Cara Mudah Menurunkan Birahi Lovebird Dalam 1 Minggu (Pengalaman)

Masalah umum yang terjadi pada semua burung lomba adalah overbirahi atau biasa dikenal dengan OB. Begitupun juga lovebird, jika kondisinya sudah overbirahi pasti banyak kendala saat diseting.

Efek buruk bagi lovebird yang birahinya tinggi adalah kehilangan durasi ngekek, ini adalah masalah serius yang kerap terjadi. Selain itu masalah-masalah lain juga masih banyak, contohnya merambat jeruji dan lain sebagainya.

Menurunkan birahi lovebird membutuhkan waktu yang tidak sebentar, ya kira-kira 1 minggu lah. Baiklah mari kita simak dulu penyebab lovebird OB, karena ini penting agar anda bisa menghindari hal-hal ini di di kemudian hari.

 

Penyebab Lovebird Over Birahi

1. Memberikan Pakan Racikan

Penyebab birahi lovebird menjadi over yang pertama adalah karena terlalu sering memberikan pakan racikan. Pakan racikan ini tentu ada yang bagus dan ada yang kurang bagus. Karena tidak semua lovebird akan cocok jika diberi pakan racikan.

Biasanya, pakan racikan sudah dicampur dengan rempah-rempah, canary seed, milet merah, dan milet hitam. Ketiga bahan tersebut sangat cepat untuk menaikan birahi lovebird. Sehingga jika diberikan secara terus-menerus efeknya tidak bagus.

Ada juga yang memberikan pakan perkutut, itu juga sama dengan pakan racikan ya om. Yaitu sama-sama bisa menaikan birahi lovebird dengan cepat. Bahkan bulu lovebird bisa rontok dan selalu nyulam bulu jika tidak cocok.

 

2. Kesalahan Rawatan Harian

Merawat lovebird secara asal-asalan atau semau kita sendiri juga menjadi penyebab utama timbulnya OB pada lovebird. Bisa dibilang juga lovebird kurang terawat sehingga kondisi birahinya semakin hari semakin tinggi.

Seperti

  • Tidak pernah di embun
  • Jarang dimandikan
  • Terlalu sering melihat lovebird lain dari kejauhan
  • Mendengar koloni lovebird
  • Memberikan vitamin asal-asalan
  • Pemberian EF yang over namun tidak disertai perawatan yang bagus.

 

Cara Mengatasi Lovebird Over Birahi

Jika lovebird anda sudah terlanjur overbirahi, anda bisa melakukan beberapa perawatan dan terapi dibawah ini untuk menurunkan birahi lovebird secara cepat. Terapi ini berlaku untuk semua jenis lovebird, lovebird jantan maupun betina.

Silahkan lakukan secara konsisten setiap hari.

 

1. Terapi Mandi Malam 1 Minggu

Cara menurunkan birahi lovebird yang pertama adalah melakukan terapi mandi malam selama full 1 minggu. Mandi malam terbukti efektif dan membuahkan hasil maksimal untuk menurunkan birahi.

Bahkan cara ini saya lakukan untuk pengedropan birahi lovebird dalam proses penggacoran LB betina. Mandi malam dilakukan dengan cara menyemprot hingga setengah basah menggunakan bantuan spayer.

Oh iya, mengenai waktu terbaik untuk mandi malam adalah sekitar jam 7 hingga jam 8 malam. Setelah selesai, segera masukan LB anda ke dalam rumah kembali.

 

2. Wajib Embun Pagi Setiap Hari

Terapi kedua yang harus anda lakukan untuk menurunkan birahi lovebird jantan maupun betina adalah mengembunkan di pagi hari. Memang sih cara ini efektif untuk menyetabilkan birahi, tapi tahu sendiri rasa malas bangun pagi pasti menghalangi niat kita, wkwkwk.

Sudah gak asing lagi deh kalo embun pagi sangat bermanfaat bagi lovebird, baik untuk kesehatan, maupun kesetabilan birahinya.

Bahkan saya juga melakukan terapi ini untuk mengatasi lovebird yang rusak. Tadinya ngekek 60 detik, terus rusak dan durasinya malah jadi 10 detik.

Kemudian saya lakukan terapi embun pagi dari jam 3 sampe jam 6 selama 1 bulan, dan alhamdulillah durasinya pulih lagi.

 

3. Lakukan Mandi Pagi Setiap Hari

Setelah pengembunan selesai, kini saatnya untuk memandikan lovebird lagi. Cara pemandian yang saya lakukan juga masih sama, yaitu menggunakan semprotan. Kalo mandi malam setengah basah, kalo mandi pagi beda, yaitu full basah kuyup.

Jangan lupa sangkar lovebird juga sambil dibersihkan, air minum dan kulit milet juga dibersihkan. Kalo sudah selesai, lanjut untuk mengangin-anginkan hingga bulunya kering.

 

4. Jangan Dijemur Terlebih Dahulu

Seperti cara ke-3, setelah dimandiin langsung di angin-anginkan saja alias tidak perlu dijemur dulu. Penjemuran bisa membuat birahinya kembali naik dan terapi yang kita lakukan bisa sia-sia.

Maka dari itu, hindari menjemur lovebird hingga birahinya kembali pulih atau stabil kembali. Kalo udah stabil apa boleh dijemur lagi om? Boleh saja, namun maksimal penjemuran hanya 15 menit.

Kalo ada yang bilang lovebird OB itu harus dijemur setiap hari itu salah. Justri kondisinya malah semakin OB, karena saya sudah membuktikan sendiri. Jika anda mau experimen juga silahkan hehe.

 

5. Kurangi EF Untuk Sementara

Extra fooding atau biasa dikenal EF tentu sangat bagus untuk mendongkrak performa lovebird, apalagi lovebird lomba. Disamping itu, EF juga dapat menaikan birahi lovebird. Oleh sebab itu, pemberian EF sementara bisa dikurangi terlebih dahulu.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

Dikurangi jadi berapa om? Berikan saja 2x dalam seminggu, dengan catatan hanya berikan EF berupa jagung saja. Jangan diberikan kangkung terlebih dahulu.

 

6. Berikan Pakan Polosan

Mengatasi lovebird OB selanjutnya adalah memberikan pakan polos setiap hari. Anda belum tahu apa itu pakan polos? Yahh cape dehh.

Pakan polos itu sebutan untuk pakan milet putih kiloan yang belum dicampur dengan bahan atau ramuan apapun, sehingga masih polos tanpa dosa-dosa, hehe.

Cukup berikan milet putih kiloan sebagai makanan utama disaat ia sedang birahi tinggi. Dengan begitu, birahinya akan berangsur menurun seiring berjalannya waktu atau kalo supir truk bilang “indah pada waktunya”.

Oh iya untuk sementara ini, hindari beberapa pakan pendongkrak birahi lovebird ya.

 

7. Berikan Glodok Pada Sangkar

Terapi menurunkan birahi lovebird yang terakhir adalah menggunakan media glodok. Anda bisa menggunakan glodok bambu yang dimasukan pada kandang kapsul, ataupun menggunakan glodok biasa di dalam kandang kotak.

Walaupun lovebird sudah di glodok, tentunya juga harus melakukan perawatan seperti diatas. Kalo tidak melakukan terapi apa-apa ya percuma lah om bos.

Ini berlaku jika anda punya glodok loh ya, kalo gak punya ya tidak masalah juga kok, yang penting lakukan terapi diatas secara konsisten setiap hari.

 

Pakan Penurun Birahi Lovebird

Sebagai tambahan, saya akan sharing beberapa makanan yang bisa digunakan untuk menurunkan birahi lovebird. Namun sayangnya tidak semua lovebird doyan dengan makanan ini.

Apa saja pakan penurun birahi lovebird?

  1. Mentimun
  2. Daun kemangi
  3. Krokot
  4. Gabah bangkok

 

4 jenis pakan diatas bisa digunakan untuk lovebird yang OB, cara pemberiannya juga mudah. Untuk sayuran, berikan saja seperti memberi EF pada umumnya.

Untuk pemberian gabah bangkok, anda bisa mencampurkan dengan pakan harian atau milet.

Menurut saya pribadi, sayuran yang paling efektif menurunkan birahi lovebird adalah timun. Bahkan timun juga merupakan EF wajib yang saya berikan untuk lovebird setiap 2 minggu sekali, dengan tujuan penyetabilan birahi.

Atau anda bisa baca penjelasan lengkap saya kemaren mengenai manfaat timun untuk lovebird.

Itulah pengalaman yang saya lakukan untuk menurunkan birahi lovebird betina maupun lovebird jantan. Dengan berbagai terapi diatas, semua gacoan lovebird dirumah yang OB kini sudah kembali stabil dan bisa berprestasi lagi.

Semoga tips diatas bisa bermanfaat untuk rekan-rekan lovebird mania dimanapun anda berada. Tetap semangat dan lakukan secara konsisten agar bisa membuahkan hasil yang maksimal.

Jika ada masukan atau pertanyaan silahkan tulis saja di kolom komentar, pasti pertanyaan anda akan saya jawab. Terimakasih, salam ngekek mania dari Semarang.

     

Leave a Comment