11 Cara Mengatasi Cucak Ijo Birahi Ketinggian dalam 6 Jam

Agar bisa bunyi lagi, Anda perlu tahu bagaimana cara mengtasi cucak ijo birahi ketinggian. Sebab Salah satu alasan kenapa cucak ijo tiba-tiba tidak mau bunyi dan jadi agresif adalah karena ia over birahi alias birahinya terlalu tinggi.

 

Hal ini pastinya sangat memalukan jika terjadi di arena lomba. Bukannya bikin bangga, cucak ijo malah bikin malu karena tidak mau bunyi. Bahkan burung jadi nyerang burung lain dan bikin ribut.



 

Untungnya cara menurunkan cucak ijo over birahi tidak terlalu sulit. Jika diterapkan secepatnya, dalam waktu kira-kira 6 jam saja cucak ijo Anda sudah akan normal lagi. Nah, mari kita cari tahu bagaimana cara menurunkan birahi cucak ijo lomba dengan cepat dalam artikel berikut ini.

 

Bagaimana Cara Mengatasi Cucak Ijo Birahi Ketinggian?

 

Kebanyakan dari Anda pastinya sudah sering baca bagaimana cara menaikan birahi cucak ijo. Tetapi, bagagaimana cara menurunkannya? Ternyata masih banyak kicau mania yang belum tahu.

 

Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini kami akan jelaskan bagaimana cara mengatasi cucak ijo birahi dalam 6 jam.

 

1. Stop Semua EF dan Langsung Berikan Ulat Bambu & Ulat Sagu

EF adalah peningkat birahi paling cepat untuk semua jenis burung kicau. Oleh karena itu saat over birahi, stop semua EF dan berikan EF yang bersifat netral seperti ulat bambu dan ulat sagu.

Kedua EF ini bisa ditemukan di toko pakan burung terdekat. Jadi, lakukan langkah pertama ini sesegera mungkin agar burung cepat normal kembali. Kalau memang di toko sedang tidak ada tapi di dekat rumah Anda ada hutan bambu, carilah ulat di kumpulan bambu yang sudah mati.

 

2. Ganti Semua Pakan dengan Gabah Bangkok

Selanjutnya, ganti semua voer dan jemawut yang ada di tempat makan burung dengan gabah bangkok. Biasanya gabah bangkok ini juga sudah tersedia dalam bentuk kemasan di toko-toko burung.

Gabah bangkok adalah makanan sehari-hari yang bisa menurunkan birahi burung. Tapi biasanya cucak ijo tidak akan menghabiskan gabah bangkok ini. Jadi berikan saja selama 1 atau 2 hari sampai birahinya normal kembali.

 

3. Berikan Mentimun

Jika tidak ada gabah bangkok, potong-potong ketimun dan langsung berikan ke burung cucak ijo. Mentimun ini tenutnya lebih mudah ditemukan dan harganya lebih murah daripada gabah bangkok.

Kekurangannya, tidak semua burung suka mentimun. Jadi potong dulu setengah buah mentimun, dan coba dulu berikan ke cucak ijo Anda. Jika ternyata mau dan habis, berikan lagi sisanya.

 

4. Berikan Buah Naga dan Pepaya

Dalam jangka waktu 2 atau 3 jam setelah diberikan ulat bambu, berikan buah naga atau pepaya. Kedua buah ini juga merupakan makanan untuk menurunkan birahi cucak ijo.

berikan buah untuk menurunkan birahi burung cucak ijo ini secara bergantian. Jika adanya pepaya, berikan potongan pepaya dulu. Jika adanya buah naga, berikan potongan buah naga tanpa kulitnya.

 

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

5. Dimandikan dengan Air Dingin

Jika kejadiannya masih pagi atau siang hari, Anda bisa mandikan cucak ijo untuk menurunkan birahinya.

Ada 2 cara mengatasi cucak ijo birahi dengan dimandikan pakai air dingin, yaitu:

  • Siapkan cepuk atau mangkok berisi air dingin, kemudian biarkan burung mandi sendiri
  • Gunakan sprayer dan mandikan cucak ijo dengan disemprot air secara perlahan.

Pastikan Anda mencoba cara pertama dulu. Jika burung tidak mau mandi sampai sore hari, barulah dicoba dengan cara kedua bseok paginya,

 

6. Pindahkan ke Kandang Umbaran

Jika Anda punya kandang umbaran di rumah, pindahkan dulu cucak ijo ke kandang umbaran selama mengikuti langkah-langkah di atas. Nanti ketika sudah malam, baru dipindahkan lagi ke sangkar biasa sampai pagi.

 

Apakah Cucak Ijo OB Harus Dikerodong?

Ketika sedang over birahi, cucak ijo akan sangat sensitif pada makhluk lain. Jadi kami sarankan pasang krodong full atau setengah di sangkarnya selama masih over birahi. Selain itu, jangan banyak diintip selain untuk mengganti air dan pakan.

 

Selain itu, kami sarankan menaruh sangkar cucak ijo di ruangan yang sepi dan jarang dilewati orang saat malam hari dan jangan ditaruh di luar rumah.

 

Beberapa kicau mania ada yang bilang cucak ijo OB harusnya dibuka saja. Tapi tidak ada penjelasan alasan yang jelas, Anda bisa temukan sendiri di internet.

 

Bagaimana Ciri Birahi Cucak Ijo yang Normal?

Setelah mengikuti langkah-langkah cara mengatasi cucak ijo birahi di atas, sekarang Anda perlu tahu bagaimana ciri birahi cucak ijo sudah normal lagi. Di antaranya:

  • Cucak ijo sudah mulai bunyi
  • Sayapnya sudah tidak ngeper
  • Burung sudah tidak kembang bulu
  • Ketika didekati, cucak ijo sudah tidak agresif
  • Burung sudah aktif kembali

 

Akhir Kata

Itulah cara mengatasi cucak ijo birahi dalam 6 jam. Setelah birahinya normal lagi, Anda boleh menyetting kembali birahinya dengan settingan baru. Jangan lupa berikan Maxiplus agar staminanya makin joss.

 

Leave a Comment