99,9% Akurat! Inilah Cara Mengetahui Kelamin Jalak Suren

Sebenarnya ada banyak cara mengetahui kelamin jalak suren yang bisa Anda terapkan di rumah masing-masing. Tetapi kebanyakan perlu tingkat ketelitian tinggi. Misalnya dengan melihat ukuran tubuh burung, corak warna, dan lain sebagainya.

Padahal tidak semua orang bisa memperhatikan dan punya ketelitian yang sama. Sedangkan jika harus melakukan DNA Sexing, yang mana hasilnya sudah pasti 99,9% akurat, harganya cukup mahal.

Bukan hanya itu, DNA Sexing juga membutuhkan waktu hingga berminggu-minggu. Tergantung dari kondisi pet shop tempat Anda melakukan tes. Jadi daripada menunggu lama, lebih baik baca cara mengetahui kelamin jalak suren 99,9% akurat tanpa harus memperhatikan secara teliti ciri burung betina dan jantan.

 

Cara Mengetahui Kelamin Jalak Suren dari Duburnya

Sebenarnya kita tidak akan melihat dubur dari burung jalak suren. Karena cara mengetahui kelamin jalak suren adalah dari kulit duburnya alias kulit bokongnya.

 

Cara ini hanya berlaku jika burung jalak suren sudah berusia di atas 4 hingga 7 bulan. Artinya Anda harus menunggu jalak agak dewasa dahulu sebelum bisa memastikan jenis kelaminnya 100% tanpa harus DNA Sexing.

Nah karena area dubur jalak suren sudah pasti ditutupi dengan bulu yang lebat dan keras, Anda perlu menggunakan air dan membasuhnya hingga bagian belakang burung jalak menjadi kuyup dan mudah untuk dirapihkan bulunya. Jika sudah, sekarang buka bagian bulu tersebut hingga Anda bisa melihat bagian dubur dari burung jalak suren.

 

Ciri-Ciri Dubur Jalak Suren Jantan

Ketika kulit duburnya sudah terlihat, jalak suren jantan akan memiliki tanda bawaan lahir berupa area lingkaran berwarna gelap. Kebanyakan warnanya adalah ungu, biru, biru tua, dan lain sebagainya.

Tanda ini bukanlah kotoran burung atau sisa-sisa kotoran di tubuhnya. Melainkan memang tanda bawaan lahir yang sebenarnya ada di setiap burung jalak suren. Jika Anda tidak yakin, silahkan lihat jalak suren milik orang lain yang periksa apakah mereka punya tanda yang sama atau tidak.

Memang untuk mempermudah proses pengecekan ini, Anda perlu burung jalak suren yang sudah bisa dipastikan jantan atau betinanya.

Sebab nantinnya Anda bisa membandingkan bagaimana warna lingkaran di area dubur jalak suren yang sudah pasti jantan dan mana yang sudah pasti betina.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

 

Ciri-Ciri Dubur Burung Jalak Suren Betina

Hampir mirip dengan burung jalak suren jantan, yang betina pun memiliki tanda lingkaran di area dubur berwarna biru, ungu atau sedikit hijau. Bedanya adalah, warna di burung betina umumnya sedikit lebih cerah dibandingkan yang jantan.

Itulah mengapa kami sangat menyarankan Anda memiliki atau meminjam jalak suren milik teman yang sudah bisa dipastikan jenis kelaminnya.

Nantinya burung tersebut akan dijadikan sebagai perbandingan lebih dekat ke mana warna burung jalak suren yang Anda miliki.

Sebab cara untuk mengetahui jalak suren jantan dan betina yang satu ini mungkin akan sedikit sulit. Apalagi jika Anda baru pertama kali mencobanya dan belum tahu ciri persis burung jalak jantan dan betina.

 

Akhir Kata

Jika dibandingkan dengan DNA Sexing atau melihat ciri-ciri fisik dari jalak suren, tentu metode yang satu ini jauh lebih mudah dengan jaminan hingga 99,9% akurat. Sebab pada dasarnya, jalak suren merupakan hewan dimorphism yang mana antara jantan dan betina punya bentuk tubuh yang serupa.

Jadi demikianlah cara mengetahui jenis kelamin jalak suren dari duburnya. Jika Anda ingin punya burung jalak suren yang gacor, jangan lupa berikan vitamin Maxiplus setiap hari.

Leave a Comment