5 Jenis Derkuku Yang Paling Banyak Dipelihara Di Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak jenis-jenis burung derkuku di dalamnya. Mengingat kondisi wilayah Indonesia yang masih dipenuhi oleh ladang dan persawahan menjadi salah satu penyebab banyaknya spesies burung derkuku yang hidup di sini.

Habitat asli dari burung derkuku atau dalam bahasa latin disebut Spilopelia ini memang di daerah ladang gandum, padi, atau persawahan. Sebab makanan utama mereka adalah biji – bijian. Dan pada jaman dahulu, burung ini dianggap salah satu binatang hama yang mengganggu petani.

Tetapi saat ini, burung derkuku malah menjadi salah satu burung kicau yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia. Suaranya yang merdu, menjadi salah satu daya tarik burung ini.

Jenis – Jenis Burung Derkuku Yang Paling Terkenal

Di Indonesia sendiri, ada lebih dari 10 jenis burung derkuku dari total sekitar 41 jenis yang tersebar di seluruh Asia dan Australia. Tetapi kita tidak akan membahas semua jenis – jenis burung derkuku.

Kali ini, kita hanya akan membahas jenis – jenis burung derkuku yang paling terkenal dan paling mudah dipelihara.

1. Streptopelia

Streptopelia merupakan salah satu jenis burung derkuku yang paling banyak dipelihara oleh para kicau mania di Indonesia. Burung ini juga sering disebut dengan nama tekukur.

Ada 2 jenis streptopelia yang tersebar di Indonesia yaitu Streptopelia Bitorguata atau burung putar dan Streptopelia Chinensis atau burung tekukur. Dan keduanya sama – sama banyak dipelihara karena kicauannya yang merdu.

2. Geopelia

Jenis burung derkuku selanjutnya adalah jenis Geopelia. Di Indonesia jenis burung derkuku ini lebih sering disebut dengan nama burung perkutut.

Ada 3 jenis burung geopelia yang bisa anda semua temui di dunia. Yaitu Geopelia Striata atau perkutut jawa, Geopelia Humeralis atau perkutut Australia dan Geopelia cuneata atau perkutut tutul.

Sesuai dengan namanya, perkutut jawa berhabitat asli di Pulau Jawa. Sedangkan perkutut Australia dan perkutut tutul berhabitat asli di Australia barat dan utara.

3. Macropygia Unchall

Macropygia Unchall adalah jenis burung derkuku yang pertama. Masyarakat Indonesia lebih sering menyebut burung ini dengan nama burung derkuku hutan atau uncal loreng.

Macropygia Unchall juga tersebar di beberapa negara Asia Tenggara seperti Thailand, Kamboja, Myanmar, Malaysia, dan Vietnam. Sedangkan di Indonesia, burung ini bisa ditemui di daerah Bali, Kalimantan, dan Jawa.

4. Columba Domestica

Berikutnya ada Columba Domestica atau yang biasa disebut burung merpati. Pastinya, anda semua sudah tidak asing dengan jenis burung derkuku yang satu ini.

Burung derkuku jenis Columba sendiri bisa dibagi menjadi 2 jenis yaitu Columba Domestica dan Columba Livia. Burung merpati yang banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia adalah Columba Domestica alias merpati jinak. Sedangkan Columba Livia biasanya hanya tinggal di kawasan hutan saja.

5. Caloenas Micobarica

Jenis burung derkuku yang berikutnya adalah Caloenas Micobarica atau dalam bahasa Indonesia disebut burung dara. Sama seperti burung merpati, pastinya anda juga sudah tidak asing dengan jenis derkuku yang satu ini.

Caloenas Micobarica merupakan salah satu jenis burung derkuku yang persebarannya paling luas di seluruh dunia. Burung ini juga dianggap sebagai symbol kesetiaan dan cinta sejati di banyak negara.

Demikianlah beberapa jenis burung derkuku yang paling terkenal dan paling banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia. Setelah mengetahui apa saja jenisnya, kini anda hanya tinggal memilih ingin jenis derkuku mana yang ingin dipelihara.

Categories Derkuku
 
Cek 👉 : Jual Ring Burung Tulis Nama Sendiri, Garansi Paling Murah!!
   

Leave a Comment