Berapa Ukuran Kandang Ternak Kacer yang Benar?

Salah satu tips yang membuat terna kacer jadi sukses adalah ukuran kandang ternak kacer. Kalau kandangnya nyaman dan luas, maka indukan bisa produksi telur lebih banyak. Selain itu telur yang gagal netes juga jumlahnya jadi lebih sedikit.

 

Tapi bukan berarti ternak kacer harus punya lahan yang luas untuk bikin kandang. Kalau Anda punya sisa lahan, memang baiknya dimanfaatkan sebanyak mungkin. Tapi bikin kandang ternak kacer dalam rumah pun bukan jadi masalah.

 

Oleh karena itu, dalam artikel kali ini kita akan membahas serba-serbi ukuran kandang ternak kacer dan tips membuatnya.

 

Apa Saja yang Harus Disiapkan dalam Kandang Ternak Kacer?

Sebelum membahas tentang ukuran kandang ternak kacer, ada beberapa hal yang perlu Anda sediakan di dalamnya nanti, yaitu:

  • Tempat makan & minum
  • Sarang kotak
  • Wadah kotoran burung
  • Tempat kroto

Sebelum membuat kandangnya, mari kita bahas satu per satu ukuran dari setiap perlengkapan berikut ini.

 

Tempat Makan & Minum

Yang pertama, tentunya kandang harus dilengkapi dengan tempat makan dan minum. Untuk tempat minum, kami sarankan gunakan yang terbuat dari plastik saja. Misalnya mangkok atau wadah plastik yang mudah untuk dimakan oleh indukan kacer betina.

Jumlah wadah tempat makan yang perlu disiapkan adalah 2x jumlah kandang. Jadi jika Anda mau buat 3 kandang, maka wadah makan yang dibutuhkan adalah 6 biji. Sehingga nanti mudah waktu mau mengganti pakan lama dengan yang baru.

Kandang ternak juga harus diberikan cantelan buah. Anda bisa buat pakai kawat yang ditekuk agar tidak tajam.

 

Sarang Kotak

Ketika proses kawin, sarang kotak digunakan untuk tempat kawin indukan kacer. Tapi setelah kacer betina ngisi dan bertelur, maka ia akan menaruh telurnya di sini.

Oleh karena itu sarang kotak harus dibuat dengan agak luas, tertutup, serta tidak ada bahan yang tajam. Jadi kami sarankan Anda menggunakan bahan kayu selain bambu untuk membuatnya. Kita akan membahas masalah ukurannya lebih dalam lagi nanti.

Selain itu, sarang kotak juga harus dilengkapi serabut kayu halus, daun pinus, atau bahan apapun agar indukan betina bisa membuat sarangnya sendiri.

 

Wadah Kotoran Burung

Ada 2 jenis wadah kotoran burung yang bisa Anda gunakan dalam kandang ternak kacer, yaitu:

  • Wadah serok
  • Wadah nampan

Jika menggunakan wadah serok, kotoran dibersihkan dengan serokan khusus. Sedangkan dengan wadah nampan, kotoran dibersihkan dengan mengambil nampan lalu membersihkannya di tempat lain.

Membuat kandang ternak kacer dengan wadah nampan memang agak sulit dari segi ukuran dan hitung-hitungan. Tapi kami sangat menyarankan Anda pakai wadah jenis ini. Sebab lebih bersih dan anakan kacer bisa terhindar dari penyakit.

Jika menggunakan wadah serok, kadang ada kotoran yang tidak ikut terbersihkan di bagian belakang kandang. Dan karena kandang kacer lembab, maka penyakit gampang berkembang di sana.

 

Tempat Kroto

Dan yang terakhir, Anda butuh tempat kroto di dalam kandang ternak. Fungsinya tidak lain tidak bukan untuk menyimpan kroto agar tidak tercampur dengan pakan utama kacer.

Walaupun kacer betina yang sedang mengerami telur dan meloloh tidak boleh dikasih EF banyak-banyak, tapi burung tetap butuh asupan nutrisi. Jadi berikan saja kroto seminggu sekali atau seminggu 2x dengan porsi secukupnya.

Memberikan kroto pada kacer yang sedang meloloh juga bisa membantu anakannya makin gacor waktu sudah dewasa. Sebab sebagian dari kroto yang ia makan akan diberikan ke anak-anaknya nanti.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

 

Berapa Ukuran Kandang Ternak Kacer Dari Kayu Ideal?

Kebanyakan peternak kacer membuat sendiri kandang dari kayu di belakang rumah atau di samping. Untuk masalah ukuran, sebenarnya tiap peternak punya ukuran masing-masing yang disesuaikan dengan kondisi lahannya.

 

Untuk ukuran kandang keseluruhan, Anda bisa membuat sangkar dengan ukuran berikut:

  • 200 cm Panjang
  • 90 cm Lebar
  • 20 cm Tinggi.

Kandang dengan ukuran ini biasanya bisa disekat menjadi 3 sampai 6 bagian. Tiap bagian akan diberikan kotak sarang tempat betina mengerami telur.

 

Ukuran kotak sarang ternak kacer yang ideal sendiri sekitar:

  • 40 cm Panjang
  • 20 cm Lebar
  • 20 cm Tinggi.

 

Jika Anda tidak punya lahan untuk membangun kandang ukuran tersebut, bisa disesuaikan tapi dengan rasio yang sama. Karena pada akhirnya, kacer tidak akan memakai seluruh bangunan kandang yang sudah dibuat.

 

 

Berapa Ukuran Kandang Ternak Kacer dalam Rumah?

Untuk kacer dalam rumah, Anda bisa sesuaikan rasio kandang tadi dengan lahan yang Anda punya. Jika ingin membangun kandang di halaman samping atau belakang, mungkin ukuran kandangnya bisa jadi lebih besar.

 

Jangan bangun kandang kacer di dalam ruangan yang tertutup tanpa udara sama sekali, sebab bisa menyebarkan virus ke penghuni rumah yang lain.

 

Akhir Kata

Nah, itulah dia ukuran kandang ternak kacer yang bisa Anda jadikan referensi. Jangan lupa sering-sering berikan Maxiplus ke indukan kacer agar anakannya makin berkualitas.

 

Leave a Comment