√ Cara Mengatasi Cendet Yang Suka Miyik Oleh Om Wisnu

Salah satu kendala yang sering dialami saat memelihara burung cendet adalah tingkah lakunya yang manja atau biasa dikenal dengan istilah miyik. Perilaku ini sangat mempengaruhi kualitas kicauan dan kegacoran burung ini.

Bagaimana mau bunyi, ketika melihat kita atau orang lain saja langsung nyamber dengan nada iyik-iyik layaknya bayi yang sedang meminta loloh pada indukannya.

Mengatasi cendet yang Miyik

Sebagai pecinta cendet, anda harus segera melakukan tindakan yang tepat agar perilaku miyik ini bisa segera hilang dan tidak menjadi kebiasaan buruk bagi cendet.

Namun jika anda belum punya pengalaman mengatasi masalah ini, silahkan terapkan beberapa tips dari Om Wisnu seorang cendet mania dari Purworejo dibawah ini.

Penyebab Cendet Menjadi Manja dan suka miyik

 

  1. Terlalu sering di goda oleh pemilik atau orang lain (yang tidak kita ketahui).
  2. Cendet terlalu sering merasa kelaparan, sehingga sangat menggantungkan kehadiran anda.
  3. Memberikan ef secara langsung juga akan menyebabkan cendet menjadi manja.
  4. Kurangnya perawatan

 

Tips Mengatasi Cendet Mbayi

 

  1. Lakukan perawatan harian yang maksimal, mulai dari pengembunan, penjemuran dan porsi pemandiannya.
  2. Ketika cendet miyik saat anda dekati, cobalah melakukan hal yang tidak disukai atau membuat cendet anda takut. Namun dengan catatan, tindakan tersebut tidak melukai dan membuat dia stress. Contohnya :
  3. Semprot cendet menggunakan air dingin ketika ia sedang miyik. Lakukan terapi ini setiap dia miyik ketika melihat kita, pokoknya kalo mbayi langsung sroot saja.
  4. Jika menggunakan semprotan air dingin selama 7 hari tidak mempan, segera ganti dengan menggunakan botol air mineral kosong. Cara ini juga saya gunakan untuk mengatasi murai batu yang ngelowo. Caranya, bunyikan saja botol tersebut dengan cara diremas sampai berbunyi kresek-kresek.
  5. Mandi malam secara rutin.
  6. Cara lain adalah menggunakan untulan burung kecil seperti emprit atau burung gereja. Namun saya tidak merekomendasikan cara ini karena akan membuat burung lain tersakiti.

Tips Mencegah Perilaku Miyik Pada Cendet

 

  1. Mulai menerapkan perawatan yang keras, alias tidak memanjakan cendet anda.
  2. Hindari menggoda cendet dengan tangan, siulan, atau tindakan lain. Tindakan ini bertujuan agar sifat fighter dan keliaran cendet tetap terjaga.
  3. Jangan pernah memberikan jenis ef apapun secara langsung, letakan saja di cepuk khusus untuk tempat ef.
  4. Saat kita mau pergi, sebaiknya burung selalu dikerodong agar tidak melihat lingkungan luar, yang saya takutkan adalah digoda pakai tangan oleh tetangga atau orang yang lewat.

Begitulah tips untuk mengatasi cendet miyik yang dibocorkan oleh Om Wisnu Purworejo kepada saya.

Semoga terapi diatas bias bermanfaat untuk rekan-rekan cendet mania. Jika ada pertanyaan atau ada yang masih bingung, silahkan Inbox Saya atau bisa tulis pertanyaan anda di kolom komentar ya.

Categories Cendet

Jual ring tulis nama sendiri untuk semua jenis burung klik disini

Leave a Comment