Burung Kacer Sering Mangap dan Ngos-Ngosan? Segera Ambil Tindakan ini

Mengatasi kacer mangap (buka paruh) biasanya harus dilakukan berdasarkan suhu dan lingkungan sekitar tempat anda tinggal. Sebab kebanyakan kasus burung kacer yang mangap atau buka paruh secara tidak wajar dikarenakan kepanasan meskipun sedang tidak dijemur. Jadi tempat anda tinggal bisa menjadi penyebab utama mengapa burung kacer sering mangap.

 

Bila tidak segera diatasi, kacer yang kepanasan ini bisa makin memburuk. Bahkan tidak jarang burung kacer yang mati karena kepanasan dan tidak cocok dengan suhu sekitarnya.

 

Oleh karena itu, segera pahami tanda – tanda dan cara mengatasi kacer mangap secepat mungkin agar kondisi burungnya tidak terlanjur parah.

 

Tanda – Tanda dan Penyebab

Sebenarnya masalah yang menyebabkan kacer mangap dengan tidak wajar ini ada dua. Yaitu :

  • Kacer kepanasan dan tidak cocok dengan suhu dan cuaca tempat anda tinggal
  • Kacer takut dengan lawannya saat lomba

 

Untuk penyebab yang pertama sudah jelas dan sudah disebutkan sebelumnya. Burung kacer yang kepanasan dan tidak bisa beradaptasi dengan suhu di lingkungan barunya akan sering mangap. Tetapi kacer masih tetap responsif bila dipanggil dan diajak berinteraksi.

 

Selain itu, biasanya kacer yang kepanasan bukan hanya mengeluarkan tanda berupa mangap saja. Tapi juga sering kehausan, menghindar dari sinar matahari, nafasnya ngos – ngosan, hingga bulunya bisa rontok.

 

Tetapi untuk kacer yang mangap karena takut, umumnya hanya akan terjadi ketika burung kacer diikutkan lomba atau sedang latber. Tatapan kacer juga akan terlihat kosong seperti hanya mlongo saja. Dan masalah ini bisa langsung selesai jika lawannya sudah tidak terlihat lagi.

 

Meskipun agar masalah yang sama tidak terulang lagi, anda tetap harus melatih mental kacer agar tidak mudah takut.

 

Cara Mengatasi Kacer Mangap Secara Tidak Wajar

Meskipun kacer mangap bisa disebabkan oleh 2 hal yang berbeda, cara untuk mengatasinya terbilang berhubungan satu sama lain. Nah, berikut ini adalah cara mengatasi kacer mangap secar tidak wajar agar kembali normal.

 

1. Seimbangkan Porsi Jemur dan Mandi

Bila anda tinggal di daerah panas, anda perlu menyeimbangkan porsi mandi dan penjemuran burung kacer. Misalnya sebelum dijemur selama 1 jam, anda mandikan dulu kacer selama 15 menit.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

Dengan begitu kacer masih bisa menjaga suhu tubuhnya tetap stabil karena sisa dari air mandi. Untuk persiapan, sediakan air di dalam mangkok atau wadah untuk kacer mandi sendiri.

 

2. Jangan Jemur Terlalu Lama Bila Cuacanya Panas Terik

Sinar matahari memang baik untuk burung kacer. Namun bila terlalu panas dan terlalu lama, kacer bisa kepanasan dan membuat bulunya rusak. Bahkan kacer bisa mati karena kepanasan bila dijemur dalam waktu yang tidak wajar.

Bila kira – kira cuacanya terlalu panas, jangan jemur kacer lebih dari 1 jam. Dan jangan pernah jemur kacer setelah lewat dari jam 10 pagi.

 

3. Krodong Dan Jauhkan Kacer Bila Mangap ketika Lomba

Bila kacer mangap yang anda alami terjadi di area lomba, segera krodong sangkar dan jauhkan dulu dari area lomba. Kemudian, buka kembali krodong di area yang sepi dan jauh dari burung lain.

Bila ada ef di sangkarnya, buang dulu ef tersebut dan ganti dengan air & voer biasa. Kemudian angin – anginkan kacer hingga ia terlihat tenang.

 

4. Lakukan Latber Untuk Melatih Mentalnya

Agar masalah yang sama tidak terulang lagi, anda perlu melatih mental fighter kacer. Salah satunya adalah dengan melakukan latber dengan burung kacer lain.

Sehingga ketika ikut lomba berikutnya, kacer tidak akan mangap lagi.

Seperti itulah beberapa cara mengatasi kacer dan penyebabnya. Ternyata, kacer yang mangap tidak selamanya disebabkan karena kepanasan saja.

Jangan lupa untuk memberikan suplemen atau multivitamin yang berkualitas seperti Maxiplus agar burung tetap sehat dan gacor.

Leave a Comment