Cara Membedakan Ciblek Anakan Jantan dan Betina 100% Akurat

Ciblek adalah salah satu burung kicau yang paling digemari para kicau mania. Terkadang beberapa orang ingin memelihara ciblek dari anakan sampai bisa gacor.

Tapi, sebelum membeli anakan ciblek, anda perlu tahu perbedaan antara ciblek anakan jantan dan betina, sehingga tidak ditipu oleh penjual. Bagi orang awam atau yang baru memelihara ciblek akan susah membedakannya, padahal sebenarnya bisa dilihat dari fisiknya.

Mulai dari bentuk tubuh, bentuk paruh, bentuk kaki dan area fisik lainnya terdapat perbedaan tersendiri bila diperhatikan secara seksama.

Perlu anda ketahui bahwa yang bisa berkicau nembak dan ngebren adalah ciblek jantan. Bagi yang belum tahu perbedaan nya, bisa simak ulasan di bawah ini.

 

Ciri Ciblek Anakan Jantan

Ciri fisik ciblek anakan jantan

Berikut adalah ciri umum ciblek anakan jantan yang dibagikan oleh teman-teman Ciblek Mania Indonesia pada kami.

 

1. Paruh Berwarna Hitam

Jika anda amati dengan jelas, anakan ciblek jantan mempunyai warna hitam memanjang pada paruh bagian bawah. Ketika ia sudah dewasa, warna hitam paruhnya hanya terletak di bagian bawah saja.

Jadi warna hitamnya memanjang seperti garis, bukan hanya sekedar titik atau corak sedikit.

Nah jika ciblek anakan yang anda mau beli mempunyai warna ujung paruh yang seperti itu, kemungkinan besar anakan ciblek tersebut jantan. (Tidak mutlak menjadi patokan)

 

2. Bentuk Kepala Besar

Ciri anakan ciblek jantan yang selanjutnya anda bisa melihat pada bagian kepala. Pada anakan jantan, bentuk kepalanya akan terlihat besar. Namun anda perlu membandingkan dengan anakan lain (jika memang ada banyak pilihan).

Selain kepala yang lebih besar, anakan ciblek jantan juga mempunyai corak mata yang tajam dan bentuk alis yang tipis. Karena ketika sudah dewasa nanti, alis ini akan hilang.

 

3. Kaki Besar dan Kuku Hitam

Ciri selanjutnya anda bisa melihat pada bagian kaki, jika anakan yang akan anda pilih mempunyai bentuk kaki yang panjang, besar dan terlihat gagah kemungkinan ciblek tersebut berjenis kelamin jantan.

Selaim itu, anda juga bisa melihat warna kukunya, pilih anakan yang mempunyai warna kuku hitam ataupun agak kecoklatan.

 

4. Dubur Agak Menonjol

Jika anda diperbolehkan memegang anakan ciblek oleh penjual, anda bisa memegang dan meraba bagian pen duburnya (kloaka).

Jika menonjol, atau terasa agak ada benjol-benjolnya kemungkinan besar ciblek tersebut jantan. Tapi jangan diraba terlalu keras ya, kasihan masih kecil jangan dinakalin hehe.

 

5. Sudah Bisa Ngeriwik

Ini adalah ciri mutlak untuk ciblek anakan jantan. Pada saat umurnya mulai 2 bulan, ciblek anakan jantan akan mulai bunyi ngeriwik alias belajar bunyi. Yah walaupun suara ciblek masih belum jelas, dan terdengar kemricik.

Misal nih anda baru membeli, nah sudah dirawat selama 1 bulan sejak pertama membeli, kalo ia sudah mulai ngeriwik, saya jamin itu ciblek berjenkel jantan 100%.

 

Ciri Ciblek Anakan Betina :

Yang selanjutnya adalah ciri ciblek anakan betina, hampir semua cirinya adalah kebalikan dari ciblek jantan. Tapi biar anda tambah jelas, silahkan dicermati baik-baik ya.

 

  • Kalau pada ciblek anakan betina, warna hitam pada paruh bagian bawah terlihat pudar atau cuma nitik saja.
  • Sementara postur tubuh ciblek anakan betina lebih kecil.
  • Bentuk ekor ciblek betina tidak rapat dan panjang.
  • Kalau bentuk kepala, ciblek betina lebih kecil daripada ciblek jantan.
  • Bentuk kaki lebih pendek dan kecil. Selain itu, juga berwarna pink atau kemerah-merahan.
  • Warna kuku juga putih alias tidak gelap seperti ciblek jantan.
  • Walaupun sudah berumur 2 bulan, anakan ciblek betina tetap bunyi cit cit saja (tidak bisa ngeriwik).

 

Kesimpulan

Ciri fisik hanyalah media pendukung saja untuk memilih anakan ciblek jantan. Kenapa? Karena jika hanya dilihat sekilas, keduanya akan mempunyai bentuk tubuh yang nyaris sama, sehingga anda harus meraba bagian kloaka.

Namun jika ciblek sudah bisa ngeriwik, anda tidak perlu repot-repot dan bingung untuk melihat bentuk fisiknya, saya jamin deh kalo udah bunyi ngeriwik, ciblek tersebut pasti jantan.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi rekan-rekan ciblek ya, jika masih bingung langsung tanya aja jangan malu-malu. Terimakasih

Categories Ciblek
 
Cek 👉 : Jual Ring Burung Tulis Nama Sendiri, Garansi Paling Murah!!
   

Leave a Comment