Cucak Ijo Over Jinak? Pakai Cara Ini Biar Fighter Lagi

Kasus cucak ijo over jinak sebenarnya bisa jadi hal yang menguntungkan dan juga menyebalkan. Sebab jika cucak ijo jinak, proses pemasterannya akan jauh lebih cepat. Di sisi lain, kadang burung jadi tidak mau bunyi karena tidak merasa terancam.

 

Salah satu alasan mengapa burung kicau mau bunyi selain karena birahi adalah karena mereka merasa teritorinya terancam. Jadi, burung akan mengeluarkan kicauan untuk menunjukan bahwa dia lebih berani dari burung lain.



 

Jika cucak ijo over jinak, burung tidak akan mau bunyi meskipun sebenarnya isiannya banyak dan sering bongkar isian di rumah.

 

Bagaimana Cara Mengatasi Cucak Ijo Over Jinak?

Cara membuat cucak ijo jinak tentunya sangat mudah, tapi cara mengatasi burung terlalu jinak lah yang agak susah. Sebab jika burung sudah terlanjur over jinak, Anda perlu melakukan kebiasaan-kebiasaan yang memancing emosi dan mental fighternya.

 

Nah, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi cucak ijo over jinak yang bisa dicoba.

 

Sering-sering Dilatih di Kandang Umbaran

Jika Anda punya kandang umbaran di rumah, sering-sering mengumbar cucak ijo. Lakukan sekitar 2 sampai 3 kali seminggu ketika cuaca panas.

Dengan kandang umbaran, cucak ijo tidak akan jadi burung jago kandang yang terlalu nyaman di sangkarnya. Selain itu cucak juga jadi bisa melatih pernapasan, fisik, serta staminanya agar semakin panjang saat bongkar isian di gantangan.

 

Gantang di Tempat yang Lebih Tinggi

Selanjutnya, Anda bisa coba menggantang burung di tempat yang lebih tinggi. Dengan begitu burung jadi tidak bisa melihat banyak orang yang lewat.

Karena, salah satu penyebab cucak ijo over jinak adalah karena terlalu sering melihat manusia atau hewan lain. Sehingga ia terbiasa dan tidak punya dorongan emosi lagi waktu melihat makhluk hidup lain di sekitarnya. Dengan cara digantang, burung jadi merasa asing dan tidak merasakan keberadaan manusia.

Jika ada, cari tempat gantangan yang sepi. Tapi tetap awasi agar burung tidak digondol tikus atau kucing.

 

Jangan Sering Dipanggil

Salah satu cara membuat burung jadi jinak adalah dengan sering dipanggil atau disiul setiap kali lewat. Tapi jika tidak mau burung jadi over jinak, jangan sering bersiul di dekat sangkar burung.

Kalau Anda mau memancing suaranya agar cucak ijo buka paruh, gunakan suara mp3 atau pancingan suara burung asli. Dengan begitu cucak ijo jadi tidak biasa dengan suara siulan orang. Selain itu, dengan pancingan burung asli, mental fighter burung jadi semakin terlatih.

 

Sering-sering Latber

Kalau di tempat Anda ada komunitas cucak ijo, sering-seringlah ikutan latber. Metode ini adalah cara menghilangkan sifat cucak ijo manja yang paling cepat.

Jika memungkinkan, ajak kicau mania lain yang cucak ijonya sudah dimaster dan gacor. Sehingga mental cucak ijo Anda akan ikut terlatih dan dipaksa jadi ikut fighter juga.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

Kalaupun di dekat rumah Anda tidak ada komunitas cucak ijo, mencari komunitas burung lain juga tidak apa-apa. Sebab cara mengatasi trucukan terlalu jinak, loverbird over jinak, dan jenis burung lainnya pun kurang lebih sama dengan cucak ijo.

 

Pastikan Pakan Burung Selalu Full

Terapi lapar sangat efektif untuk membuat cucak ijo jinak dengan pemiliknya. Tapi ketika burung cucak ijo terlalu jinak, jangan biarkan tempat pakannya kosong.

Ketika cucak sudah kenyang, biasanya dia akan jadi lebih galap dari biasanya.

Tapi jangan terlalu banyak juga memberi pakan hariannya. Sebab cucak ijo bisa jadi obesitas dan makin tidak mau bunyi.

 

Naikan Birahi Cucak Ijo Lebih Tinggi dari Biasanya

Selanjutnya, Anda perlu meningkatkan porsi EF dari settingan biasa. Jika biasanya cucak ijo diberi 3 ekor jangkrik, sekarang naikan jadi 4 dulu.

Semakin tinggi birahi cucak ijo, maka ia akan semakin giras. Mentalnya juga semakin berani. Tapi hati-hati, jangan sampai cucak ijo malah jadi over birahi.

 

Gantung di Pohon yang Banyak Burungnya

Cara mengatasi cucak ijo over jinak yang terakhir adalah dengan digantung di pohon yang banyak burungnya. Cara ini sebenarnya mirip dengan latber, tapi Anda tidak perlu partner atau teman dari komunitas.

Ketika digantung di pohon dan mendengar banyak kicauan burung lain, cucak ijo akan jadi emosi dan mulai giras. Ia juga akan buka paruh dan mulai nembak dengan maksud membuat takut burung lain.

Anda bisa memilih antara full krodong sangkarnya atau tidak sama sekali. Coba saja satu per satu karena setiap burung punya karakter yang berbeda-beda. Kadang ada cucak ijo yang semakin giras waktu dikrodong, tapi ada juga yang malah diam waktu dipakaian krodong.

 

Akhir Kata

Jadi seperti itulah cara mengatasi cucak ijo over jinak agar kembali giras. Cara-cara di atas harus dilakukan setiap hari agar khasiatnya makin efektif. Jika burung sudah normal dan mau bunyi lagi seperti biasa, sekarang waktunya memberi multivitamin Maxiplus agar kicauannya makin gacor.

Leave a Comment