Wajib Tahu! Inilah Manfaat dan Kerugian Cacing Untuk Murai Batu

Halo sobat pamankicau Nusantara, sudahkah anda tahu apa manfaat cacing untuk murai batu? Hah, yang benar saja masa iya cacing punya manfaat untuk murai?

Benar sekali paman, cacing mempunyai beragam manfaat bagi murai batu. Baik bagi kesehatan, maupun bagi hal penunjang lain seperti performa kicauan murai batu. Cacing yang kami maksud adalah cacing tanah loh ya, bukan cacing penyakit yang menyerang tubuh burung!

Masih asing dengan pemberian cacing untuk burung khususnya murai batu? Coba anda main-main ke blog burung singapore atau ke grup pecinta murai batu Singapore deh. Malah disana cacing jadi makanan utama yang diberikan setiap hari untuk MB.

Bukan hanya punya banyak manfaat saja, tapi juga gratis karena bisa mencarinya sendiri di sekitar rumah. Mengingat harga jangkrik di Singapore sangat mahal hingga 200rb per ons.

Penasaran? Mari langsung saja kita bahas beberapa manfaat cacing tanah untuk murai batu dan efek samping yang ditimbulkannya.

Ragam Manfaat Cacing Untuk Murai Batu

1. Bisa meredam emosi murai batu

Apakah anda salah satu pemain murai batu? Nah kalo iya cocok banget nih. Cacing tanah sangat bermanfaat untuk murai batu lomba/lapangan. Apa manfaatnya? Salah satunya adalah bisa meredam emosi murai batu.

Memberikan cacing pada H-1 lomba akan membuat emosi murai menjadi lebih stabil. Sehingga ia bisa mengontrol emosinya ketika bertemu dengan lawan di arena lomba.

Selain itu, cacing juga bisa mencegah terjadinya over emosi ketika murai bertemu dengan lawan. Tahu sendiri kalo MB sudah over emosi, pasti ia akan mengejar lawan dan pastinya mengurangi penilaian.

2. Sebagai penyetabil birahi murai batu

Selain untuk meredam emosi, manfaat lain cacing untuk murai batu adalah sebagai penyetabil kondisi birahinya. Kalo anda punya MB yang birahinya gampang naik, alias mudah OB berikan saja cacing 2x dalam seminggu.

Hal ini juga ampuh untuk menyembuhkan murai batu ngelowo yang di karenakan oleh Over birahi. Dengan rutin memberikan cacing, kondisi birahi murai akan menjadi stabil dan mudah untuk diseting.

3. Meningkatkan power murai batu

Cacing tanah mempunyai kandungan nutrisi yang sangat tinggi dibanding dengan EF lainnya. Cacing mengandung vitamin, mineral, zat besi, asam amino, dan kalsium dengan konsentrasi tinggi.

Bahkan kandungan protein pada cacing mencapai 60-70% di dalam tubuhnya. Selain itu, kandungan asam amino dalam cacing tanah mencapai 78-79 gram tiap liter. Lebih mengejutkannya lagi, cacing merupakan bahan utama yang dijadikan sebagai makanan bernutrusi tinggi di China.

Gak heran deh murai batu akan semakin super power kalo rutin diberikan cacing.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat cacing untuk murai batu yang selanjutnya adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Gampangnya gini, wong buat manusia aja sangat bagus untuk memperbaiki sistem imun dan menambah kekebalan tubuh, apalagi untuk burung.

Mengingat kandungan nutrisi yang terkandung pada tubuh cacing sangatlah tinggi, sehingga gak heran kalo bagus untuk sistem kekebalan tubuh murai batu.

5. Mengobati gangguan saraf

Pernah melihat murai batu tetelo atau lumpuh? Kalo melihat kasus seperti itu, anda bisa memberikan seekor cacing setiap hari untuk mengobati tetelo dan gangguan saraf lainnya.

Selain untuk mengobati, rutin memberikan cacing juga bisa mencegah timbulnya penyakit yang disebabkan oleh saraf, seperti tetelo, lumpuh, dan lain sebagainya.

6. Bisa menyembuhkan luka

Manfaat cacing bagi MB selanjutnya adalah bisa mempercepat penyembuhan luka pada tubuh murai batu. Misal nih, gak sengaja kaki murai luka, atau terdapat luka pada tubuh MB yang gak anda sadari.

Kalo anda takut murai batu jadi stress karena dipegang tangan ketika proses pengobatan, berikan saja cacing setiap hari untuk mengobati luka pada MB.

7. Dapat meningkatkan kecerdasan murai batu

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

8. Menambah tingkat kegacoran burung

9. Bisa menjaga kesehatan bulu murai batu

10. Meningkatkan kualitas reproduksi murai batu (khsususnya untuk indukan)

11. Membantu proses tumbuh kembang murai

Kerugian Cacing Tanah Untuk Murai Batu

Kalo bisa dibilang sih, gak ada kerugiannya sama sekali alias tidak ada efek samping yang buruk kalo rutin memberikan cacing tanah untuk murai batu.

Misal ada yang bilang memberikan cacing setiap hari bisa membuat murai hilang fighter, itu salah! Tidak ada hubungannya dengan cacing, bahkan kami sudah membuktikannya sendiri dan murai tetap fighter.

Seperti penjelasan kami diatas, di Singapore malah cacing menjadi menu utama yang diberikan setiap hari untuk murai. Coba anda lihat deh, gak ada MB di Singapore yang kurang fighter bahkan gak ada yang ngelowo sama sekali.

Dengan catatan pemberian cacing yang wajar, dan tidak berlebihan (maksimal 2 ekor setiap pemberian). Hal ini bertujuan untuk menghindari kelebihan protein pada Murai.

Cara Memberikan Cacing Untuk Murai Batu

Hmm setelah tahu beragam manfaat luar biasa cacing yang tidak yerduga diatas, anda tertarik untuk memberikan cacing untuk murai? Baiklah saya akan jelaskan singkatnya saja ya.

  • Pastikan yang anda berikan adalah cacing tanah, bukan cacing got maupun cacing lain.
  • Bersihkan cacing dari sisa-sisa tanah yang menempel pada tubuhnya.
  • Berikan 1 ekor cacing full tanpa dipotong (biar dipotong sendiri) pada pagi hari.
  • Porsi pemberian cacing yang bagus adalah 3x seminggu secara rutin di pagi hari sebanyak 1 ekor.
  • Untuk murai batu yang akan lomba, berikan juga 1 ekor cacing sore hari pada H-1 lomba.

 

Ingin mengganti jangkrik dengan cacing sebagai menu utama MB setiap hari? Boleh saja malah sangat bagus!

Itulah pembahasan kami pada kesempatan kali mengenai berbagai manfaat dan efek samping cacing untuk murai batu. Semoga dengan artikel ini, wawasan anda di dunia murai batu semakin luas dan bisa share ke teman-teman yang lain sesama pecinta murai batu.

Terimakasih.

Categories Murai
     

Leave a Comment