Kupas Lengkap Mengatasi Burung Gagal Mabung Dengan Tepat

Pernahkah anda mendengar kasus burung yang gagal mabung dari teman maupun dari forum? Atau anda sendiri yang mengalaminya? Wah jangan ambil pusing, segera atasi dengan benar agar burung kembali normal seperti sedia kala.

Kasus gagal mabung sering dialami oleh burung murai batu, kacer, cucak ijo, kenari, anis, dan burung lainnya. Namun, masalah ini jarang terjadi pada burung yang sudah gacor, karena biasanya terjadi pada burung bahan/muda hutan.

Kalo dibiarkan, masalah ini akan semakin parah hingga merusak bulu burung anda. Nggak rusak gimana wong udah waktunya mabung kok belum mabung juga. Bahkan, burung bisa jadi gundul karena bulunya rontok tapi tak kunjung tumbuh (dalam kasus parah).

 

Apa Penyebab Burung Gagal Mabung?

Perlu anda ketahui juga nih beberapa hal yang membuat burung jadi gagal mabung, seperti dibawah ini

 

1. Stress berat

Banyak hal yang membuat burung menjadi stress, apalagi kalo burung anda masih giras atau hasil tangkapan hutan. Kejadian semacam ini sangat umum terjadi karena burung tidak nyaman dengan lingkungan barunya (di dalam sangkar) hingga akhirnya stress berat.

Pertanda burung sudah mapan dan nyaman adalah mau mabung ketika dipelihara. Kenapa? Karena proses mabung membutuhkan kesiapan fisik dan mental tersendiri bagi burung.

Kalo keduanya tidak siap, kemungkinan besar ia tidak mau merontokan bulunya walau sebenarnya sudah waktunya rontok.

 

2. Terserang kutu

Ketika burung terserang kutu, maka kondisi bulunya semakin lama akan kusam, rusak, bahkan hingga nyerit.

Sebagai pemilik, kita pasti mengira kalo burung ini mau mabung karena bulunya udah kusam seperti pertanda ingin memasuki masa mabung.

Gampangnya gini,

Siklus mabung pada burung kan umumnya terjadi setiap 7 sampai 11 bulan sekali. Misal lagi 4 bulan kok burung malah terserang kutu, maka dapat dipastikan beberapa minggu berikutnya bulu akan jadi kusam bahkan hingga rusak.

Jadi belum waktunya mabung bulu burung sudah rusak, sehingga kita mengira kalo burung tersebut gagal mabung. Mau diapain juga gak bisa mabung karena memang belum waktunya ganti bulu (lagi 4 bulan sejak bulu baru).

3. Mal Nutrisi

Mal nutrisi adalah istilah bagi burung yang tidak tercukupi kebutuhan nutrisi hariannya. Bisa karena burung tidak terawat, ataupun memberi makanan seadanya saja (hanya voer).

Kalo voernya bagus sih gak masalah, tapi kalo voernya harga 5 ribuan alias cuma terbuat dari tepung ya nutrisinya kurang dong.

Apalagi kalo burungnya pemakan serangga seperti murai dan kacer, kok malah sampe gak dikasih serangga setiap hari, apa gak kasian? Wong di alam liarnya aja selalu makan serangga, mana ada voer di hutan.

Kalo begitu ya gak heran bulu burung menjadi rusak, kusam, sampai gagal mabung. Karena mabung juga membutuhkan asupan nutrisi yang tinggi, kalo gak terpenuhi ya bulunya tidak tumbuh sempurna bahkan bisa mati.

 

Ciri-ciri Burung Gagal Mabung

Cara mengatasi burung gagal mabung

Kalo menganai cirinya pasti anda juga sudah paham kan, tapi lebih afdolnya akan kami jelaskan secara singkatnya aja ya.

Ciri utama burung gagal mabung adalah bulunya kusam, dan sudah banyak bulu yang rusak terutama bagian ekor dan sayap (nyerit) selama 3 bulan+ tapi gak kunjung ganti bulu. Itu yang dinamakan murai batu gagal mabung yang sebenarnya.

 

Bagaimana Cara Mengatasi Burung Gagal Mabung

Penting nih, pastikan burung anda benar-benar gagal mabung alias sudah waktunya memasuki masa pergantian bulu. Bukan bulu yang rusak dan kusam karena kutuan atau cacingan.

 

1. Berikan voer ber-protein tinggi

Voer merupakan makanan tambahan yang sangat bagus untuk menyuplai nutrisi burung. Khusus untuk burung yang gagal mabung, anda harus memberikan voer dengan kadar protein tinggi sekitar 19-21%.

Untuk melihat kandungan proteinnya, anda bisa melihat pada bagian kemasan voer burung. Biasanya disana tertera kandungan vitamin, mineral, dan lain sebagainya.

Kalo udah terlanjur pakai voer sembarangan gimana? Anda bisa mengganti voer lama dengan voer yang baru. Caranya, campurkan sedikit demi sedikit nanti burung akan doyan dengan sendirinya.

 

2. Full EF setiap harinya

Kalo burung anda pemakan serangga seperti murai batu, kacer, atau cucak ijo bisa berikan EF yang banyak setiap harinya. Kalo burung anda pemakan biji-bijian seperti kenari atau burung finch lain, berikan saja telur atau kroto untuk mempercepat perontokan bulunya.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

Khusus untuk burung pemakan serangga nih, selain EF yang banyak tambahkan juga EF yang panas seperti cicak dan kelabang. Emang burung bakal doyan? Doyan! Malah suka banget.

Berikan kedua EF khusus tersebut sehari sekali atau 2hari sekali secara rutin, kalo susah dapetinnya ya usahain minimal seminggu sekali kudu makan EF itu.

 

3. Full kerodong setiap hari

Dengan dikerodong, burung akan merasa nyaman dan tenang setiap harinya. Walaupun burung anda giras, kalo dikerodong pasti akan anteng di dalam sangkar dan tidak kelabrukan lagi.

Nah kalo bulu sudah tua semua tapi gak kunjung mabung alias burung gagal mabung, anda harus mengerodongnya setiap hari.

Gunakan kerodong yang tipis saja ya.

 

4. Lakukan terapi daun pandan dan kulit jeruk

Kedua bahan ini sudah gak asing lagi bagi kalangan kicau mania deh, pasti anda tau kalo daun pandan dan kulit jeruk bisa untuk mempercepat proses perontokan bulu burung.

Gak hanya untuk burung yang lagi mabung saja, burung gagal mabung juga bisa diberikan terapi ini setiap harinya loh. Caranya juga sangat mudah, berikan potongan daun pandan segar dan kulit jeruk yang baru dikupas di dasar sangkar.

Jangan lupa untuk mengganti dengan daun pandan segar lagi di keesokan harinya. Atau sekiranya bahan sudah kering, anda harus menggantinya dengan yang baru.

Kenapa? Karena aromanya sudah hilang dan tidak menimbulkan efek bagi bulu burung. Atau lebih lengkapnya silahkan anda baca artikel pamankicau kemaren tentang manfaat daun pandan dan kulit jeruk bagi burung.

 

5. Berikan obat perontok bulu

Ini adalah langkah terkahir yang sebaiknya anda lakukan jika bulu burung tak kunjung ambrol. Namun saya tidak bisa merekomendasikan obat apa yang bagus, karena selama ini kami belum pernah memberikan obat atau vitamin untuk burung gagal mabung.

Karena dengan terapi ini insyaallah burung akan segera mabung kok. Kalo anda mau memberi obat atau vitamin perontok bulu dan mengombinasikan dengan terapi-terapi ini juga gak masalah, coba tanya ke temen mengenai obat apa yang benar-benar bagus.

Perawatan Harian Burung Gagal Mabung

Mengenai perawatan harian khusus untuk burung gagal mabung sih sederhana banget, mirip kaya merawat burung yang lagi mabung.

Harian tetap full kerodong seperti tips diatas dan hal penting yang gak boleh dilakukan adalah menjemur. Oleh karena itu stop dulu penjemuran ketika sedang melakukan terapi perontokan bulu burung ini.

Selain itu, anda juga bisa memandikan burung setiap seminggu sekali saja. Campur air mandi dengan menggunakan air daun sirih, atau sampho khusus untuk burung.

Tempatkan burung di tempat yang nyaman juga, kalo bisa tempatnya juga pengap agar bulu burung bisa cepat rontok.

Itulah pembahasan kami mengenai cara mengatasi burung gagal mabung. Tips diatas bisa anda terapkan untuk burung murai batu, kacer, cucak ijo, kenari maupun burung lain yang mengalami kasus gagal mabung.

Semoga bermanfaat untuk rekan-rekan pamankicau semua ya. Terimakasih

     

Leave a Comment