dengan canaryseed dengan perbandingan 50:50. Sebenarnya pakan perkutut juga bagus, tapi ada sebagian kasus yang membuat bulu LB menjadi rontok ketika diberi pakan perkutut ini.

 

3. Berikan EF Setiap Hari

Selain memberikan pakan campuran, anda juga harus memberi makanan tambahan (EF) setiap hari saat proses menaikan birahi lovebird. EF yang paling disukai dan bisa menaikan birahi dengan cepat adalah kangkung.

Namun terkadang LB bosan jika hanya diberi kangkung saja, oleh karena itu berikan juga jagung secara bervariasi. Misal minggu diberi kangkung, maka senin berikan jagung dan begitu seterusnya.

 

4. Jemur kencang

Langkah ke empat yang bisa anda lakukan untuk menaikan birahi LB secara cepat adalah menjemur setiap hari. Anda bisa menaikan durasi penjemurannya setiap hari.

Yang biasanya anda menjemur 30 menit setiap hari, pada proses ini anda bisa menjemur selama 1jam setiap hari. Penjemuran yang bagus adalah antara pukul 06.30 sampai dengan pukul 08.00. Lebih dari jam itu sudah sangat panas dan membuat LB sering merasa kepanasan jika dijemur terlalu lama.

 

5. Mandi Semprot 2 Hari Sekali

Mandi merupakan cara alami lovebird untuk menurunkan birahi dan suhu tubuhnya. Saat anda menginginkan birahi lovebird menjadi tinggi, kurangilah porsi mandi hariannya.

 
Cek 👉 : Jual Ring Burung Tulis Nama Sendiri, Garansi Paling Murah!!
 

Anda bisa memandikan dengan cara semprot halus saat pagi hari sebelum dijemur. Cukup semprot setengah kering saja dan selanjutnya lanjut dengan penjemuran.

Itulah 5 cara paling cepat untuk menaikan birahi lovebird jantan menurut pengalaman saya. Lakukanlah dengan telaten dan penuh kesabaran, dalam 1-2 minggu saja pasti sudah ada perubahan yang signifikan. Setelah naik birahi anda bisa lalukan tahap jebol birahi agar bisa konslet.

Ada masukan lain? Silahkan tambahkan pengalaman anda di kolom komentar ini ya.

Semoga bermanfaat untuk rekan-rekan semua ya. Terimakasih

   

Leave a Comment