Bunga Pinjaman Julo Paling Rendah? Apa Benar?

Sebelum pinjam uang di aplikasi ini, Anda wajib tahu dulu berapa bunga pinjaman Julo yang akan dikenakan ke setiap nasabahnya. Dengan begitu Anda sebagai nasabah tidak akan kaget ketika menerima tagihan di akhir bulan atau ketika tanggal jatuh tempo sudah tiba.

 

Karena ada banyak pengalaman pinjaman Julo yang mana nasabahnya kaget karena bunga pinjaman terlalu besar. Padahal total tagihan yang akan diterima sudah dijelaskan bahkan sebelum Anda selesai mengajukan pinjaman dan menerima dana dari Julo.



 

Namun karena masyarakat Indonesia terkenal akan minat bacanya yang sangat rendah, tak heran jika masih banyak orang yang tidak memperhatikan hal penting ini. Alhasil banyak review pinjaman Julo yang mengatakan bahwa aplikasi ini penipuan dan lain sebagainya.

 

“Selalu Baca dan Pahami Dulu Syarat dan Ketentuan Aplikasi Julo Sebelum Registrasi dan Melakukan Pinjaman Online”

 

Bunga Pinjaman Julo

Meskipun sudah banyak orang yang mengatakan Julo sebagai pinjaman online bunga rendah, Anda tetap harus paham berapa nominal atau persentase bunga di aplikasi ini. Sebab jika dibandingkan dengan pinjaman non-KTA atau pegadaian, persentase pinjaman di Julo tetap lebih tinggi.

 

Selain itu sebenarnya, bunga pinjaman di aplikasi ini persentasenya berbeda-beda. Jumlah bunga 10% yang sering Anda lihat di iklan atau spanduk pinjaman Julo hanya berlaku untuk pinjaman Julo Mini saja.

 

Sedangkan dalam aplikasi ini, terdapat 3 jenis pinjaman yang bisa Anda ajukan. Di antaranya adalah:

  • Julo Mini
  • Julo Cicilan
  • Julo Agunan

 

Nah untuk lebih lengkapnya, silahkan Anda pahami bunga yang ditetapkan dari tiap pinjaman Julo dengan jelas di bawah ini.

 

Bunga Julo Mini

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bunga pinjaman Julo Mini adalah 10% per bulan. Bunga ini dihitung berdasarkan jumlah nominal pinjaman yang diajukan.

Dalam pinjaman Julo Mini sendiri, maksimal pinjaman yang boleh diajukan adalah 1 juta rupiah atau sebanyak sisa limit pinjaman di akun Anda. Jika jumlah pinjaman Anda melebihi limit, maka pinjaman Julo akan ditolak dan Anda perlu menunggu hingga bulan depan ketika limit sudah di-reset kembali.

Selain itu tenor Julo Mini maksimal adalah 1 bulan atau 30 hari. Sehingga layanan pinjaman ini hanya bisa digunakan ketika Anda butuh dana cepat yang jumlahnya kurang dari 1 juta dan bisa langsung dilunasi di bulan berikutnya.

 

Bunga Julo Cicilan

Untuk pinjaman cicilan, Julo menetapkan bunga pinjaman mulai dari 1,5% hingga 4% per bulannya. Persentase ini ditentukan dari besarnya nominal pinjaman serta berapa jangka waktu tenor atau durasi pinjaman yang Anda ajukan. Semakin lama tenor dan semakin kecil nominalnya, maka semakin besar pula persentase bunganya.

Layanan pinjaman Julo Cicilan sendiri memiliki maksimal pinjaman sebesar 8 juta rupiah dengan tenor mulai dari 3 bulan hingga 6 bulan. Artinya Anda tidak perlu langsung melunasi pinjaman di bulan berikunya jika memang belum mampu.

Kalaupun Anda membayar lebih cepat, jumlah perhitungan bunga dan tagihan yang perlu dilunasi tetap sama. Tidak ada pengurangan atau potongan bunga maupun cashback karena pelunasan lebih awal.

Meskipun begitu, kami sangat menyarankan agar Anda segera melunasi hutang pinjol secepat mungkin meskipun belum masuk tanggal jatuh tempo.

 

Bunga Julo Agunan

Untuk bunga pinjaman yang satu ini, tergantung dari beberapa faktor. Di antaranya adalah:

  • Nominal pinjaman yang diajukan
  • Tenor pinjaman
  • Agunan atau jaminan yang bisa diberikan

Sebab tidak seperti kedua pinjaman sebelumnya yang tidak membutuhkan jaminan sama sekali, layanan Julo Agunan ini membutuhkan jaminan dari Anda sebagai peminjam. Jaminan tersebut akan menjadi pertimbangan pihak pemberi pinjaman.

Sehingga jumlah pinjaman yang diajukan bisa lebih dari 8 juta rupiah dengan tenor yang berdurasi lebih dari 6 bulan. Tetapi Anda juga mungkin perlu membayar total persentase bunga yang lebih besar dibanginkan kedua layanan pinjaman di atas.

Dan karena Anda perlu melampirkan jaminan, maka jumlah pinjaman yang bisa cair juga sesuai dengan jaminan yang bisa diberikan. Tentunya jumlahnya lebih dari 8 juta, namun nominal pastinya bisa berbeda-beda, tergantung dari jaminan yang Anda ajukan.

 

Cara Hitung Tagihan Julo

Cara hitung bunga pinjaman Julo yang paling mudah adalah dengan melakukan simulasi pinjaman langsung di aplikasi. Tetapi jika Anda tidak ingin mengunduh dan mendaftar dulu sebagai nasabah Julo, silahkan gunakan perumpamaan cara hitung tagihan Julo di bawah ini.

 

Nominal Pinjaman : 2.000.000

Tenor/ Durasi Pinjaman : 3 bulan

Bunga Pinjaman : 5%

Biaya Provisi : 100.000

 

Maka uang yang cair adalah [Nominal Pinjaman] – [Biaya Provisi] = 2.000.000 – 100.000 = 1.900.000

 

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

Kemudian cicilan per bulan yang perlu Anda bayar adalah {[Nominal Pinjaman] : [Tenor/ Durasi Pinjaman]} + [Bunga Pinjaman] = 2.000.000 : 3 + 5% = 766.000

 

Lalu total tagihan yang perlu Anda bayar adalah [Total Tagihan Bulanan] x [Tenor/ Durasi Pinjaman] = 766.000 x 3 = 2.298.000

 

Untuk Anda yang belum tahu apa itu biaya provisi, biaya ini adalah potongan yang diberikan sebagai tanda terima kasih kepada pemberi pinjaman. Umumnya biaya provisi didapatkan ketika Anda meminjam ke layanan KTA maupun kredit dengan agunan atau non KTA.

 

Biaya provisi ini sebenarnya berbeda dengan biaya administrasi. Namun beberapa layanan finansial dan pinjol memasukan biaya provisi sebagai biaya adminisitrasi agar tidak membingungkan para nasabahnya.

 

Apakah Bunga Julo Sepadan Dengan Pinjamannya?

Setelah mengetahui mengetahui bunga pinjaman di aplikasi ini, sekarang pertanyaannya apakah bungannya sepadan dengan pinjaman yang diberikan?

 

Jika melihat dan membandingkan dengan aplikasi pinjol dan perusahaan fintech lainnya, memang benar Julo adalah salah satu layanan pinjol dengan bunga terendah. Bahkan jika dibandinkan dengan Kredivo yang bisa dibilang lebih terkenal, Julo punya bunga yang jauh lebih rendah untuk pinjaman Mini sekali pun.

 

Tetapi seperti yang sudah disampaikan tadi, bunganya tetap lebih tinggi dibandingkan pinjaman non-KTA. Apalagi jika Anda meminjam dalam jumlah banyak menggunakan Julo Cicilan.

 

Jadi aplikasi ini kurang cocok jika Anda ingin menggunakannya untuk kredit barang-barang belanjaan online. Hal ini juga dikarenakan Julo belum terintegrasi dengan aplikasi toko online seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Shopee, dan lain-lain.

 

Sehingga untuk belanja barang yang harganya di bawah 1 juta, Anda tetap harus membayar dalam 1 kali pelunasan. Sedangkan keunggulan dari aplikasi pinjol lainnya adalah bisa mencicil barang belanjaan online hingga 12 bulan meskipun harganya tidak lebih dari 1 juta rupiah.

 

Tetapi pada dasarnya, di sini kami tidak menyarankan Anda untuk menggunakan aplikasi pinjol apapun. Karena bunga yang diberikan tidak sepadan dengan pinjaman yang bisa cair.

 

Dan tidak bisa disangkal pula, banyak kasus dimana nasabah pinjol dari aplikasi manapun yang berakhir kurang mengenakan ketika telat, gagal bayar, atau terlibat kasus apapun ketika mengajukan pinjaman online.

 

Namun pada akhirnya, semua kembali lagi kepada Anda yang membutuhkan dana. Apakah Anda siap membayar seluruh tagihan tiap bulan tanpa telat sehari pun? Jika telat, apakah Anda mampu membayar dendanya yang cukup besar?

 

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan kami mengenai bunga pinjaman Julo. Seperti yang dikatakan tadi, di sini kami tidak menyarankan Anda untuk menggunakan aplikasi pinjol manapun. Semua hal yang terjadi selama maupun setelah Anda mengajukan pinjaman online di aplikasi apapun adalah di luar tanggung jawab kami.

Leave a Comment