5+ Manfaat Mandi Air Garam untuk Murai Batu dan Caranya yang Aman

Tidak banyak orang tahu bahwa ternyata ada banyak manfaat mandi air garam untuk murai batu. Baik untuk meningkatkan fungsi otot pernapasan burung maupun untuk menurunkan tingkat stress burung murai yang masih baru. Terapi mandi garam ini juga cocok sebagai pendinginan atau relaksasi setelah burung selesai kontes.

 

Garam memang terkenal memiliki banyak kandungan mineral dan yodium yang sangat baik untuk tubuh manusia maupun hewan. Namun untuk burung, garam ini hanya digunakan untuk mandi saja. Bukan untuk dijadikan air minum atau dikonsumsi sebagai campuran pakan.



 

Selain itu, manfaat mandi air garam untuk murai batu hanya efektif bila dilakukan 1 atau 2 kali saja dalam seminggu. Jadi Anda tidak perlu melakukannya setiap hari atau bahkan setiap murai mandi.

 

5 Manfaat Mandi Air Garam untuk Murai Batu

Jika Anda belum pernah atau bahkan masih ragu memandikan murai dengan air garam, berikut ini adalah beberapa khasiat yang bisa murai batu dapatkan.

 

1. Menjaga Kecantikan Bulu Murai

Seperti yang Anda semua ketahui, burung murai batu terkenal akan kecantikan bulunya, khususnya di bagian bulu ekornya yang panjang. Nah dengan rutin memandikan murai setiap 2 kali seminggu, Anda bisa menjaga bulu burung tetap mengkilap dan bersih.

Hal ini dikarenakan semua kotoran yang ada di permukaan bulu murai bisa terangkat dengan bantuan garam. Bahkan bakteri – bakteri yang ada sela terdalam bulu burung pun akan mati.

 

2. Mencegah Kutu dan Gatal – Gatal pada Murai Batu

Masih berhubungan dengan bakteri dan kotoran, kedua hal ini jugalah yang menyebabkan murai batu sering garuk – garuk bahkan ketika sedang berkicau. Bahkan pada kasus yang parah, burung bisa mencabuti bulu – bulunya sendiri karena gatal namun tidak bisa digaruk.

Mengingat semua bakteri dan kuman di tubuh murai akan mati ketika dimandikan dengan air garam, sudah pasti masalah gatal ini akan teratasi dengan cepat.

 

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

3. Merelaksasi dan Menjaga Fungsi Otot Burung Murai

Otot di bagian dada sangat mempengaruhi pernapasan murai. Hal inilah yang membuat murai bisa mengeluarkan isiannya dalam durasi panjang.

Jika otot pernapasannya kaku dan tegang, maka durasi ngekeknya menjadi jauh lebih singkat. Itulah mengapa kami menyarankan Anda untuk memandikan murai dengan air garam setelah selesai lomba atau latihan berat.

 

4. Meningkatkan Nafsu Makan

Untuk manfaat yang berikutnya ini berhubungan dengan tingkat stress pada murai batu. Sebab seperti yang dikatakan tadi, manfaat mandi air garam untuk burung murai salah satunya adalah untuk menurunkan tingkat stress, khususnya untuk murai yang masih beradaptasi dengan tempat baru.

 

5. Membuat Murai Merasa Nyaman Dengan Lingkungannya

Manfaat yang terakhir sebenarnya bukan membuat murai nyaman dengan lingkungan barunya secara instan. Namun untuk meningkatkan mood burung murai sehingga ia bisa menerima lingkungan yang baru.

 

Cara Memandikan Murai Batu dengan Air Garam

Memandikan murai batu dengan air garam tidak bisa dilakukan sembarangan. Karena akan ada masalah baru bila garam terkena mata, hidung, mulut, dan dubur burung. Oleh karena itu, ikuti cara paling aman memandikan murai batu dengan air garam berikut ini.

  1. Pertama – tama, siapkan air hangat yang sudah dilarutkan dengan setengah sendok teh garam
  2. Kemudian pengang murai batu di tangan kiri dan handuk kering di tangan kanan
  3. Celupkan handuk ke air garam, kemudian basuh
  4. Jangan sampai air garam mengenai mata, mulut, hidung, dan dubur burung
  5. Biarkan hingga sekitar 5 menit
  6. Masukan kembali murai ke sangkar, lalu bilas tubuhnya dengan menyemprotkan air biasa

 

Demikianlah cara dan manfaat mandi air garam untuk murai batu. Bila Anda ingin burung murai semakin gacor, jangan lupa berikan vitamin Maxiplus sebagai dopping hariannya.

Leave a Comment