5 Burung Kicau Favorit Di Singapura Yang Perlu Anda Ketahui

Seperti halnya di Indonesia, ternyata orang-orang Singapura juga sangat menyukai burung kicau. Banyak orang sana yang memelihara burung sebagai hiasan rumah, maupun sebagai kontes lomba.

Salah satu tempat lomba burung kicau paling terkenal di Singapura adalah “Kebun Baru Bird Singing Club”. Sejak tahun 80an, Kebun Baru menjadi tempat favorit berkumpulnya para kicaumania di Singapura.

Hwamei menjadi salah satu burung favorit di Singapura
Burung hwamei

Ternyata jenis burung yang di lombakan di Singapore tidak jauh beda dengan Indonesia. Hanya saja, di negara kita ini lebih beragam lagi mengenai jenisnya.

Jenis burung tersebut menjadi favorit dan banyak diminati oleh warga Singapore. Apa saja jenis burung kicau tersebut?

Burung Kicau Paling Populer Di Singapura

1. Merbak jambul (Red-whiskered bulbul)

Burung kicau yang paling populer pertama adalah merbak jambul. Di Indonesia sendiri, burung ini dikenal dengan nama Merbah Jambul.

Merbak Jambul

Ciri khas burung ini adalah kicauanya yang sangat merdu, sehingga banyak orang menyukai satu burung ini.

Di Singapura, merbah jambul menjadi burung kicau yang dilombakan pada kelas utama. Namun, di Indonesia burung ini tidak di lombakan karena tergolong burung langka saat ini.

 

2. Shama Bird (Murai Batu)

Kedua adalah burung murai batu atau dikenal dengan nama “shama”. Murai Batu juga menjadi burung favorit baik di rumahan maupun di ajang kontes burung kicau.

Bahkan, breeding murai di Singapura sudah sangat maju, sehingga banyak muncul mutasi murai yang sangat menakjubkan. Diantaranya adalah, murai batu albino, murai batu hitam, dan murai dengan ekor yang sangat panjang sampai 30cm.

3. Mata Puteh (Pleci)

Burung favorit ketiga adalah burung mata puteh, di Indonesia sendiri burung ini dikenal dengan sebutan “pleci”.

Pleci menjadi burung kicau peliharaan yang banyak disukai orang Singapura. Selain untuk burung rumahan, pleci juga termasuk dalam burung lomba yang biasa di lombakan di Singapore.

 

4. Merbok (Perkutut)

Keempat adalah burung merbok, atau di Indonesia burung ini terkenal dengan sebutan Perkutut. Ternyata burung perkutut sangat di minati warga Singapore.

Tak hanya itu, perkutut juga menjadi burung lomba yang paling favorit. Sehingga gantangan perkutut di Singapura sangat ramai.

5. Hwamei

Yang terakhir adalah burung hwamei, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis burung ini.

Dengan ciri khas suara yang rol tembak menjadikan burung ini banyak di minati. Hwamei juga menjadi salah satu kelas burung kicai favorit di kontes burung kicau Singapore.

Hwamei sempat hilang jejak di Indonesia pada tahun 2000an, namun sekarang mulai banyak bermunculan lagi dan anda sudah bisa membeli burung ini lagi.

Itulah 5 jenis burung kicau yang paling populer di Negara Singapura. Ternyata jenis burung di sana tidak jauh beda dengan Indonesia ya.

Reference : Pets Magazine Of Singapore

 
Cek 👉 : Jual Ring Burung Tulis Nama Sendiri, Garansi Paling Murah!!
 

Leave a Comment