5 Cara Cepat Membuat Cucak Ijo Jambul Ngentrok

Ngentrok memanglah lebih didefinisikan sebagai keadaan emosional burung, terlebih cucak ijo serta tidak terlampau dipengaruhi oleh keadaan birahi. Nah pada kali ini pamankicau akan membahas cara cepat membuat cucak ijo jamtrok atau jambul ngentrok.

Pada cucak ijo, ngentrok adalah sebuah keadaan emosi yg benar-benar tinggi. Selain itu juga bisa di pengaruhi oleh faktor pakan serta perawatan yang didapatkan kepadanya.

Juga style ngentrok tidak cuma nampak di lapangan. Dirumah juga, dalam keadaan sendiri, cucak hijau juga dapat ngentrok.

Bagaimana sih agar cucak ijo bisa jamtrok ? Baik simak beberapa rawatan dibawah ini.

Tips Membuat Cucak Ijo Ngentrok

1. Embunkan Cucak Ijo Setiap Hari

Cucak ijo merupakan tipe burung yang sangat suka dengan embun pagi, walaupun ada juga beberapa kasus yang cucak ijo tidak cocok jika di embun.

Coba anda embunkan di pagi hari, jika mau bunyi, berarti CI suka dengan embun pagi. Dan sebaliknya, kalo di embunin malah tidur berarti ia gak suka dengan setingan embun.

Pengembunan sangat bermanfaat bagi kesehatan nafas burung, manfaat lain dari pengembunan adalah membuat kondisi birahinya menjadi stabil.

2. Jangan Berikan Buah Secara Monoton

Hal ini juga sangat mempengaruhi performa cucak ijo, pasti akan beda hasil jika cucak ijo hanya makan pisang, dengan cucak ijo yanh mendapat asupan nutrisi dari buah-buahan lain seperti pir, dan pepaya.

Berikan pepaya atau buah pir setiap seminggu sekali, jika buah tersebut mungkin dirasa terlalu mahal, anda bisa memberikan buah karsem/kersen.

3. Setingan Extra Fooding yang pas

Syarat utama cucak ijo bisa jamtrok saat berkicau adalah kondisi birahi tinggi, emosi tinggi, dan mempunyai tenaga yang prima. Ketiga hal diatas adalah syarat mutlak agar burung bisa tampil maksimal.

Selain memberikan buah sebagai pakan utamanya, berikan juga jangkrik sebanyak 3 pagi, 3 siang, dan 3 sore setiap harinya.

Tentunya anda bisa menambah porsi pemberian jangkrik jika merasa cucak ijo kurang maksimal.

4. Umbar Cucak Ijo Secara Rutin

Pengumbaran sangat penting bagi burung lomba. Selain mengasah stamina, pengumbaran juga bisa membuat nafas burung menjadi panjang dan kondisi tubuhnya tetap terjaga.

Sebaiknya umbar CI minimal seminggu 1x dengan durasi pengumbaran 5 jam. Namun jika anda tidak punya umbaran juga tidak masalah, bisa nitip ke temen atau nabung untuk membuat umbaran, hehe.

5. Berikan Multivitamin Khusus Cucak Ijo

Ada sebuah suplemen alami yang bagus untuk cucak ijo, yaitu air belimbing. Selain bagus, cucak ijo juga sangat suka dengan minuman tersebut. Anda bisa memberikan air perasan belimbing secara rutin seminggu sekali.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

Jika di daerah anda tidak ada buah belimbing, bisa juga diberikan vitamin lain yang bisa mendongkrak power cucak ijo, seperti maxiplus.

6. Biasakan Makan Ulat Hongkong

Walau terlihat sangat sepele, ternyata ulat hongkong sangat bermanfaat bagi cucak ijo. Yaitu menaikan emosi dengan cepat, bagi cucak ijo lomba hukumnya wajib untuk doyan makan UH.

Karena ada banyak kasus cucak ijo yang tidak doyan ulat hongkong, maka dari itu anda perlu melatih dan membiasakan ia makan UH.

Berikan UH setiap seminggu sekali jika tidak ingin main, namun jika ingin buat lomba, setingannya tentu beda. Silahkan baca dibawah ini

 

Setingan Cucak Ijo Menjelang Lomba

Ini adalah setingan cucak ijo ketika mau lomba yang biasa saya gunakan, silahkan jika ingin diterapkan pada gacoan CI teman-teman.

  • H-3 : Burung mandi serta jemur seperti hariannya. Tetapi porsi jangkrik diberikan tiga kali lebih banyak dari pada umumnya. Diluar itu, berikanlah 3 ekor ulat hongkong.
  • H-1 : Burung terus mandi serta jemur. Setelan EF terus sama. Usai dijemur, burung segera full kerodong sampai pagi mendekati lomba.
  • Hari-H :  Cukup bersihkan kandang dari kotoran serta sisa pakan. Kemudian, buah diganti dng yg baru (idealnya apel atau pir).
  • Jangan lupa berikan ulat hongkong serta ulat bambu masing-masing 3 ekor, sebelum saat burung dibawa ke lapangan.

 

Bila kurang panas, porsi dapat dinaikkan. Apabila terlalu birahi, porsi dapat di turunkan.

Itulah cara saya menyeting cucak ijo sehingga bisa tampil jambul Ngentrok saat bertemu musuh maupun saat berkicau sendiri dirumah.

Semoga bermanfaat ya.

Leave a Comment