Cara Rahasia agar Telur Kenari Menetas Semua

Ada cara rahasia agar telur kenari menetas semua. Tidak ada yang pecah sendiri, kosong, apalgi dipecahkan oleh indukan betina maupun jantan. Caranya adalah dengan mempelajari apa saja kebutuhan yang harus dipenuhi selama betina dalam proses mengerami telur.

 

Jika masalah telur tidan isi, Anda semua pasti sudah tahu alasannya adalah karena jantan belum ngisi betina. Masalah seperti ini bisa diatasi dengan mudah.



 

Tapi ketika telur sudah keluar, kadang betina tidak mau mengerami semua telur sampai menetas. Kadang bahkan ada yang dipecahkan semua. Sehingga produksi anakan kenari malah jadi terganggu.

 

Oleh karena itu, mari kita pelajari bersama cara agar telur kenari menetas semua dalam artikel ini.

 

Apa Pakan Agar Telur Kenari Menetas Semua?

Agar telur kenari netas semua, yang paling wajib Anda penuhi adalah kebutuhan kalsiumnya. Sebab alasan kenapa indukan kenari betina menetaskan telurnya adalah karena kurang kalsium.

 

Oleh karena itu, berikan pakan yang mengandung banyak kalsium dari jauh-jauh hari, contohnya:

Khusus untuk pemberian tulang sotong, sebaiknya Anda perbanyak ketika sudah masa-masa perkenalan betina dengan jantan. Karena selain mengandung kalsium, tulang sotong juga mengdangung protein yang bisa meningkatkan bikin kenari betina cepat birahi.

 

Ketika telur sudah keluar, kurangi memberikan tulang sotong sampai telur-telurnya menetas. Sebab jika kenari betina birahi lagi waktu masih ada telur, semua telurnya akan dipecahkan. Bukan karena kurang kalsium, tapi karena siap-siap mau kawin lagi.

 

Jadi kalau telur sudah keluar, perbanyak pemberian multivitamin, madu dan sayuran hijau seperti bayam saja.

 

Perawatan Rahasia Agar Telur Kenari Menetas Semua

Nah, sekarang Anda sudah tahu pakan apa saja yang harus diberikan. Jadi berikutnya, ikuti cara perawatan ini agar telur kenari bisa menetas semua.

 

Siapkan Sarang dari Potongan Daun yang Halus

Sarang terbaik untuk telur kenari adalah dari potongan daun pinus kering, serbuk kayu halus, atau daun-daun kering lainnya yang lembek. Hindari menggunakan serbuk bambu karena terlalu keras dan agak tajam.

Sebab cangkang telur kenari tidak sekeras cangkang telur ayam atau telur burung puyuh. Bila tergores bambu sedikit saja, isinya bisa bocor dan jadi tidak bisa menetas lagi.

 

Pastikan Sangkar Selalu Bersih

Selama kenari sedang mengerami telur, sebenarnya Anda tidak boleh sering-sering mengintip ke sangkarnya. Tapi kandangnya harus tetap bersih dan tidak boleh ada kuman maupun kotoran.

Jadi buat sangkar yang mudah untuk dibersihkan dengan wadah kotoran yang gampang diambil tanpa harus membuat kenari jadi stress. Kalau ada, beli 2 wadah kotoran burung. Jadi ketika mengambil yang sudah kotor, Anda bisa langsung menaruh yang masih bersih tanpa sering bolak-balik ke sangkar kenari.

 

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

Jauhkan dari Burung Jantan Lainnya

Selanjutnya, kenari jantan harus dijauhkan dari sangkar kenari yang sedang mengeram. Sebab kicauan kenari yang jantan bisa memancing betina dan membuatnya birahi lagi.

Seperti yang sudah dikatakan tadi, ketika kenari betina birahi dia akan memecahkan telur lamanya untuk siap-siap kawin.

Jadi ada baiknya Anda jauhkan kenari yang jantan, kalau bisa sampai suaranya tidak terdengar oleh yang betina.

 

Hindari Memberikan Air Minum Terlalu Banyak

Selama mengerami telur, air minum kenari betina harus terus diganti setiap hari. Tapi jangan berikan terlalu banyak karenan natinya burung malah mandi dan sarangnya jadi lembab semua.

Jadi selama masa bertelur, berikan saja sekitar setengah dari ukuran air minum biasanya.

 

Usahakan Taruh di Tempat yang Tertutup

Perawatan yang satu ini sebenarnya harus disiapkan sejak membuat kandang untuk kawin. Jika Anda ingin membuat kandang semi permanen, pastikan membuatnya di tempat yang tertutup – ada ventilasi udara tapi tidak banyak.

Pastikan juga tidak banyak orang lewat di sekitar kandang. Dan pastinya, tidak boleh ada hewan lain seperti kucing atau anjing yang mendekat ke sekitar sangkar.

 

Cek Jika Ada Telur yang Dijauhi oleh Indukan

Jika ada telur yang dijauhi oleh indukan – alias tidak mau dierami- selama dua atau tiga hari, Anda boleh memisahkannya dan menaruh di dalam inkubator.

Dengan begini tidak ada telur yang tidak menetas karena indukannya tidak mau mengerami.

 

Jangan Jemur Indukan Kenari Sampai Anakan Kenari Usia 1 – 2 Minggu

Dan yang terakhir, tidak perlu jemur indukan kenari betina agar telur kenari menetas semua. Sebab jika sering dipindahkan, kenari malah jadi lebih stress. Dari awalnya memang kenari betina akan lebih sensitif ketika masa-masa mengerami telur.

Nanti kalau anakan kenari sudah sekitar 2 minggu, barulah indukan boleh dijemur lagi dan anaknya bisa dipisahkan.

 

Akhir Kata

Jika baru awal-awal ternak kenari, pasti akan ada beberapa telur yang tidak menetas. Jadi cobalah beberapa tips di atas agar telur kenari menetas semua. Jangan lupa tulis pengalaman Anda selama proses menunggu kenari menetas di kolom komentar.

Leave a Comment