Akulaku vs Kredivo : Mana yang Bunganya Lebih Ringan

Akulaku vs Kredivo merupakan perbandingan 2 aplikasi pinjol yang keduanya sama-sama banyak digunakan dan terkenal di Indonesia. Sebagian besar dari Anda pasti sudah pernah mendengar nama aplikasi ini baik ketika belanja online maupun ketika menonton iklannya di media sosial.

 

Dari segi popularitas, Kredivo mungkin bisa dibilang unggul karena lebih banyak dikenal oleh masyarakat awam sekalipun. Tapi apakah hal ini membuat Kredivo lebih baik daripada Akulaku? Atau justru sebaliknya?

 

Karena meskipun jarang diulas dalam berita, diam-diam pengguna Akulaku di Indonesia ini sudah mencapai jutaan orang. Selain itu, Akulaku juga terus mengembangkan daerah operasinya hingga ke hampir semua kota di Pulau Jawa.

 

Tapi untuk menentukan perbandingan Akulaku dan Kredivo, berikut ini kita akan menjelaskan keunggulan dan kerugian menggunakan masing-masing aplikasi pinjol dalam artikel ini.

 

“Selalu Baca dan Pahami Dulu Syarat dan Ketentuan Aplikasi Kredivo & Akulaku Sebelum Registrasi dan Melakukan Pinjaman Online”

 

Review Akulaku

Artikel perbandingan Kredivo dan Akulaku kita mulai dengan sedikit ulasan Akulaku. Seperti yang Anda semua ketahui, aplikasi ini merupakan aplikasi pinjol atau pinjaman online dengan sistem KTA alias Kredit Tanpa Agunan.

 

Perusahaan ini berdiri di bawah nama Akulaku Indonesia dan sudah ada sejak tahun 2016. Hampir 5 tahun berjalan. kini Akulaku sudah memiliki lebih dari 1 juta nasabah dan pengguna di Google Play Store.

 

Meskipun masih bisa dibilang baru dalam umur perusahaan, tetapi layanan digital fintech ini sudah melakukan pelebaran sayap dan kerja sama ke banyak brand dan perusahaan besar. Salah satuny adalah Adidas yang menjadi salah satu brand fashion olahraga paling terkenal di Asia.

 

Berdasarkan survey, pengguna Akulaku kebanyakan adalah anak mudah dan millennial yang ingin tetap bisa belanja barang-barang impian di akhir bulan. Sebab dengan Akulaku, mereka tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk mendapatkan barang yang diinginkan.

 

Cukup dengan bayar cicilan perbulan yang bisa diatur semampunya, barang impian sudah ada di tangan walaupun dompet sedang tipis.

 

Review Kredivo

Sama seperti Akulaku, Kredivo juga aplikasi pinjol yang bergerak di bidang layanan kredit online atau KTA. Bedanya adalah Kredivo tidak berdiri sendiri. Perusahaan ini berdiri di bawah nama PT. FinAccel, yang mana sudah terkenal sebegai salah satu perusahaan finansial terbesar di Asia Tenggara.

 

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa Kredivo lebih terkenal dan banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Karena aplikasi ini sudah melakukan banyak kerja sama dengan berbagai brand, toko online, start up, bahkan UMKM yang tersebar di kota-kota besar di Pulau Jawa.

 

Saat ini di Google Play Store, sudah ada lebih dari 900 ribu pengguna Android yang mengunduh aplikasi Kredivo. Angka ini mungkin lebih kecil dari Akulaku. Tapi tunggu dulu, Kredivo punya satu fitur yang cukup pintar dalam menarik perhatian nasabahnya.

 

Jadi untuk menggunakan layanan aplikasi ini, baik untuk pinjam uang maupun untuk kredit barang, Anda tidak perlu mengunduh aplikasi Kredivo. Sebab dari mulai pendaftaran, pencairan uang, hingga pembayaran tagihan semuanya bisa dilakukan melalui aplikasi Tokopedia.

 

Artinya tidak bisa dibilang nasabah Kredivo hanya ada 900 ribu orang. Bisa jadi ada ratusan ribu lainnya yang menggunakan Tokopedia untuk menikmati layanan kredit online ini.

 

Dan berbeda dengan Akulaku, Kredivo ini lebih menargetkan pasar orang-orang yang suka telat bayar kebutuhan bulanan karena uangnya sudah terlanjut dipakai untuk hal lain. Jadi daripada listrik diputus, air mati, atau internet lemot, lebih baik pinjam dulu ke Kredivo untuk bayar kebutuhan bulanan.

 

Perbandingan Akulaku dan Kredivo

Selanjutnya untuk mengetahui perbandingan Akulaku dan Kredivo, Anda bisa lihat perbandingan dari masing-masing aplikasi yang kita jelaskan berikut ini.

 

Daerah operasi Akulaku dan Kredivo

Saat ini, Akulaku sudah melakukan ekspansi hingga keluar Pulau Jawa. Daerah yang dijangkau oleh perusahaan ini juga semakin banyak. Di antaranya adalah :

  • Banten
  • Jawa Barat
  • Jawa Timur
  • Jawa Tengah
  • DKI Jakarta
  • Sumatera Barat
  • Sumatera Selatan
  • Sumatera Utara

Walaupun mungkin beberapa kota kecil di provinsi di atas masih sulit untuk diterima dan dijangkau oleh Akulaku, namun hampir semua kota sudah diterima oleh aplikasi ini. Dan jika memang kota Anda agak terpencil, Akulaku siap membantu proses verifikasi agar lebih mudah tanpa harus ke kantor cabang.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

Sedangkan untuk Kredivo, wilayah yang diterimanya bisa dibilang lebih sedikit. Yaitu :

  • Jakarta
  • Bogor
  • Depok
  • Tangerang
  • Bekasi
  • Bandung
  • DI Yogyakarta
  • Surabaya
  • Medan
  • Palembang
  • Semarang
  • Bali
  • Solo
  • Cirebon
  • Sukabumi

Walaupun jumlah kotanya lebih banyak, namun Kredivo belum menjangkau seluruh daerah di Pulau Jawa. Selain itu, beberapa kota yang ada di luar Jawa pun masih terbatas dan tidak seluruh provinsinya terjangkau.

 

Bunga Akulaku vs Kredivo

Perbandingan Akulaku dan Kredivo yang berikutnya adalah dari segi bunga. Meskipun perbandingan bunga kedua aplikasi ini memang bersaing, tapi pastinya tetap ada yang lebih ringan.

Untuk Akulaku sendiri, bunga yang ditetapkan adalah 0,8% per hari. Artinya jika Anda ingin mengajukan pinjaman dalam jangka waktu 1 bulan, jumlah bunga yang perlu dibayarkan adalah sekitar 24%. Tetapi angka ini hanya untuk pinjaman singkat saja.

Sedangkan untuk Kredivo, bunga yang ditetapkan adalah 2,95% per bulan untuk pinjaman jumbo dengan maksimal jangka waktu pinjaman hingga 12 bulan alias 1 tahun.

Jadi dari segi perhitungan bunga, Kredivo jelas lebih unggul jika Anda ingin mengajukan pinjaman jangka panjang. Tapi untuk pinjaman jangka pendek dengan durasi di bawah 30 hari, bunga Akulaku mungkin bisa lebih ringan.

 

Denda Akulaku vs Kredivo

Sekarang mengenai denda, keduanya sama-sama menerapkan sistem bunga compounding. Artinya bunga dihitung dari total tagihan yang sudah ditambah bunga dan denda dari bulan atau hari sebelumnya jika mengalami keterlambatan.

Akulaku sendiri menetapkan sistem perhitungan denda per hari dengan jumlah 1%. Sehingga telat 1 minggu saja akan sangat terasa jumlah denda yang perlu Anda bayarkan.

Sedangkan untuk Kredivo, jumlah denda yang ditetapkan adalah 3% per bulan dari total tagihan dan belum dihitung dengan bunga denda.

Bisa dibilang, denda keduanya sama-sama sangat memberatkan nasabah. Jadi pastikan anda sudah mengatur keuangan untuk membayar tagihan pinjol ini agar jumlah kreditnya tidak semakin membengkak.

 

Fitur Pinjaman Akulaku vs Kredivo

Perbandingan Akulaku dan Kredivo yang terakhir adalah tentang fitur pinjaman. Keduanya sama-sama bisa digunakan untuk metode pembayaran di hampir semua merchant dan toko online. Serta keduanya juga sama-sama memiliki fitur pinjaman tunai.

Tetapi untuk Akulaku, pinjaman tunai hanya bisa dilakukan maksimal 30 hari dengan nominal maksimal 3 juta rupiah.

Sedangkan Kredivo menyediakan fitur Pinjaman Jumbo, dimana Anda bisa meminjam uang hingga 30 juta dengan jangka waktu maksimal 6 hingga 12 bulan.

 

Pilih Mana, Akulaku atau Kredivo?

Sekarang kita kembali ke pertanyaan pertama, pilih mana antara Akulaku dan Kredivo?

 

Jika bicara dari segi bunga dan denda, sudah jelas Kredivo lebih ringan. Selain itu ada banyak pilihan pinjaman dengan durasi dan nominal yang lebih fleksible. Sedangkan Kredivo ini tidak menjangkau seluruh kota di Pulau Jawa.

 

Di sisi lain, ada Akulaku yang punya wilayah jangkauan lebih luas. Tetapi bunga Akulaku perbulan lumayan tinggi, apalagi jika harus ditambah dengan denda keterlambatan.

 

Akhir Kata

Itulah dia review Akulaku vs Kredivo yang bisa Anda jadikan perbandingan. Perlu kami sampaikan bahwa di sini kami tidak menyarankan Anda untuk menggunakan aplikasi online manapun. Semua hal yang terjadi jika Anda mengajukan kredit di aplikasi pinjol adalah di luar tanggung jawab kami.

Leave a Comment