5 Mengatasi Kacer Cuma Nyiul Agar Cepat Ngoceh Bervariasi

Beberapa dari anda mungkin menganggap kacer yang cuma bisa nyiul tidak perlu diberi perawatan tambahan apa-apa. Padahal ada cara mengatasi kacer cuma nyiul untuk memancing isiannya agar bisa cepat gacor. Sebab tanpa latihan yang tepat, anda bisa menunggu lama hingga kacer benar – benar gacor dan siap diikutkan kontes.

Jika kacer yang masih berumur di bawah 7 bulan dan hanya bisa nyiul mungkin hal ini bukan masalah besar. Tapi jika umur kacer sudah di atas 7 bulan dan belum ada tanda – tanda kicauan yang panjang dan ngeplong, artinya proses perawatan yang anda terapkan mungkin tidak tepat.

Oleh karena itu, kami akan memberikan tips perawatan yang tepat untuk mengatasi kacer cuma nyiul.

 

Apa Penyebab  Kacer Hanya Nyiul Saja?

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, penyebab yang paling umum kacer cuma bisa nyiul dan ngeriwik – ngeriwik pendek adalah karena masih di bawah umur. Sehingga ia belum punya banyak isian karena belum mendengar banyak variasi suara burung.

Tetapi bila kacer anda sudah dikategorikan sebagai umur dewasa dan masih hanya nyiul, mungkin beberapa faktor di bawah ini bisa jadi penyebabnya.

  • Kurang birahi
  • Jarang diterapi atau dilatih
  • Cara melatihnya salah
  • Stress atau belum terbentuk mental fighter
  • Baru selesai mabung
  • Kurang jemur
  • Jarang di embunkan
  • Jarang diumbar

 

Selain itu, proses mabung yang tidak tuntas dengan sempurna juga bisa menyebabkan kacer hanya nyiul setiap harinya, meskipun sebelumnya pernah gacor. Jadi untuk kasus seperti ini, anda perlu melakukan perawatan untuk mengatasi masalahnya.

 

Gimana Cara Mengatasi Kacer Hanya Nyiul Agar Ngeplong

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk atasi masalah kacer nyiul ini. Tapi kami akan berikan 4 cara ampuh yang bisa membuat kacer anda ngeplong lagi dengan cepat.

 

1. Terapi Audio

Salah satu penyebab kacer cuma bisa nyiul adalah karena ia belum pernah dengar suara – suara kicauan burung masteran baik di alam bebas maupun hasil rekaman. Tapi karena agak sulit bila harus memperdengarkan suara asli dari burung masteran liar, maka anda bisa menggunakan hasil rekaman saja.

Caranya dengan download suara masteran burung kacer, kemudian masukan kacer ke dalam sangkar dan bawa ke tempat yang sunyi. Setel rekaman masteran tersebut hingga selesai atau minimal sekitar 30 menit setiap hari.

 

2. Setting Birahi Harian Agar Stabil

Bukan hanya overbirahi, kurang birahi juga merupakan masalah pada tiap burung kicau, termasuk kacer. Hal ini membuat kacer malas bunyi dan cuma mau nyiul saja. Untuk mengatasinya, anda perlu membuat settingan birahi harian kacer agar stabil, tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah.

Sebenarnya tiap burung kacer punya karakteristik yang berbeda – beda dan settingan yang berbeda pula, jadi anda perlu bereksperimen sendiri. Tapi sebagai permulaan, anda bisa coba dengan 3 ekor sebelum dijemur, 2 ekor siang hari, dan 1 ekor di malam hari.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

 

3. Jangan Buka Krodong Sebelum Kacer Selesasi Mabung

Salah satu penyebab kacer ngeriwik setelah mabung atau cuma nyiul adalah karena krodongnya sudah dibuka sebelum mabung benar – benar tuntas. Sehingga proses mabungnya bisa dibilang gagal karena stress.

Jadi pastikan anda memperhatikan proses mabung kacer dengan teliti. Untuk melihatnya, anda bisa mengintip lewat krodongnya saja.

 

4. Bentuk Mental Fighter

Untuk yang satu ini mungkin butuh proses yang cukup panjang bila anda baru mulai saat burung sudah dewasa. Tetapi telat membentuk mental kacer bukan berarti tidak bisa dilakukan sama sekali.

Intinya anda hanya harus tekun melakukan latber dan membentuk mental fighter. Bila anda punya burung kicau lain yang sudah master, mungkin proses ini akan jadi lebih simple.

 

5. Berikan Vitamin Tambahan

Selain dengan perawatan, anda juga harus menambah sebuah vitamin atau suplemen terbaik untuk kacer. Vitamin adalah pelengkap dari perawatan, sehingga performa kacer akan semakin maksimal.

Anda bisa menggunakan vitamin Maxiplus yang merupakan vitamin terbaik produksi dari pamankicau. Teteskan Maxiplus pada air minum seminggu sekali untuk mendongkrak power dan menjaga kesehatannya.

 

Itu saja untuk cara mengatasi kacer cuma nyiul dan penyebabnya. Selama anda melakukan langkah ini setiap hari, dijamin kacer anda bisa ngeplong lagi dengan cepat.

     

Leave a Comment