5+ Cara Membedakan Kenari Jantan dan Betina Akurat

Cara membedakan kenari jantan dan betina sebenarnya ada banyak. Bahkan tanpa bantuan alat apapun, Anda bisa menemukan perbedaanya dengan sangat mudah. Yang penting teliti dan memperhatikan seluruh bagian tubuhnya dengan seksama.

Karena meskipun burung kenari jantan dan betina punya fisik yang serupa, namun tetap ada perbedaan di antara kedua jenis kelamin ini.

Walaupun memang, cara tercepat untuk mengetahui jenis kelamin burung adalah dengan melakukan DNA sexing atau tes DNA. Dengan begitu Anda juga bisa mendapatkan surat resmi apakah burung kenari tersebut berjenis kelamin jantan atau betina dari hasil laboratorium dan serangkaian tes sesuai prosedur pemeriksaan.



 

5+ Cara Membedakan Kenari Jantan dan Betina

Jika memang belum ada apotek khusus hewan atau dokter hewan yang menyediakan layanan DNA sexing, kami punya beberapa alternatif cara membedakan kenari jantan dan betina. Nah, silahkan lihat cara-caranya di bawah ini.

 

1. Posisi Mata dan Garis Paruh

Kenari jantan selalu punya posisi mata yang sejajar dengan garis hingga ujung paruhnya. Anda bisa menarik garis menggunakan benang, penggaris, atau alat bantu lainnya.

Jika ujung paruh tidak sejajar dengan mata atau bola matanya berada di atas garis paruh, maka burung kenari yang Anda miliki adalah betina. Cara ini merupakan cara yang paling mudah dan pastinya Anda bisa melihatnya tanpa bantuan alat sekalipun.

 

2. Kaki Kenari

Selanjutnya adalah dari kaki burung kenari. Jika Anda perhatikan, tiap burung kenari punya struktur dan ukuran kaki yang berbeda-beda.

Sebab kenari yang berjenis kelamin jantan memiliki struktur jari yang renggang dan cenderung lebih panjang. Sedangkan kenari betina punya ukuran kaki yang kebalikannya, lebih pendek dan jarak antar jarinya rapat.

 

3. Suara Kenari

Seperti jenis burung kicau lainnya, kenari jantan selalu punya suara yang lebih nyaring dan gacor. Proses pelatihan dan memaster kenari jantan juga jauh lebih mudah. Sebaliknya, kenari betina punya suara yang lebih pelan dan tidak begitu gacor. Anda juga butuh kesabaran ekstra jika ingin melatihnya.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

Itulah mengapa, burung kenari jantan sangat cocok jika Anda ingin mengurusnya agar bisa gacor dan diikutkan kontes atau lomba. Karena melatih burung kenari betina sangat sulit dan perlu waktu yang lama. Kebanyakan kicau mania menganggap usaha yang Anda keluarkan tidak sepadan dengan hasil yang didapatkan.

 

4. Bentuk Lubang Kloaka

Cara membedakan kenari jantan dan betina yang berikutnya adalah dengan melihat lubang kloaka atau dubur burung Anda. Agar tidak jijik, Anda bisa membersihkan atau memandikan dulu burung hingga bersih dan mengeringkannya.

Burung kenari yang jantan punya kloaka yang bentuknya lebih menonjol dan sedikit lonjong. Sedangkan kenari betina punya lubang kloaka yang datar dan lebih rata.

 

5. Pembuluh Vena

Sekarang untuk membedakan jenis kelamin burung kenari yang masih anakan di bawah 1 minggu, Anda bisa melihatnya langsung di urat perutnya. Jika terlihat pembuluh darah, tepatnya pembuluh darah vena, di bagian perut burung, maka kemungkinan besar kenari tersebut adalah jantan.

Jika ada pembuluh darah namun warna dan bentuknya agak samar, burung yang Anda pegang tersebut adalah betina. Pembuluh ini biasanya berwarna biru ke-unguan.

 

Penutup

Itulah dia kumpulan cara membedakan kenari jantan dan betina tanpa bantuan alat apapun. Jika ingin burung kenari Anda cepat gacor dan sering bongkar isian, jangan lupa beri vitamin Maxiplus sebagai nutrisi tambahan penggacor burung.

Leave a Comment