7 Jenis EF Terbaik untuk Murai Batu dan Khasiatnya

Pemberian EF sangat penting untuk pertumbuhan serta kualitas kicauan burung, jadi Anda perlu memberi EF terbaik untuk murai batu agar cepat gacor. Perlu Anda ketahui juga, ada banyak jenis ekstra fooding untuk berbagai macam burung kicau seperti lovebird, murai, jalak atau bahkan burung beo.

 

Makanan murai batu di alam liar umumnya berupa buah, serangga dan beberapa jenis ikan kecil. Hal ini bisa Anda ketahui melalui bentuk paruh burung murai yang berukuran kecil dan lebih lancip. Sehingga bisa menggapai serangga – serangga yang ada di sela kayu.

 

Namun jika dipelihara, murai kebanyakan hanya diberi makan pelet atau voer saja. Bukannya tidak bagus, tetapi Anda juga perlu memberi tambahan makanan murai agar cepat gacor. Salah satunya adalah dengan pemberian EF.

 

7 Jenis EF Terbaik untuk Murai Batu dan Khasiatnya

Seperti yang dikatakan tadi, ada banyak jenis ef untuk burung kicau, tapi kali ini kita hanya akan membahas 7 jenis EF terbaik untuk murai batu dan khasiatnya.

 

1. Jangkrik

Jangkrik merupakan salah satu makanan asli murai batu di alam liar. Dan seperti yang Anda semua ketahui, ef ini bisa meningkatkan birahi murai serta meningkatkan kualitas kicauannya secara bertahap.

Bila diperhatikan, hampir semua burung murai liar atau bakalan memiliki suara yang sudah gacor. Hal tersebut karena tiap hari, murai akan makan jangkrik liar langsung di hutan.

 

2. Ulat Hongkong

EF yang berikutnya ini sangat baik untuk diberikan ketika murai batu masih dalam masa pertumbuhan. Sebab ulat hongkong mengandung lemak yang cukup tinggi dan sangat baik untuk mempercepat pertumbuhan tubuh murai.

Harga ulat hongkong sendiri sangat terjangkau. Dengan membeli 10 ribu saja, Anda sudah mendapatkan pasokan EF untuk satu minggu.

 

3. Kroto

Dibandingkan ulat hongkong, sudah jelas harga kroto lebih mahal dan lebih sulit ditemukan. Tapi jangan salah, kroto juga memiliki lebih banyak manfaat dan dianggap sebagai salah satu EF terbaik untuk murai batu.

Kroto atau telur semut ini digunakan untuk meningkatkan birahi murai ketika lomba maupun ketika dilatih. Sehingga akan mempercepat proses pemasteran burung hingga gacor.

 

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

4. Madu

Berikutnya ada madu, salah satu minuman yang bagus untuk murai batu. Pemberian madu secara berkala dapat meningkatkan stamina murai agar tidak gampang loyo ketika lomba maupun ketika latihan.

Tetapi khasiatnya akan lebih terasa bila Anda memberikan madu alami, bukan madu dalam kemasan. Sebab madu kemasan sudah dicampur dengan gula yang justru bisa membuat murai jadi serak.

 

5. Tulang Sotong

Bila Anda ingin ternak murai batu, pemberian EF yang satu ini akan mempermudah dan bisa menaikan omzet bulanan Anda. Sebab pemberian tulang sotong untuk murai batu bisa mempercepat proses pembuahan serta meningkatkan birahi pada murai.

Namun jangan berikan EF ini selain untuk indukan murai yang ingin dikawinkan, sebab bisa menyebabkan over birahi dengan cepat.

 

6. Ikan Guppy

Tidak banyak orang yang tahu bahwa ikan guppy bisa membantu pemasteran dan menambah isian murai. Sebab EF ini akan membantu meningkatkan fungsi otak burung dan memudahkannya dalam meniru kicauan burung lain.

 

7. Telur Rebus

EF terbaik sekaligus paling mudah ditemukan untuk burung murai yang terakhir adalah telur rebus. Namun yang boleh diberikan hanya bagian putih telurnya saja. Pemberian telur rebus pun bisa dicampur dengan jangkrik dan kroto agar khasiatnya lebih maksimal.

 

Demikianlah 7 jenis EF terbaik untuk murai batu yang wajib Anda berikan secara berkala. Tetapi jangan lupa, EF ini hanya diberikan sebagai pakan tambahan saja, bukan pakan utama. Karena bila berlebihan, murai bisa menjadi obesitas, overbirahi, dan menjadi macet bunyi.

Leave a Comment