7 Manfaat Daun Krokot Untuk Lovebird agar Suaranya Makin Nyaring

Tidak banyak kicau mania yang tahu akan manfaat daun krokot untuk lovebird. Padahal daun ini adalah salah satu tanaman herbal liar yang bisa ditemukan hampir dimana saja di Indonesia. Bahkan di daerah – daerah pinggir kota pun masih banyak ditemui daun krokot.

 

Sebenarnya bukan hanya untuk lovebird, daun krokot ini juga bermanfaat untuk burung kicau bertubuh kecil lainnya seperti kenari dan parkit. Bahkan untuk manusia sekalipun, daun ini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah hepatitis atau sakit kuning yang berhubungan dengan organ ginjal.

 

Sedangkan untuk lovebird dan kenari, khasiat yang diberikan berhubungan dengan power serta staminanya ketika di gantangan. Oleh karena itu, ketahuilah bermacam manfaat daun krorokot untuk lovebird Anda melalui artikel berikut ini.

 

Apa Itu Daun Krokot?

Sebenarnya sebutan untuk daun krokot di Indonesia cukup beragam. Beberapa dari Anda mungkin lebih mengenal tanaman ini dengan nama daun gelang atau tanaman gelang. Sedangkan masyarakat Indonesia timur lebih sering menyebutnya dengan nama tanaman jalu – jalu tiki.

 

Tetapi dalam bahasa Inggris, tanaman ini bernama little hogweed atau common purslane. Umumnya tanaman ini hidup di rerumputan dan lebih mudah ditemui di daerah pegunungan dan dataran tinggi. Sedangkan di pinggir kota, daun krokot biasanya banyak tumbuh di daerah yang teduh dan agak lembab.

 

Ciri – Ciri Daun Krokot

Agar tidak salah memberi tanaman ke burung lovebird, ada baiknya Anda ketahui dulu ciri daun krokot. Sebab tanaman ini punya bentuk yang tidak jauh berbeda dengan tanaman – tanaman herbal lainnya.

Nah berikut ini adalah ciri daun krokot :

  • Daunnya berwarna hijau dan berbentuk bulat seperti telur
  • Ukuran tiap daunnya tidak lebih dari 3 cm
  • Batangnya beruas dan warnanya agak merah kecokelatan
  • Umumnya terdapat banyak bunga berwarna kuning di tiap pangkal cabang tanaman krokot

Untuk referensi yang lebih lengkap, Anda bisa melihat foto di pencarian Google dengan kata kunci Portulaca Oleracea, nama latin dari daun krokot. Atau Anda bisa mencari di toko – toko online yang menjual tanaman herbal.

 

Manfaat Daun Krokot untuk Lovebird

Daun krokot terkenal akan kandungan omega – 3 dan bermacam vitamin yang ada di dalamnya. Dalam tanaman ini, terdapat pula asam linolenat, Vitamin A, Kalsium, Kalium, asam amino, dan berbagai macam mineral.

 

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

Jika diberikan kepada burung secara berkala, ada banyak khasiat yang bisa dirasakan oleh lovebird. Di antaranya adalah :

  • Meningkatkan stamina burung lb ketika sedang dilatih master maupun ketika digantang
  • Menyaring suara lovebird dan membuat suaranya lebih merdu
  • Membuat lovebird lebih ngedur ketika dilombakan
  • Meningkatkan power dari kicauan burung

Khasiat ini hanya bisa didapatkan bila daun krokot diberikan setiap hari secara rutin.

 

Bagaimana Cara Pemberian Daun Krokot untuk Lovebird?

Untuk cara pemberiannya, Anda perlu membersihkan dan mengeringkan daun krokot ini di jeruji sangkar burung dahulu. Lalu jemur hingga daun benar – benar kering dan tidak mengandung air sama sekali.

 

Jika sudah, giling daun krokot hingga menjadi tepung dengan menggunakan blender maupun dengan cara tradisional. Lalu berikan tepung daun krokot ini ke jangkrik setiap hari di malam hari.

 

Jadi ramuan daun krokot ini tidak diberikan langsung ke burung lovebird. Melainkan ke jangkrik yang nantinya akan diberikan sebagai EF burung. Jika Anda ingin memberikan vitamin yang diberi langsung ke burung agar cepat gacor, kami sarankan menggunakan Bosch – Max saja.

 

Demikianlah manfaat daun krokot untuk lovebird dan cara pemberiannya dengan benar. Jangan lupa, jangkrik yang sudah diberi daun krokot juga bisa diberikan ke burung kenari maupun parkit agar cepat gacor.

Leave a Comment