7 Sifat Kucing Maine Coon yang Wajib Anda Tahu

Tubuhnya yang mirip dengan singa membuat banyak orang mengira sifat kucing maine coon adalah kucing yang galak dan menakutkan. Padahal kucing ini punya karakteristik kebalikannya 180 derajat. Bahkan, kucing-kucing lokal malah lebih galak dibandingkan kucing maine coon.

 

Perawakan kucing maine coon memang besar, tinggi, dan bulunya lebat, khususnya di bagian leher. Hal ini dikarenakan di daerah asalnya, di State of Maine, US, Maine coon membutuhkan bulu yang tebal untuk bertahan hidup dari suhu dingin.

 

Sedangkan badannya yang besar didapat karena kucing ini keturunan salah satu kucing tertua di Amerika Serikat, dimana kebanyakan ukuran tubuhnya sangat besar seperti macan.

 

7 Sifat Kucing Maine coon

Bila Anda punya rencana beli kucing maine coon atau ingin adopsi di shelter, sebaiknya kenali dulu sifat-sifat kucing ini agar tidak kaget waktu merawatnya nanti.

 

 

Penyayang

Yang pertama, maine coon adalah kucing yang sangat penyayang terhadap majikannya. Kucing ini bisa menunjukan rasa kasih sayang dengan berbagai cara, misalnya:

  • Mengeluarkan suara seperti mendengkur waktu sedang dielus
  • Sering tidur di dekat majikannya
  • Sering menggosok-gosokan badannya ke kaki

Semua perilaku ini adalah tanda bahwa kucing Anda sedang menunjukan ekspresi kasih sayangnya.

Bahkan, kadang maine coon memberi hadiah buruan kepada majikannya.

 

Salah Satu Kucing Paling Aman untuk Dipelihara

Walaupun pada dasarnya semua ras kucing, baik itu persia, munchkin, anggora, dan lainnya, lebih aman untuk dipelihara dibandingkan anjing, tapi ada kucing yang punya sifat agresif.

Tingkah angresif kucing memang tidak semembahayakan anjing, dimana mereka bisa melukai orang lain cukup parah.

Tapi untuk rumah yang di dalamnya ada anak kecil, khususnya anak bayi, perilaku agresif kucing bisa membahayakan mereka.

Kucing maine ccon sendiri tergolong kucing paling aman untuk dipelihara sebab ia punya karater yang lebih calm dan tenang. Selama tidak diganggu dengan sengaja, kucing maine coon tidak akan menyerang orang lain.

 

Membutuhkan Banyak Exercise

Satu hal yang harus Anda ingat bila ingin beli kucing maine coon adalah kita harus sering membawa jalan dan olahraga dengan kucing ini.

Sebab, maine coon punya energi yang sangat besar, berkat perawakannya yang juga besar seperti singa. Sehingga tinggal di dalam ruangan saja tidak cukup untuk menghbiskan semua energi tersebut.

Kucing maine coon yang jarang exercise bisa terserang berbagai macam penyakit, otot-ototnya tidak berkembang, dan sering berisik waktu malam hari.

Selain itu, exercise juga bisa jadi cara menjinakan kucing maine coon yang baru diadopsi agar kita bisa semakin dekat dengan kucing.

 

Mengeluarkan Suara yang Berisik Waktu Berjalan

Tidak seperti kucing pada umumnya yang bisa bergerak dengan cepat tanpa terdengar langkah kakinya, maine coon justru mengeluarkan suara langkah kaki ketika sedang berjalan.

Hal ini dikarenakan jari kucing maine coon jumlahnya ada 6, sedangkan kucing lainnya hanya punya 4 jari.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

Di malam hari, suara langkah kakinya ini bisa agak berisik dan mengganggu tidur.

 

Mudah Beradaptasi

Sebagai kucing yang berasal dari daerah dingin, maine coon bisa beradaptasi dengan sangat cepat di Indonesia yang cuacanya jauh lebih panas.

Bukan hanya itu, ia juga bisa beradaptasi di tempat baru dengan baik. Sebab kucing ini tidak mudah stress bila bertemu orang baru, sehingga di rumah yang dikelilingi orang tidak dikenal pun dia bisa tetap tenang.

 

Pintar

Maine coon adalah salah satu kucing paling pintar dibandingkan ras yang lain.

Kucing ini bisa menangkap mangsa dengan cara yang tidak biasa. Ditambah lagi dengan energi dan kekuatan berlarinya yang sangat cepat, semua tikus, kadal, bahkan ular di rumah Anda pasti akan banyak yang ditangkap.

Hasil tangkapannya ini akan diberikan kepada kita sebagai majikan dengan ditaruh di depat pintu kamar.

Kebiasaan menaruh hasil buruan di depan kamar majikannya adalah salah satu bentuk kasih sayang kucing sekaligus memberi tahu bahwa ia bisa berburu sendiri tanpa harus bergantung pada manusia.

 

Punya Perilaku Mirip Anjing

Terakhir, kucing maine coon punya kebiasaan dan perilaku yang lebih mirip dengan anjing dibandingkan kucing biasa.

Mulai dari cara tidur, cara bermain dengan manusia, dan kebiasaan lainnya.

Selain itu, badannya yang besar juga membuat kucing ini mirip dengan anjing. Hanya saja maine coon tidak bisa menggonggong dan tidak bisa menjaga rumah dari orang asing.

Kebanyakan mainan untuk anjing, selain yang sifatnya untuk digigit, juga disukai oleh maine coon, misalnya mainan bola-bolaan.

Dan terakhir, kucing maine coon bisa sangat manja pada majikannya. Dia akan ikut duduk, ikut tidur, bahkan ikut ke dapur bila majikanny sedang masak.

 

Akhir Kata

Karena sudah tau apa saja sifat kucing maine coon, diharapkan Anda jadi makin siap untuk merawatnya. Harga kucing maine coon sendiri tidak semahal kucing branded yang lain. Bahkan dengan biaya 3 juta saja, kita sudah bisa mengadopsi maine coon dewasa yang belum vaksin.

Leave a Comment