Cara Ampuh Mengatasi Kacer Stress Agar Cepat Pulih dan Gacor

Stress merupakan salah satu masalah pada burung kacer yang bisa berujung kematian, jadi tindakan dalam mengatasi kacer stress harus segera diatasi ketika anda sudah melihat gejala – gejalanya. Layaknya hewan unggas lainnya, burung kacer yang stress lama kelamaan akan makin lemas dan mati.

Memang bukan hanya manusia yang bisa mengalami stress. Tetapi burung kacer atau yang dalam bahasa latin disebut Copsychus saularis ini juga bisa merasakan stress. Dalam kebanyakan kasus, penyebab burung kacer stress ini biasanya karena trauma atau karena faktor eksternal.

Sebagai langkah pencegahan, anda wajib tahu cara mengatasi kacer stress sebelum masalah ini terjadi pada kacer anda sendiri.

 

Seperti Apa Ciri-ciri Kacer Stress?

Sebelum memberikan terapi dan perawatan untuk mengatasi kacer stres, alangkah baiknya anda pahami dulu mengenai ciri-ciri kacer stress. Hal ini sangat penting agar kacer stress bisa mendapatkan perawatan yang tepat.

Berikut ini adalah beberapa contoh ciri dan gejala yang paling umum.

  • Kacer tiba-tiba macet bunyi
  • Tingkahnya terlihat lemas dari hari ke hari
  • Kacer kehilangan nafsu makan
  • Tubuhnya makin kurus bahkan hingga nyilet
  • Kacer sering mbagong tanpa sebab
  • Gelisah dan sering menabrak – nabrak sangkar seperti ingin kabur
  • Suka mencabuti bulu sendiri
  • Kacer mendadak jadi giras dan takut dengan manusia
  • Bulu menjadi kusam
  • Bulu kacer nyerit
  • Potensi gagal mabung sangat tinggi

 

Biasanya dalam kebanyakan kasus, akan ada minimal 3 atau 4 gejala yang muncul secara bersamaan yang memastikan bahwa kacer anda mengalami stress.

 

Apa Penyebab Kacer Stress?

Jawabanya ada sangat banyak faktor! Namun penyebab kacer stres yang paling umum akan kami jelaskan dibawah ini.

  • Kalah mental dengan kacer lain, ini biasanya kalo anda memelihara lebih dari 1 ekor kacer.
  • Terdapat kacer yang lebih gacor di lingkungan anda, misal kacer tetangga.
  • Sangkar burung kacer pernah jatuh
  • Diganggu hewan lain, seperti kucing, tikus atau anjing.
  • Merasa tidak nyaman dengan lingkungan (hanya berlaku bagi burung bakalan).
  • Ada burung fighter lain yang sudah gacor dirumah seperti murai batu atau cucak ijo.
  • Kalah mental saat diadu, baik diadu dirumah dengan kacer lain maupun dibawa ke gantangan.
  • Terganggu dengan keramaian, seperti banyak anak-anak bermain.
  • Takut dengan sesuatu hal, misalnya dengan kendaraan besar.
  • Mengganti voer yang tidak ia sukai
  • Jarang memberikan extra fooding
  • Jarang berinteraksi dengan kacer
  • Kacer tidak terawat dengan baik.

 

Bagaimana Cara Mengatasi Kacer Stress?

Jika sudah muncul gejala – gejala yang dituliskan di atas, maka segera lakukan tindakan untuk menghilangkan rasa stress pada burung kacer anda. Nah, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi kacer stress yang bisa anda lakukan.

 

1. Krodong Sangkar Setiap Hari

Untuk langkah yang satu ini dilakukan agar burung menjadi tenang dan tidak terganggu dengan lingkungan sekitar. Pengerodongan sebaiknya dilakukan full setiap hari, kecuali saat kacer sedang diembun, dijemur, atau dibersihkan sangkarnya.

Gunakan krodong berwarna gelap dan tipis, dengan begitu kacer akan merasa nyaman walau dikerodong seharian penuh. Krodong yang cerah dan tebal “katanya” tidak disukai kacer, entah itu mitos atau nyata tapi sebaiknya dihindari saja.

 

2. Lakukan Terapi Air Mengalir

Terapi air mengalir sudah terbukti sangat ampuh untuk mengobati burung stress secara alami, termasuk kacer. Air mengalir sangat disukai kacer ketika di alam liar, sehingga terapi ini akan mengingatkannya dengan lingkungan alam.

Anda bisa membawa kacer di dekat sungai, atau tempat alam lain yang terdapat suara gemricik air.

Sayangnya, terapi ini sangat menyita waktu bagi anda yang sibuk dengan pekerjaan. Namun jangan khawatir, anda bisa menggunakan suara MP3 air mengalir dan memutarkannya setiap hari.

Putarkan suara gemricik tersebut sebagai terapi harian yang wajib didengarkan setiap pagi, siang, maupun malam hari.

 

3. Jauhkan dari Burung Kacer Lain

Selama proses terapi, sebaiknya burung diisolasi dan jangan sampai mendengar atau melihat burung kacer lain. Kalo punya lebih dari 1 kacer, anda bisa menitipkannya ke teman terlebih dahulu.

Dengan diisolasi, kondisi psikis kacer akan merasa nyaman dan akan pulih dengan cepat, sehingga bisa sembuh dan kembali gacor.

 

4. Berikan EF Sebanyak-banyaknya

Ketika sedang terapi ini, berikan saja EF yang paling disukai kacer anda. Berikan yang banyak agar ia merasa kebutuhannya terpenuhi setiap hari.

Kalo kacer suka jangkrik, berikan saja jangkrik yang banyak setiap pagi, siang, dan sore hari. Berikan juga tambahan Ef berupa kroto setiap 3x dalam seminggu.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

 

5. Memandikan Burung Kacer

Cara pertama untuk mengatasi burung kacer yang stress adalah dengan memanfikannya perlahan di pagi hari. Tapi usahakan untuk melakukan cara ini ketika burung kacer sedang terlihat tenang dan tidak gelisah atau mencabuti bulunya.

Memandikan kacer di pagi hari dilakukan agar tubuhnya lebih tenang dan menurunkan birahinya sementara. Sebab overbirahi juga bisa menjadi salah satu penyebab kacer stress.

 

6. Siapkan Cepuk Besar Agar Kacer Mandi Sendiri

Bila anda sedang tidak punya waktu untuk memandikan kacer atau kacer anda masih dalam masa stress berat dan gelias, sebaiknya anda siapkan saja wadah mangkok berisi air untuk burung mandi sendiri. Cara ini jauh lebih aman karena kacer bisa tahu kapan tubuhnya siap untuk mandi dan kapan tubuhnya tidak siap.

Tetapi jangan lupa untuk mengganti air dalam wadah ini setiap hari. Sebab setelah kacer mandi, mangkok tersebut akan dipenuhi kuman dan kotoran yang justru bisa menjadi sumber penyakit baru.

 

7. Tempatkan Sangkar Di Ruang Yang Sunyi dan Aman

Cara mengatasi kacer stress yang satu ini wajib dilakukan bila penyebab stressnya adalah karena trauma setelah sangkar jatuh. Menempatkan sangkar di ruang yang sunyi akan membuat pikiran dan mentalnya kembali tenang setelah kaget atau merasa trauma.

Tempat terbaik untuk meletakkan kacer stress adalah di dekat kamar mandi, atau di dekat kolam ikan. Kalo anda punya aquarium, tempatkan di dekat aquarium juga tidak masalah.

 

8. Jangan Sampai Pakannya Kurang

Memastikan pakan kacer selalu cukup juga menjadi salah satu langkah untuk mengatasi kacer stress. Baik itu berupa EF maupun pakan utama yaitu voer. Tetapi jangan memberi terlalu banyak pakan secara bersamaan dan jangan lupa untuk mengganti pakan tersebut setiap hari.

 

9. Dekatkan Kacer Betina Setiap Hari

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kacer stress adalah dengan cara mendekatkannya dengan betina. Ketika melihat betina, otomatis ia akan berusaha semaksimal mungkin untuk menarik perhatiannya.

Dengan keberadaan kacer betina juga bisa membuat kacer merasa nyaman dan selalu percaya diri.

Cara melakukan terapi dengan kacer betina adalah sebagai berikut.

  • Pastikan tidak ada kacer jantan lain atau burung fighter lain seperti murai batu.
  • Tempatkan berdekatan dengan kacer betina setiap harinya.
  • Lakukan pemisahan setiap pagi hari atau ketika burung sedang diembun/dijemur.

 

 

Demikianlah cara mengatasi kacer stress yang wajib anda pahami sebagai langkah persiapan. Selalu perhatikan sifat dan kondisi burung kacer anda agar ketika ia mengalami stress, anda bisa segera melakukan langkah – langkah perawatannya.

     

Leave a Comment