100% Akurat! Cara Membedakan Pleci Jantan dan Betina

Cara membedakan pleci jantan dan betina sangat penting bila Anda memang berniat membuat bisnis ternak burung pleci. Karena tanpa tahu jenis kelamin tiap burung, pastinya akan sulit untuk mengawinkan pleci dan bisnis ini tidak akan bisa berjalan dengan baik.

Pleci sendiri merupakan jenis hewan dengan tipe dimorphism. Artinya jenis kelamin jantan dan betina sulit ditentukan jika hanya menggunakan mata telanjang. Berbeda dengan anjing atau kucing yang bisa langsung dilihat jenis kelaminnya.

Oleh karena itu, Anda perlu paham cara membedakan pleci jantan dan betina khusus agar tidak perlu melakukan DNA Sexing tiap kali ingin menentukan jenis kelaminnya.

 

Cara Membedakan Pleci Jantan dan Betina

Sebenarnya ada beberapa ciri fisik dari burung pleci yang menjadi penentu jenis kelaminnya. Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami jelaskan apa saja teknik yang bisa Anda ikuti.

 

1. Cek Buntutnya

Ekor burung pleci yang jantan ukurannya selalu lebih panjang daripada yang betina. Tentunya umur ekor pleci juga harus sama, sekitar 3 hingga 4 bulan atau minimal ketika kira-kira burung pleci sudah tidak tumbuh lagi.

Selain itu, bentuk ekor pleci yang betina cenderung rata dan tidak berbentuk. Sedangkan pada burung yang jantan, ekornya berbentuk seperti huruf “V” dengan ujungnya seperti lancip.

 

2. Lihat Bentuk Mata Pleci

Pleci atau burung kacamata memang miliki ciri khas berupa lingkaran di sekitar bola matanya yang berbentuk bulat. Tetapi bentuk dari lingkaran ini sebenarnya berbeda antara burung jantan dan betina.

Jika Anda lihat dengan seksama, burung pleci jantan selalu memiliki lingkaran di sekitar mata dengan bentuk yang lebih tebal dan terputus-putus. Sedangkan pada betina, bentuknya lebih tipis dan cenderung lebih rapih.

 

3. Perhatikan Postur Tubuh Burung

Cara membedakan pleci jantan dan betina yang berikutnya adalah dari postur tubuhnya ketika sedang berdiri atau nangkring. Untuk mengikuti cara yang satu ini, Anda perlu mempersiapkan tangkringan di sangkar burung pleci dari kayu atau ranting.

Burung pleci yang jantan tubuhnya cenderung lebih kecil dan posturnya seperti lebih memanjang atau melonjong. Sedangkan burung betina memiliki tubuh yang terlihat lebih bulat dengan ukuran badan yang lebih besar.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

 

4. Warna Burung Pleci

Hampir sama dengan burung lainnya. pleci jantan juga selalu warna burung dengan corak dan saturasi yang lebih mencolok. Hal ini digunakan untuk menarik perhatian sang betina selain dari kicauannya.

Sedangkan burung betina memiliki warna bulu yang lebih kusam dan cenderung lebih gelap. Anda bisa melihat ciri yang satu ini dengan sangat jelas ketika menjajarkan beberapa burung pleci dalam satu tangkringan atau di dalam sangkar masing-masing.

 

5. Bentuk Paruh

Perbedaan burung pleci jantan dan betina yang terakhir adalah dari bentuk paruhnya. Jika Anda perhatikan, paruh pleci jantan bentuknya lebih pendek namun lebih tebal dan terlihat kokoh.

Sedangkan paruh pada burung pleci betina bentuknya cenderung lebih panjang dan tajam. Selain itu, paruhnya juga cenderung lebih tipis baik yang bawah maupun yang atas. Silahkan bandingkan sendiri tiap pleci yang Anda punya.

 

Akhir Kata

Untuk cara-cara di atas hanya bisa diterapkan jika Anda membandingkan tiap faktor. Jika ada burung yang paruhnya pendek, warnanya mencolok, dan posturnya melonjong, artinya pleci tersebut jantan. Dan begitupun sebaliknya.

 

Itulah dia cara membedakan pleci jantan dan betina 100% akurat. Jangan lupa berikan vitamin Maxiplus agar pleci Anda semakin gacor setiap hari.

Leave a Comment